Previous
Next

Tutorial / Panduan

Makan di Restoran Steak, Ikuti Panduan Ini Agar Tidak Salah Makan

 

Belum terbiasa makan di restoran steak, atau baru pertama kali pastinya membuat Anda canggung berada di sana. Restoran steak tidak seperti restoran biasa yang hanya menyajikan nama hidangan di daftar manu. Namun di restoran steak kita harus tahu berbagai pilihan potongan daging sampai sajian pelengkapnya.

Nah, untuk mengantisipasi kecanggungan ini sebaiknya ikuti beberapa panduan ini seeprti dikutip dari Detikfood:

1. Potongan daging

Potongan daging mempunyai beberapa pilihan berdasarkan kandungan lemak, intensitas rasa dan tekstur daging. Variasi daging yang paling populer adalah sirloin, tenderloin dan rib eye, ada juga filet mignon dan t-bone.

Untuk daging steak terbaik beberapa ahli menyarankan rib eye dengan tulang. Tambahan tulang akan membuat cita rasa steak semakin lezat. Namun jika Anda sedang dalam program diet memilih filet mignon akan aman sebab kandungan lemaknya rendah.

2. Ukuran Steak

Porsi steak umumnya sudah ditentukan dari restoran yaitu 150 gram. Di beberapa restoran ukuran steak bisa menyediakan berbagai ukuran antara 150 – 300 gram. Untuk ukuran kenyang 150-200 gram dengan tambahan kentang bisa menjadi pilihan, namun jika Anda tidak memesan pelengkap maka ukuran 300 gram dianggap cukup mengenyangkan.

3. Tingkat Kematangan

Restoran steak menyediakan jenis steak dari tingkat kematangannya yaitu rare, medium dan well done, dan ada pula yang beberapa medium-rare dan medium-well. Tentunya tingkat kematangan ini akan mempengaruhi tampilan steak mulai dari warna daging, kenyal, juicy, merah atau cokelat.

Biasanya orang Indonesia memilih medium-well atau well done sebab daging mentah masih  dianggap mengandung darah. Jika Anda ingin memilih steak berkualitas tinggi maka pilihannya medium rare yang tergolong mahal dan dagingnya terasa.

4. Saus

Saus steak ada bermacam-macam yaitu saus barbercue, brown sauce, saus jamus dan lada hitam. Untuk pilihan saus eksotis di beberapa restoran terkenal ada béarnaise, teriyaki dan saus shimichurri. Hati-hati jangan sampai rasa saus mengalahkan rasa daging steaknya. Jika Anda memilih daging berkualitas istimewa sebaiknya tidak menggunakan saus karena daging steak sudah dimasak dengan bumbu (rub, marinate).

5. Pelengkap : kentang dan wine

Kentang bisa menjadi pelengkap steak yang kaya protein sebab kentang adalah sumber karbohidrat. Pilihan kentang untuk steak bisa berupa mashed potato, French Fries, potato wedges dan baby potato dengan bumbu mentega serta barang putih.

Untuk pelengkap wine biasanya selalu ada di setiap steakhouse mewah. Red wine menjadi teman yang cocok dengan steak dengan citarasa daging alami.

6. Steak Spesial

Steak special adalah berasal dari sapi yang diberi makan jagung atau padi-padian. Dianggap special karena dagingnya memiliki marbling yang cukup bagus dan lebih berlemak. Hal ini tentu berbeda dengan citarasa daging dari sapi yang hanya diberi rumput.

Steak spesial biasanya tergolong mahal, sebab biasanya sudah melewati proses aging.  Enzim alami pada paging dapat memecah kolagen sehingga tekstur daging lebih empuk saat diiris.

 

Video

Cara Memasak Steak yang Sempurna

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Hukum makan steak medium. Hukum makan daging medium rare. Tutorial makan steak. Tutorial cara makan stik. Hukum memakan steak medium well. Tutorial cara makan steak. Hukum makan daging mentah (rare).

Hukum makan steak. Steak restoran. Hukum memakan daging yang juicy. Cara pembuatan steake rumput laut. Hukum makan daging medium well. Tutorial memakan steak. Cara memakan steak direstoran.

Tutorial makan stick. Https://carapedia.com/makan_restoran_steak_ikuti_panduan_ini_tidak_info4803.html. Foto makan steak rare. Cara makan steak. Cara tampilan steak yang bagus. Tutorial makan steake.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.