Previous
Next

Dunia Kerja

Kesalahan Umum Dalam Melamar Pekerjaan

 

Tahukah anda, kalau selama ini dalam melamar pekerjaan ada hal-hal kecil yang bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi perusahaan yang anda inginkan untuk menerima anda sebagai pegawai mereka.

 

Nah, bila anda belum mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan yang anda inginkan, berikut ini ada beberapa penjelasan yang harus anda pahami.

 

  • Surat-surat tidak lengkap

Jangan pernah menganggap sepele kelengkapan surat lamaran yang anda buat. Sebaiknya, sebelum anda mengirimkan surat lamaran anda, periksa kembali kelengkapan dokumen anda. Karena, jika ada satu saja syarat yang tidak anda kirimkan, maka perusahaan akan menjadikan itu sebagai alasan penolakan permohonan kerja yang anda ajukan.

  • Terlalu banyak referensi

Referensi memang perlu anda sertakan bersama dengan surat lamaran dan curriculum vitae (CV) mengenai diri anda. Namun, sebaiknya jangan mencantumkan daftar referensi yang terlalu panjang karena akan menimbulkan salah pengertian. Bisa jadi, dengan referensi yang terlalu panjang anda akan dianggap suka memamerkan dan menonjolkan diri. Untuk menghindari hal itu, makan sebaiknya anda memilih referensi yang benar-benar mendukung dan menambah nilai plus anda dihadapan perusahaan yang ingin anda masuki.

  • Datang Terlambat

Jam karet memang sudah menjadi budaya di Indonesia, tetapi hendaknya jangan sampai menulari anda. Sekali anda datang terlambat pada saat wawancara kerja. Maka penilain terhadap diri anda akan minus. Apalagi kalau anda melamar ke perusahaan asing, biasanya keterlambatan tidak akan ditoleransi. Tetapi jika memang anda terlambat karena ada musibah yang tidak bisa anda hindarkan sebaiknya berilah kabar mengenai keterlambatan anda dan alasannya.

  • Pakaian kurang sopan

Kesan pertama seringkali dimulai dari penampilan anda, karena itu sebaiknya perhatikan cara berbusana anda. Usahakan untuk menyesuaikan diri dengan kantor yang memanggil anda. Jadi, tampillah dengan wajah dan dandanan yang rapih serta pemakaian sepatu dan tas yang pantas.

  • Salah tulis atau sebut nama

Perusahaan akan sakit hati seandanya namanya ditulis atau diucapkan secara keliru. Dan tentu saja hal ini akan mempengaruhi kewibawaan dan reputasinya. Maka untuk mencegah hal ini terjadi usahakan untuk meneliti kembali nama orang atau perusahaan yang anda tulis.

  • Mencantumkan ketrampilan palsu

Jangan sekali-kali anda mencantumkan atau mengakui ketrampilan yang tidak anda miliki. Karena hal ini akan menjatuhkan anda saat sedang diinterview.

  • Menjawab dengan berbelit-belit

Wawancara merupakan moment yang tepat untuk anda mempromosikan diri anda dan menawarkan jasa yang anda kuasai. Nah, jangan sampai pada saat anda berbicara menjawab pertanyaan yang diajukan anda terlihat berbelit-belit dan tidak lancar. Karena apabila penyeleksi menganggap anda memberikan keterangan yang tidak jelas, maka sudah pasti anda tidak akan diterima.

  • Meminta fasilitas di awal seleksi

Ini merupakan kesalahan yang cukup fatal bagi pelamar kerja. Jika belum ada keputusan diterima sebaiknya jangan sekalipun anda menuntut fasilitas ini itu. Karena, jika anda sudah menuntut ini itu maka anda akan dianggap bermental materialistis walaupun tujuan anda bekerja salah satunya untuk mendapatkan kelayakan materi. Biasanya, tanpa anda meminta tetapi jika anda memberikan kontribusi yang baik maka fasilitas akan mengikuti anda.

 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara melamar kerja di rumah sakit. Cara melamar pekerjaan di rumah sakit. Wawancara saat melamar pekerjaan dirumah sakit. Syarat melamar pekerjaan di rumah sakit. Cara melamar kerja ke rumah sakit. Cara melamar ke rumah sakit. Tips melamar pekerjaan di rumah sakit.

Http://carapedia.com/kesalahan_umum_melamar_pekerjaan_info3421.html. Tips melamar kerja di rumah sakit. Cara melamar di rumah sakit. Syarat melamar kerja di rumah sakit. Cara melamar kerja dirumah sakit. Pertimbangan dalam melamar pekerjaan. Pakaian saat melamar pekerjaan dirumah sakit.

Baju melamar kerja di rumah sakit. Cara melamar pekerjaan di rs. Cara melamar pekerjaan ke rumah sakit. Kata kata ngelamar kerumah sakit. Kata untuk mempromosikan diri saat melamar pekerjaan. Kesalahan dalam melamar kerja.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.