Previous
Next

Internet Komputer

Punya Akun Instagram, Ini 5 Kiat Amannya

 

Instagram menjadi aplikasi favorit para pengguna smartphone karena bisa mem-posting foto dengan efek-efek tertentu. Namun karena para pengguna ini foto-fotonya cepat dikenal luas mereka lupa dengan privasi akun dan terbuai dengan aplikasi tersebut. Perlu Anda  tahu bahwa, Instagram juga bisa menjadi ancaman penggunanya.

Banyak layanan yang muncul di Instagram berkedok rayuan dan foto menarik. Menurut Symantec Intelligence Report, banyak akun palsu yang menggunakan foto wanita seksi dan link khusus tentang cara menghasilkan dollar. Jika pengguna tidak jeli maka bisa terjerumus menjadi salah satu korban scam.

Jadi, bagaimana cara aman menggunakan aplikasi Intsgram agar tidak menjadi korban scam? Berikut ini tips-tips yang diberikan oleh Symantec Intelligence Report untuk bisa dilakukan:

#1 Akun Private. Akun instagram Anda bisa disetel menjadi mode Private. Hanya orang-orang yang menjadi teman Anda dan sudah disetujui oleh Anda yang bisa melihat koleksi foto. Selain itu Anda bisa mengontrol akun-akun yang ingin mem-follow Anda dengan notifikasi khusus.

#2 Jangan sembarangan mem-follow. Jika ada akun yang menjadi follower Anda sebaiknya cek dulu detil profilnya. Jangan Anda langsung mem-follow balik akun tersebut padahal Anda tidak mengenalnya.

#3 Hindari mengklik URL yang dipendekkan. Jika ada akun – akun mencurigakan yang menawarkan sebuah URL sebaik Anda tidak langsung mengkliknya. Perhatikan dengan jeli kemana arah URL tersebut, jangan sampai saat Anda mengklik, si akun palsu ini menscam data-data penting di ponsel Anda.

#4 Opsional. Jangan menyetujui permintaan akun yang tidak memiliki foto profil atau mem-follownya kecuali jika Anda mengenal akun tersebut. Banyak akun hanya suka menyukai foto Anda tanpa menampilkan profil mereka.

#5 Laporkan. Laporkan setiap kondisi yang mencurigakan seperti akun tanpa foto, akun dengan URL aneh dan komentar-komentar aneh ke pihak Instagram melalui pedoman Privacy&  Safety di pengaturan.

Penjahat cyber selalu memiliki seribu cara untuk menarik perhatian korban. Jika penjahat ini beroperasi di Instagram mereka memiliki ciri-ciri:

  • Akunnya menunjukkan gender “wanita” dengan foto seksi
  • Tidak ada postingan foto, jumlah following atau follower tidak wajar bisa sampai 1000 lebih padahal tidak terkenal
  • Di bagian bio profil mereka hanya menampilkan URL yang teksnya dipendekkan sehingga orang—orang yang melihat akun tersebut tidak bisa mendeteksi kemana arah URL tersebut.

Jadi yang sebaiknya Anda lakukan adalah tetap waspada dengan segala tanda kejahatan tersebut.

 

 

Video

Bagaimana Cara Mendeteksi Kejahatan di Instagram?

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara private instagram. Cara melihat instagram yang di private. Cara melihat instagram yang di protect tanpa follow. Cara melihat foto instagram yang di private tanpa follow. Cara melihat instagram private tanpa follow. Cara memprivate instagram. Cara melihat instagram orang yang di private.

Cara melihat instagram yang di private tanpa follow. Cara privasi instagram. Cara memprivate akun instagram. Cara memprivasi akun instagram. Pengaturan privasi instagram. Cara buka instagram yang di private. Cara memprivasi instagram.

Cara mem private instagram. Cara membuat instagram private. Cara mengatur privasi instagram. Cara mengatur privasi di instagram. Cara buka akun instagram yang di private. Cara membuat akun instagram menjadi private.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.