Previous
Next

Kesehatan

5 Kegiatan Yang Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

 

 

Fakta bahwa fungsi otak akan menurun bila tidak kerap digunakan benar adanya. Pengalaman banyak berbicara mengenai fakta ini. Pernahkah Anda merasa canggung setelah cuti kuliah atau bekerja? Atau mungkin sebagian dari Anda pernah merasa “bodoh” karena sempat tidak bekerja beberapa saat.

 

Hasil penelitian terbaru yang diterbitkan oleh jurnal Trends in Cognitive Sciences menunjukkan bahwa mempertahankan kondisi fisik dan mental secara aktif adalah jalan alami untuk merawat otak. Rahasia penuaan yang sehat adalah menjaga kondisi fisik, sosial, dan mental. Sementara menonton televisi sepanjang hari dan tidak melakukan hal lain bisa menyebabkan otak menjadi semakin buruk.

 

Mencegah penurunan fungsi otak lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan menaikkan fungsi otak yang terlanjur turun. Nah, jika Anda bisa memperlambat penuaan otak sejak dini, mengapa tidak dilakukan sedari sekarang? Beberapa kegiatan harian yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penuaan otak ada di bawah ini. Read on!

 

v Outdoor Activities

 

Beraktivitas di luar rumah tidak hanya menyegarkan pikiran, tetapi juga bisa melatih otak Anda untuk merekam apa saja yang ditemukan di luar rumah. Beraktivitas di alam juga bisa membantu untuk menemukan banyak hal selain rutinitas. Bisa jadi Anda mengingat apa saja nama tumbuhan yang Anda temukan, atau sejarah bangunan yang Anda kunjungi. Coba ingat kembali hal yang ditemukan selama beraktivitas ketika Anda pulang ke rumah.

 

v Games!

 

Bermain games merupakan salah satu pilihan alternatif yang bisa Anda lakukan. Tentunya bukan sembarang permainan. Games yang bisa Anda pilih adalah games yang menuntut strategi dalam bermain seperti monopoli, teka-teki silang, catur, scrabble, atau lainnya. Permainan jenis ini akan mengasah otak dan strategi Anda. Namun, hindari permainan yang menimbulkan adiksi berlebih karena hanya akan mengganggu rutinitas Anda lainnya.

 

v Bersosialisasi

 

Peneliti dari Pepperdine University mengatakan bahwa hubungan sosial merangsang neurokimia otak untuk tetap sehat. Adaptasi sosial secara berkelanjutan merupakan salah satu formula jitu untuk kesehatan otak. Manfaatkan relasi sosial Anda dengan banyak orang. Hal ini akan merangsang otak Anda untuk tetap beradaptasi dengan sosial dan terus mendapatkan energi dari orang yang ditemui. It’s easy, isn’t it?

 

v Luangkan Waktu Bersama Orang Terkasih

Tips kali ini bukan dikhususkan bagi Anda yang sudah berpasangan. Namun, orang terkasih bisa jadi keluarga, pasangan, dan teman dekat. Kebersamaan penting untuk menenangkan pikiran dan membuat Anda kembali ke rutinitas dengan ide dan semangat yang baru.

 

Sifat positif orang terdekat Anda secara tidak langsung akan berpengaruh pada keadaan Anda. Peneliti dari Seattle Longitudinal membenarkan bahwa kelebihan seseorang juga akan dimiliki oleh orang terdekatnya yang semula memiliki kemampuan lebih rendah. Nah, Anda bisa mencoba dengan memanfaatkan kebersamaan dengan orang terdekat Anda. Berdiskusi, bercengkerama, bertukar cerita, bercanda, berpelukan, berpegangan tangan, dan lainnya.

 

v Membaca

 

Kegiatan yang satu ini terbukti akan membuat otak Anda terus bekerja. Membaca tidak melulu tentang bahan bacaan yang berat, membaca buku harian yang pernah ditulis atau membaca komik juga akan membuat otak Anda terus berlatih. Untuk meneruskan kerja otak, Anda bisa mengajak teman untuk berdiskusi mengenai buku yang Anda baca. Berdiskusi juga memberi kontribusi kepada usaha alami untuk menaikkan kinerja otak Anda. Think, Think, and Think!

 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Kegiatan yang mengasah otak. Kegiatan mengasah otak. Http://carapedia.com/kegiatan_bisa_tingkatkan_fungsi_otak_info3792.html. Buku yg bisa mengasah otak. Kegiatan yang bisa buat otak. Carape otak. Kegiatan otak.

Aktifitas yang dapat menenangkan otak. Hal hal yang mampu merangsang otak. Kegiatan untuk merangsang otak. Melatih otak yang terlanjur. Games merangsang otak. Kegiatan yang dapat mengasa otak. Merangsang pikiran otak.

Aktifitas yg melambatkan kinerja otak. Kegiatan yang bisa mengasah otak. Jenis buku yang mengasah otak. Game alternatif untuk mengasah pikiran. Permainan untuk menenangkan otak. Aktifitas untuk mengasah otak.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.