Previous
Next

Info Sastra

Tips Mengirim Cerpen ke Majalah

Hobi menulis ternyata memberi banyak keuntungan bagi anda, selain melampiaskan emosi dan ide ternyata dengan menulis anda dapat mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Salah satu caranya adalah dengan mengirimkan tulisan hasil karya anda yang dapat berupa cerita pendek atau cepen, cerita bersambung atau cerbung, puisi maupun opini dan kritik yang anda utarakan kepada surat kabar atau majalah.

Nah, bila anda ingin mengetahui sedikit rahasia yang membuat tulisan-tulisan anda dapat dimuat, terutama cerpen, berikut ini beberapa “peraturan” tidak langsung yang dibuat oleh media cetak:

  • Pilih judul yang menarik

Menurut seorang pemimpin redaksi wanita, setiap harinya redaksi dapat menerima ratusan naskah cerpen. Oleh sebab itu, hal pertama yang dilihat adalah judul dari naskah cerpen anda. Bila judulnya dianggap tidak menarik oleh editor, dijamin naskah anda tidak akan dibaca.

  • Paragraph pertama harus berkesan

Setelah mendapat judul yang menarik, biasanya editor akan membaca beberapa paragraf awal saja. Jadi, buatlah alinea yang sangat menarik untuk membuat pihak redaksi memilih cerpen anda. Pilih kalimat-kalimat yang mengundang keingintahuan dari bahasa yang kuat.

  • Hindari typo

Typo atau salah tulis, apalagi pada paragraf pertama adalah kesalahan besar, karena hal itu akan mengopinikan kelalaian anda sebagai penulis di mata editor.

  • Pemilihan kata

Selanjutnya, pergunakan bahasa dengan struktur gramatika yang sederhana sehingga akan mudah dipahami. Namun, walalupun struktur gramatika yang anda pilih senderhana, pastikan untuk memberi karakter yang kuat saat memilih diksi. Jangan lupa, hindari penggunaan kata-kata bombastis dan tidak pada konteksnya karena akan membunuh imajinasi yang sudah anda bangun.

  • Hindari dialog di awal cerpen

Pemakaian dialog di awal cerpen dapat dilakukan, dengan catatan anda harus membangun karakternya secara kuat. Bila anda tidak yakin dialog anda kuat lebih baik hindari membuka cerpen anda dengan dialog, karena pembaca pasti ingin tahu siapa tokoh dan mau apa tokoh di dalam cerita,

  • Sistematis

Sistematis di sini berarti anda sebaiknya mengirim naskah cerpen kurang dari 10.000 karakter dengan spasi. Untuk pemilihan huruf, sebaiknya anda menggunakan New Times Roman dengan font 12.

  • Tata cara mengirim

Bila cerpen anda sudah siap, kirimkan E-mail atau melalui pos naskah cerpen beserta nama, alamat dan no rekening. Tunggu hingga tiga bulan, bila tetap tidak ada kabar, anda dapat mengirim cerpen anda ke media lain.

Dengan mengetahui beberapa tips di atas semoga anda dapat menyalurkan hobi menulis anda sekaligus mem-publishkannya. Siapa tahu ada editor yang tertarik untuk menerbitkan tulisan-tulisan anda dalam bentuk buku.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Mengirim cerpen ke majalah. Cara mengirim cerpen ke majalah. Kirim cerpen ke majalah. Cara mengirim cerpen. Lowongan penulis cerpen. Mengirim cerpen. Menulis cerpen di majalah.

Cara menerbitkan cerpen. Kirim cerpen. Lowongan kerja penulis cerpen. Http://carapedia.com/tips_mengirim_cerpen_majalah_info2932.html. Cara mengirim cerpen ke kompas. Cara mengirim cerpen ke majalah story. Tempat mengirim cerpen.

Cara mengirimkan cerpen ke majalah. Cara kirim cerpen ke majalah. Cara mengirim puisi ke majalah gaul. Cara mengirim cerpen ke majalah gaul. Cara mengirimkan cerpen. Majalah cerpen.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (4)
25 Mar 2014 19:13
cika oktafiana
maaf saya belum paham cara mengirim cerpen ke majalah
31 Oct 2013 08:09
rani gianti
kalau maU Ngirim cerpen ke majalah tapi lawat email,gmana caranya...
15 Aug 2013 14:49
dhevri wanarahmi.S
trimakasih atas semua gagasan yang diberikan akan saya coba semoga membwa saya ke dalam keberhasilan...
 
admin
Terima kasih. Semoga bermanfaat.
29 Apr 2013 20:30
qorie sakura
makasih manfaat sekali info ini
 
admin
Terima kasih, semoga bermanfaat.