Previous
Next

Perjanjian Kontrak Kerjasama

Baca Ini Dalam Surat Perjanjian Sebelum Tanda Tangan

 

Melakukan transaksi perjanjian kontrak, sewa menyewa atau jual beli, baca dulu isi  surat perjanjian beserta klausal-kalusalnya sebelum membubuhkan tanda tangan. Banyak sekali kasus kriminalisasi atau dugaan penipuan yang merugikan pihak dalam perjanjian karena kurang teliti dalam membaca perjanjian.

Meskipun itu hanya tanda tangan biasa namun fatal akibatnya jika kita asal membubuhkan di atas kertas perjanjian. Jika tanda tangan sudah tertera dan disahkan di depan notaries atau dengan materai maka perjanjian tersebut sudah bernilai legal di mata hukum.

Baca beberapa hal berikut ini sebelum Anda membubuhkan tanda tangan di atas kertas perjanjian.

Inti Perjanjian (scope of contract). Anda harus tahu isi dari perjanjian berikut masalah yang diatur di dalamnya. Baca dengan cermat bentuk kerja sama dan  batasan-batan antar pihak dalam perjanjian yang telah disepakati.

Hak dan Kewajiban. Dalam perjanjian setiap pihak akan memiliki hak dan kewajibannya. Kedua pihak adalah yang melakukan kerja sama, dengan dicantumkan hak dan kewajiban ini maka kedua belah pihak tahu posisinya sebagai apa.

Kesepakatan. Beberapa pasal dalam perjanjian tentunya memuat kesepakatan bersama dari kedua belah pihak. Kesepakatan ini sudah dibahas sebelum dibuat surat perjanjian. Sebelum Anda membubuhkan tanda tangan baca apakah kesepakatan sesuai dengan pembicaraan terdahulu atau tidak. Jika belum maka setiap pihak berhak untuk merubahnya dengan persetujuan bersama.

Jangka waktu. Lama waktu kerja sama tentu selalu ada dalam surat perjanjian. Jangka waktu ini disepakati oleh pihak-pihak yang terlibat dalam perjanjian. Seperti perjanjian sewa menyewa, peminjaman uang atau modal, transaksi pembayaran dan sebagainya.

Cara mengakhiri kontrak. Setelah jangka waktu dipenuhi maka secara otomatis kontrak akan berakhir. Namun ingat mengakhiri kontrak tentu harus ada aturannya. Jika tanpa aturan bisa saja menimbulkan kerugian dan kriminalisasi.

 

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Bagaimana cara nya mengakhiri penyewa yg merugikan. Penipuan tanda tangan surat pinjaman. Tanda tangan kontrak. Tanda tangan kontrak kerja seperti apa. Tanda tangan kontrak kerja tanpa materai. Tandatangan dalam surat. Tanda tangan di atas matrai.

Contoh tanda tangan kontrak. Surat persetujuan banyak tanda tangan. Tanda tangan kontrak kerjasama. Belum baca tapi sudah tanda tangan perjanjian pinjaman. Membaca isi surat kontrak kerja. Penipu mau tanda tangan perjanjian diatas materai. Proses tanda tangan kerja.

Tanda tangan kontrak kerja sama. Cara mengakiri surat kontrak perjanjian. Cara membaca contract sewa menyewa. Cara baca perjanjian kerja. Penipuan surat perjanjian. Apakah ada tanda tangan kontrak otomatis.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.