Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Permainan Anak Anjang-anjangan & Mamanukan Khas Jawa Barat

Daerah

Permainan Anak Anjang-anjangan & Mamanukan Khas Jawa Barat

Kata anjang dalam Bahasa Sunda berarti berkunjung ke rumah orang lain. Anjang-anjangan berarti anak-anak melakukan suatu permainan dengan meniru kebiasaan orangtua dalam berkeluarga, mencari nafkah, dan lain-lain. Permainan ini menggunakan peralatan berdagang, perabot dapur, dan lain-lain dengan ukuran mini. Anjang-anjangan pada umumnya dilakukan oleh anak perempuan berusia antara 7 hingga 12 tahun, di halaman atau teras rumah.


Mamanukan berasal dari kata manuk atau burung. Alat permainan ini merupakan tiruan dari bentuk burung. Pada umumnya terbuat dari gerabah yang dicetak. Ujung ekornya berlubang. Sisi kiri dan kanannya pun berlubang masing-masing satu buah. Bila ditiup, ekornya akan mengeluarkan bunyi. Sedangkan pengatur nada dengan cara membuka dan menutup kedua lubang pada badan dengan jari. Permainan ini biasanya dimainkan secara beramai-ramai, oleh anak laki-laki berusia antara 5 – 10 tahun di halaman rumah atau di bawah pepohonan.
 

 

 





Sumber:
- Buku Salam Sahabat Nusantara: Jawa Barat yang Memesona, Penerbit: Doenia Aksara
- Muflihah, Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap Sekolah Dasar, Penerbit: Puspa Swara, Jakarta, 2007.

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Anjang anjangan. Permainan anjang. Orey korea lagu permainan jawa barat. Contoh lagu anak anak khas sunda. Arti anjang anjangan. Permainan anak anak khas jawa barat. Anjangan di propinsi mana.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
25 Oct 2013 20:04
muhammad cevief
mana lagu'a