Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif

 

 

Model pembelajaran kooperatif adalah salah satu metode belajar/mengajar yang paling ampuh yang dirancang untuk diterapkan di depan kelas. Strategi yang berdasar pada diskusi ini dapat digunakan dalam mata pelajaran apapun. Model pembelajaran kooperatif ini mengemukakan bermacam ragam tujuan intelektual dan mengembangkan ketrampilan-ketrampilan untuk memproses yang dibutuhkan siswa karena pada dasarnya model pembelajaran kooperatif sebetulnya adalah suatu istilah yang memayungi sejumlah pendekatan diskusi kelompok kecil.

Penerapan mpdel pembelajaran kooperatif dapat dilihat dari cara siswa mengerjakan tugas. Kapanpun siswa bekerjasama dalam kelompok ecil yang terdiri dari dua orang atau lebih bisa dikatakan bahwa siswa sedang terlibat dalam model pembelajaran kooperatif. Untuk keefektifan dari setiap penerapan model pembelajaran kooperatif ini, siswa perlu mendapatkan dan mempraktekkan sejumlah ketrampilan-ketrampilan spesifik sehingga akan tertanam kesadaran, pengetahuan dan kemampuan bekerjasama dengan siswa yang lain. Pembelajaran kooperatif ini merupakan salah pembaruan dalam pergerakan reformasi pendidikan. Model pembelajaran kooperatif dilaksanakan dalam kumpulan kecil supaya anak didik dapat bekerjasama untuk mempelajari kandungan pelajaran dengan berbagai kemahiran sosial.

Penerapan model pembelajaran kooperatif biasanya akan melibatkan :

# Ketrampilan sosial

Ketrampilan sosial merupakan ketrampilan untuk menjalin hubungan antarpribadi dalam kelompok untuk mencapai dan menguasai konsep yang diberikan guru # Interaksi tatap muka Setiap individu akan berinteraksi secara tatap muka langsung dalam kelompok. Interaksi yang serentak berlangsung dalam setiap kelompok melalui pembicaraan setiap indivdu yang turut serta mengambil bagian

# Siswa harus saling bergantung positif

Artinya setiap siswa harus melaksanakan tugas masing-masing yang diberikan untuk menyelesaikan tugas dalam kelompok mereka. Setiap siswa memiliki peluang yang sama untuk mengambil bagian dalam kelompok. Siswa yang mempunyai kelebihan harus membantu temannya dalam kelompok itu untuk tercapainya tugas yang diberikan kepada kelompok itu. Setiap anggota kelompok harus saling terhubung, saling mengisi dan bantu membantu

 

Dari beberapa penjelasan diatas bisa diatik kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif mempunyai banyak manfaat, diantaranya adalah: dapat meningkatkan pencapaian dan kemahiran kognitif siswa; dapat meningkatkan kemahiran sosial dan memperbaiki hubungan sosial; dapat emningkatkan ketrampilan kepemimpinan; dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa, serta dapat meningkatkan kemahiran teknologi

Video

Video Pembelajaran Kelas Rangkap Model 221

VIde ini menujukkan penerapan model pembelajaran dengan menggunakan sistem kelas rangkap model 221

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Penerapan model pembelajaran kooperatif. Pengertian penerapan pembelajaran. Penerapan pembelajaran kooperatif. Kelebihan pkr. Contoh penerapan strategi pembelajaran kooperatif. Contoh penerapan pembelajaran kooperatif. Contoh penerapan model pembelajaran kooperatif.

Penerapan strategi pembelajaran kooperatif. Contoh implementasi pembelajaran kooperatif. Cara menerapkan pembelajaran kooperatif. Penerapan metode kooperatif. Contoh penerapan belajar kooperatif. Cara penerapan model pembelajaran kooperatif. Cara penerapan pembelajaran kooperatif.

Bagaimana cara menerapkan pembelajaran kooperatif. Penerapan model pembelajaran picture and picture. Penerapan model pembelajaran. Kumpulan model pembelajaran kooperatif. Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif. Cara menerapkan model pembelajaran.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.