Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Penyebab Munculnya Stretch Mark di Tubuh

 

 

Bagi anda, terutama kaum wanita, pasti menginginkan kesempurnaan tubuh mulai dari bentuk badan yang ideal sampai kesehatan dan kemulusan pada kulit tubuh anda. Namun, beberapa wanita terutama yang habis melahirkan atau mengalami obesitas biasanya bermasalah dengan guratan-guratan putih yang biasanya disebut juga dengan Stretch Mark. Umumnya stretch mark muncul di beberapa bagian tubuh, terutama pada perut, payudara, lengan atas, paha dan bokong. Ciri-ciri yang terlihat adalah berupa garis-garis tipis pada kulit dengan panjang dan lebar yang bervariasi, berwarna garis coklat kemerahan atau coklat gelap, dan seiring berjalannya waktu berubah menjadi memutih atau putih kemerahan.

 

Cara menyamarkan stretch mark dapat dilakukan menggunakan dua cara, langsung dan tidak langsung. Olah raga adalah salah satu cara menyamarkan stretch mark secara tidak langsung. "Olah raga membawa aliran darah menjadi lebih baik, dan membawa zat-zat oksigen yg lebih baik, kolagen terbentuk kalau ada zat-zat gizi yang mendukung," papar dr. Amaranila.

Sementara, cara langsungnya adalah dengan mengurangi makanan yang mengandung banyak karbohidrat, mengubah life sytle seperti tidak merokok dan minum alkohol, berolahraga dan menyeimbangkan hidup dengan pola makan sehat.

Jika stretch mark sudah terlanjur timbul pada kulit tubuh Anda, manfaatkan krim yang dapat menyamarkan stretch mark. "Krim yang baik bukanlah yang hanya melembabkan kulit, tetapi ada kandungan yang dapat menstimuli tumbuhnya kolagen. Gunakan krim tersebut 2 kali dalam sehari, dan pakailah setelah mandi," saran dr. Amaranila.

 

Nah, sebenarnya bagaimana stretch mark bisa muncul pada kulit anda? Ini dia penjelasan dari dr. Amaranila Lalita, Sp. KK, seorang dermatologist dan venerologist yang pahan akan seluk beluk dari stretch mark seperti yang diungkapkannya melalui situs Wolipop.

 

Jadi, apa saja sebenarnya yang menyebabkan munculnya stretch mark yang mengganggu kecantikan kulit anda? Ini dia beberapa jawabannya,

 

  • Melahirkan

Ya, setelah melahirkan, menurut dr. Armanila, tubuh anda yang mengalami perubahan berat badan yang fluktuatif maka akan menyebabkan peregangan yang berlebihan untuk jangka waktu yang lama. Apalagi, selain kenaikan berat badan, selama masa kehamilan juga terjadi perubahan hormone yang memicu timbulnya stretch mark pada kulit anda.

 

  • Obesitas

Kebiasaan anda mengkonsumsi makanan tinggi kalori yang menyebabkan kenaikan berat badan juga menjadi salah satu penyebab munculnya stretch mark. Karena makanan tinggi kalori itu akan diubah menjadi subtract hormone oleh tubuh anda, sehingga badan anda akan memiliki hormone yang berlebih. Apalagi ditambah anda juga kurang bergerak.

 

  • Terlalu banyak mengkonsumsi rokok dan alcohol

Rokok dan alcohol juga menjadi salah satu penyebab munculnya guratan-guratan halus pada tubuh anda. Biasanya, stretch mark akan muncul di beberapa bagian tubuh terutama pada perut, payudara, lengan atas, paha dan bokong.

 

  • Pakaian yang terlalu ketat

“Pakaian yang terlalu ketat dapat membuat kulit menjadi trauma, apalagi ketika kulit kering," ungkap dr. Amaranila. Ya, seperti yang diungkapkan oleh dokter Amaranila, sebaiknya pilihlah busana yang pas bagi anda, yakni tidak terlalu ketat namun juga tidak terlalu longgar.

 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Garis merah di paha. Http://carapedia.com/penyebab_munculnya_stretch_mark_tubuh_info3444.html. Penyebab garis merah di paha. Garis garis merah di paha. Penyebab stretch mark di paha. Cara menghilangkan garis merah di paha. Stretch mark di paha.

Garis merah pada paha. Garis garis di paha. Penyebab stretmach. Penyebab garis di perut. Penyebab garis garis di paha. Penyebab garis merah pada paha. Garis di paha.

Garis merah dipaha. Penyebab stretch mark pada paha. Cara menghilangkan garis di paha. Penyebab garis putih di paha. Garis merah di perut. Cara menghilangkan garis garis di paha.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (3)
02 Dec 2014 06:33
ranti
dok sya mau nnya, sya belum melahirkan/pun keguguran , knpa bisa muncul garis ini d bgian bokong sya , dan berat badan sya pun belum prnh lebih dri 45
12 Aug 2014 08:25
euis
Klau bleh tau nama krimnya apa
01 May 2014 21:31
Dessy ratna sondari
Dokter yg terhomatâ¦nperkenalkan saya wanita berumur 22 th,tinggi badan 160 dan berat badan 53 kg,blum menikahâ¦saya pnya masalah di sekitar daerah payudara,paha bagian samping&daerah pantat banyak guratan2 putih,apa itu selulit?terldang di daerah pantat,agak sedikit gatal&saya mrasa tidak nyaman muncul guratan tersebut,bagaimana ya dok agar di hilangkan,tolong kasih info nyaâ¦