Previous
Next

Surat Personal

Contoh Surat Bahasa Jawa

 

 
 
 
 
 
Bahasa Jawa adalah bahasa yang sangat umum digunakan oleh masyarakat yang lahir atau tinggal di kawasan jawa tengah dan jawa timur. Tingkatan bahasa Jawa berbeda - beda penggunaannya berdasarkan dengan siapa kita berbicara. Semakin tua usia orang yang kita ajak bicara, semakin halus tata bahasa Jawa yang kita gunakan. Pada masayarakat Jawa Tengah, terutama yang tinggal di wilayah Yogya, Solo, Boyolali, dan sekitarnya, penggunaan bahasa Jawa tidak hanya pada percakapan sehari - hari namun juga pada surat yang sifatnya personal maupun resmi.
 
Berikut ini adalah contoh surat bahasa Jawa:
 
Belgia, 12 Maret 2012
 
Kegem Bapak lan Ibu 
Wonten ing ndalem Solo
 
Assalamu'alaikum Wr. Wb
 
Kados pundi kahananipun Bapak lan Ibu? Mugi - mugi Gusti Allah tansah maringi kanugrahan lan kesehatan dhumateng Bapak lan Ibu. Alhamdulillah dalem lan putra mantu tansah bagas waras.
 
Bapak lan Ibu ingkang satuhu kula bekteni, kenanthenan serat menika, kula badhe matur bilih dalem Insya Allah badhe wangsul dateng Solo benjang sasi Agustus kinepatan sasi riyaya Idul Fitri. Nyuwun pangetunipun mugi - mugi sedoyo dipun paring lancar sahinggo mboten wonten tambahan tugas kuliah ingkang kedah dalem rampungaken.
 
Mbok bilih wonten upakarti utawi oleh - oleh ingkang dipun kersakaken saking Belgia, sumonggo dalem aturi telepon dalem. Insya Allah saged dalem padosaken dateng mriki.
 
Dalem kinten cekap semanten rumiyin serat saking ingkang putro.
 
Wassalamu'alaikum wr. wb..
 
Windarti 

Video

Video Syair tanpa waton dalam bahasa Jawa

Dalam video ini akan diperlihatkan syair tanpa waton dalam bahasa Jawa

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Surat bahasa jawa. Contoh surat bahasa jawa. Surat pribadi bahasa jawa. Layang bahasa jawa. Contoh surat dalam bahasa jawa. Surat dalam bahasa jawa. Contoh layang bahasa jawa.

Contoh layang. Surat bahasa jawa untuk orang tua. Surat jawa. Contoh surat pribadi bahasa jawa. Surat pribadi dalam bahasa jawa. Layang basa jawa. Surat basa jawa.

Contoh surat bahasa jawa untuk orang tua. Bahasa jawa halus. Surat bhs jawa. Surat untuk orang tua dalam bahasa jawa. Surat berbahasa jawa. Contoh surat berbahasa jawa.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
16 Jan 2014 11:48
Dr.Ruruh Mindari
Contoh surat ini cukup bagus untuk ukuran anak muda jaman sekarang. Namun ada beberapa kata yang kurang "trep," yaitu usnya sebagai berikut:nkahananipun seharusnya kawontenanipun; tansah bagas waras lebih baik tansah pinaringan kasarasan; sasi seharusnya wulan; sahinggo seharusnya satemah; dateng mriki seharusnya wonten ing ngriki. selain itu ada penggunaan 'kula' dan 'dalem'yang tidak konsisten. Menurut para 'pinisepuh' yang benar 'kula.' Demikian tanggapan saya. Terima kasih.