Previous
Next

Kesehatan

5 Bunga ini Berkhasiat dan Bisa Dimakan

 

Saat kita berbelanja di pasar biasanya menemukan berbagai sayuran bunga yang bisa Anda  makan, baik sebagai bahan utama masakan atau pelengkap seperti lalapan. Jadi bunga tidak hanya sebagai penghias ruangan dan pengharum ruangan saja. Bunga juga berkhasiat menyehatkan tubuh jika dimakan.

Bunga-bunga apa saja yang berkhasian bagi tubuh? Yuk, intip.

1. Asparagus

Seringkali Anda menemukan asparagus sebagai pelengkap sop. Ya, asparagus memang bisa dinikmati dalam masakan sup, tumis, sayuran steak, atau pelengkap saat makan kepiting.

Rupanya asparagus memiliki khasiat dalam kesehatan tubuh. Asparagus membantu memperlancar pencernaan karena bersifat diuretic. Bunga ini bebas lemak dan kolesterol, rendah kalori dan asam folat.

2. Bunga Kol

Bunga ini mirip dengan brokoli namun warnanya putih kekuningan. Biasanya bunga ini dijadikan bahan sup, tumis, cap cay, campuran mie. Untuk mengolahnya sebaiknya direndam terlebih dahulu dengan air garam agar kuman atau ulat yang tersembunyi dibalik rimbunnya bunga dapat mati.

Menurut USDA di Amerika Serikat yaitu semacam Departemen Pertanian AS, bunga ini mengandung vitamin C untuk mencukupi 77% kebutuhan di dalam tubuh. Sumber nutrisi lainnya yaitu protein, kalsium, magnesium, thiamin, zat besi, riboflavin, zink, vitamin B, niasin, fosfor dan kandungan asam lain.

3. Brokoli

Bunga ini berwarna hijau seperti buket bunga. Bunga ini dapat dinikmati mentah ataupun matang.. rasanya gurih dan lebih berkhasiat jika dimakan mentah karena vitamin tidak banyak yang hilang saat dimasak. Bisanya bunga ini disajikan dalam sup, tumis, teman salad steak atau cap cay.

Brokoli mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh dan tulang. Mengandung vitamin A,  potassium, zat besi, selenium, kalium. Kalsium yang terkandung mencegaj osteoporosis dan baik untuk semua usia. Berakhasiat pula mencegah sel kanker berkembang lebih banyak karena mengandung isotiosianat yang cukup banyak.

4. Bunga Turi

Bunga ini ada yang berwarna putih atau merah, bentuknya unik seperti kuncup bunga yang belum mekar. Rasanya pun enak. Biasanya bunga ini hanya bisa ditemukan di pasar tradisional atau pedesaan. Bisanya pohon turi dijadikan tanaman pagar dengan batang pohon kecil namun rindang. Biasanya dimasak untuk sayuran pecel atau salad.

Kandungan dalam bunga turi yakni kalsium, vitamin A dan  zat besi. Khasiatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk menjaga kualitas ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

5. Bunga Pisang (jantung pisang)

Bunga ini terdapat dalam bagian jantung pisang, berwarna putih kekuningan dan bentuknya unik. Bunga ini biasanya dijadikan bahan tumisan, bahan sayuran pecel, campuran sambal terasi.

Bunga ini mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, B1, C dan mineral seperti fosfor, zat besi dan kalsium.. Berkhasiat sebagai penghalau serangan jantung yang menyebabkan stroke, memperlancar sirkulasi darah agar tidak terjadi penyumbatan darah beku di dalam tubuh. Bunga pisang juga dapat membantu program diet Anda karena rendah lemak dan cocok untuk penderita diabetes.

 

Video

Resep Bunga Pisang

Video ini adalah tutorial cara mengolah bunga pisang menjadi sebuah masakan

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Manfaat bunga turi untuk ibu hamil. Bunga yang bisa dimakan. Manfaat bunga turi bagi ibu hamil. Kembang turi untuk ibu hamil. Bunga berkhasiat. Http://carapedia.com/bunga_ini_berkhasiat_bisa_dimakan_info4246.html. Bunga yang bisa di makan.

Bunga yang dapat dimakan. Bunga yang bisa dimakan mentah. Manfaat bunga turi untuk bumil. Bolehkah ibu hamil makan kembang turi. Bolehkah ibu hamil makan bunga turi. Bunga yang bisa dijadikan sayuran. Tumis kembang turi.

Manfaat turi bumil. Bunga yg berkhasiat. Bunga yang bisa dimasak. Bunga yang bisa dibuat sayur. Bunga yg bisa di masak. 5 macam bunga/kembang yang dapat dimakan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.