Previous
Next
  • Home
  • »
  • Definisi
  • » Apakah Minyak Starflower Itu, Kenali Manfaatnya

Definisi

Apakah Minyak Starflower Itu, Kenali Manfaatnya

 

Dipercaya mengurangi rasa sakit radang sendi dan membantu meningkatkan fungsi penghalang kulit, tetapi apakah minyak biji ini memenuhi tuntutannya?

Jika Anda belum pernah mendengar tentang minyak starflower sebelumnya, Anda tidak akan sendirian. Sementara tanaman asalnya telah digunakan sebagai obat herbal selama berabad-abad, kami baru saja mulai memahami kesehatan manfaat dari minyak bijinya yang diekstrak. Semakin banyak, minyak starflower bermunculan pada label bahan untuk produk kecantikan dan dalam bentuk kapsul sebagai suplemen oral, tetapi apa sebenarnya minyak starflower dan apa manfaatnya?

Apa itu minyak starflower?

Ini diekstrak dari biji Borago officinalis, atau tanaman borage, yang berasal dari Eropa dan Afrika Utara dan kadang-kadang disebut sebagai bunga bintang, karena bunga berbentuk bintang biru. Borage telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat alami - itu dicampur dalam anggur tentara untuk memberi mereka keberanian, dan dokter Yunani kuno Dioscorides mengatakan itu bisa 'menghibur hati dan mengangkat roh' ¬– tetapi kami hanya memiliki baru-baru ini mulai mengungkap manfaat minyak bijinya.

Apa manfaat kesehatan dari minyak starflower?

Minyak Starflower kaya akan gamma linolenic acid (GLA), asam lemak omega-6 esensial yang menjaga kesehatan sel dan mengurangi peradangan. Asupan GLA yang teratur dipercaya dapat meredakan nyeri sendi dan mengurangi pembengkakan. Juga hadir dalam minyak evening primrose, GLA diyakini membantu mengurangi gejala menopause, seperti perubahan suasana hati dan hot flash, karena sifat anti-inflamasinya. Selain itu, minyak starflower mulai muncul sebagai bahan dalam berbagai produk perawatan kulit dan kecantikan karena dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minyak starflower bermanfaat bagi kulit dengan meningkatkan penghalang pelindungnya.

Meringankan rasa sakit radang sendi

Dalam uji coba double-blind secara acak, efek minyak starflower, minyak ikan dan kombinasi keduanya dibandingkan sebagai cara mengobati gejala rheumatoid arthritis. Penelitian tersebut menemukan bahwa untuk ketiga kelompok perlakuan, gejala rheumatoid arthritis berkurang secara signifikan, menunjukkan bahwa suplemen minyak starflower dapat menjadi pengganti yang efektif untuk intervensi obat.

Membantu perkembangan bayi prematur

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Paediatrics mengamati penggunaan formula minyak yang mengandung minyak starflower dan minyak ikan untuk mendorong pertumbuhan bayi prematur. Meskipun para peneliti tidak menemukan perbedaan yang signifikan dalam perkembangan otak, mereka mengamati tingkat pertumbuhan dan penambahan berat badan yang lebih tinggi pada bayi yang diberi susu formula, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi susu formula. Hasilnya menjanjikan untuk mendukung pertumbuhan bayi prematur yang sehat.

Mengobati eksim

Dalam sebuah tinjauan 2018 studi tentang efek perbaikan anti-inflamasi dan penghalang kulit dari minyak nabati, aplikasi minyak starflower ke kulit ditemukan untuk membantu penderita eksim dan kulit kepala gatal. Ulasan tersebut mereferensikan uji klinis plasebo-terkontrol double-blind di mana anak-anak diberikan kaus untuk dipakai yang dilapisi minyak starflower. Anak-anak yang diberi kaos berlapis mengalami kehilangan kelembaban lebih sedikit melalui kulit daripada kelompok kontrol, menunjukkan bahwa minyak starflower dapat mendukung fungsi penghalang kulit. Namun, tinjauan sebelumnya menemukan bahwa ketika diambil secara oral, minyak starflower tidak memiliki manfaat signifikan bagi penderita eksim, dibandingkan dengan plasebo.

Berapa banyak minyak starflower yang harus saya konsumsi?

Penting untuk diingat bahwa tubuh kita hanya dapat secara alami menghasilkan sejumlah kecil GLA, yang berarti itu harus diperoleh melalui diet kita, atau suplemen oral, untuk mencapai tingkat yang memadai. Namun, saat ini tidak ada batas atas yang disarankan, jadi jika Anda ingin mengambil minyak starflower sebagai suplemen makanan, patuhi dosis yang tercantum pada botol. Efek samping dapat termasuk kembung, sakit kepala, mual dan muntah. Jika Anda memiliki penyakit hati, atau sedang menggunakan obat apa pun yang mempengaruhi hati Anda, atau mengubah kemampuan darah Anda untuk membeku, berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen minyak starflower. Yang penting, Anda tidak boleh menelan minyak esensial murni secara lisan.

Jika Anda ingin menggunakan minyak esensial starflower pada kulit Anda, pastikan minyak itu diencerkan dalam minyak pembawa terlebih dahulu, karena bentuk murni dapat menyebabkan iritasi. Jika Anda melihat gejala-gejala reaksi alergi, termasuk ruam, bengkak, kesulitan bernapas, atau pusing, segera dapatkan bantuan medis.

 

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.