Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Makna Mendalam dari Manik-Manik Suku Dayak

Daerah

Makna Mendalam dari Manik-Manik Suku Dayak

 

Suku Dayak Kalimantan terkenal memiliki ragam  pernak-pernik unik khususnya manik-manik. Pernak-pernik manik-manik ini memiliki variasi bentuk yang bisa dijadikan sebagai kalung, dompet, gelang, sarung telepon genggam, gantungan kunci, tas, hingga syal.

Manik-manik ini sudah ada sejak dahulu kala yang sudah mendarah-daging bagi kehidupan masyarakat Suku Dayak. Anyaman manik-manik ini oleh mereka dijadikan pakaian adat, ikat kepala, aksesoris kalung , gendongan anak dan lain sebagainya.

Masyarakat Suku Dayak mengenal manik-manik ini dalam warna-warna khusus yaitu merah, kuning, hijau, putih dan biru. Rupanya warna manik-manik tersebut memiliki arti mendalam di sana.

Manik-manik yang berwarna merah memiliki arti semangat hidup masyarakat Suku Dayak. Sedang warna biru melambangkan sumber kekuatan yang berasal dari segala penjuru dan tidak mudah luntur. Warna kuning pada manik-manik menggambarkan sebuah keagungan dan keramat. Wana lainnya hijau bermakna intisari dari alam semesta dan warna putih adalah symbol kesucian iman seseorang terhadap Sang Pencipta.

Makna selain dari warna juga didapat dari jenis batu yang digunakan. Manik-manik yang terbuat dari batu akik artinya dapat menyembuhkan penyakit dan menyebabkan panen berhasil. Jika manik-manik dibuat dari batu kecubung digunakan sebagai penyembuh penyakit dan sebagai penawar racun hewan berbisa.

Masyarakat Suku Dayak sangat percaya bahwa pemakaian manik-manik di kehidupan sehari-hari dapar mengusir sial dan keuatan roh jahat. Selain itu memakai manik-manik ini juga meninggikan derajat pemiliknya. Meskipun manik-manik ini sudah bergeser fungsinya sebagai gaya saja namun maknanya melambang kebudayaan Suku Dayak itu sendiri.

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Jual aksesoris suku dayak. Aksesoris dayak. Aksesoris suku dayak. Contoh pertanyaan untuk manik manik dayak. Arti makna warna manik manik. Gelang manik dayak. Gendongan bayi dayak.

Https://carapedia.com/makna_men_manik_manik_suku_dayak_info5721.html. Tas dan dompet manik kalimantan. Dompet manik sukundayak. Warna meh hijau kuming pada manik dayak. Akik biru suku dayak. Sejarah warna manik manik adat dayak. Makna dari gelang dayak.

Jual kalung manik kalimantan. Kalung masak kalimantan. Makna gelang dayak. Jual accessories dayak. Makna dan arti manik manik di kalimantan. Kalung manik2 kalimantan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
10 Feb 2017 13:25
lugi
saya punya ukiran dari bambu....apa bisa di jual kan