Previous
Next
  • Home
  • »
  • Umum
  • » Fictophilia, Fenomena Jatuh Cinta Pada Tokoh Fiktif

Umum

Fictophilia, Fenomena Jatuh Cinta Pada Tokoh Fiktif

 

Mengalami jatuh cinta umum terjadi pada setiap manusia dimanapun dan kapanpun. Semua orang yang jatuh cinta pun akan berusaha menyatakan perasaannya dengan cara apapun. Akan tetapi, akan membingungkan jika rasa cinta ini juga tertuju pada tokoh fiksi yang sebenarnya tidak nyata.

Hal ini memang susah dipercaya namun ada sejumlah orang yang mengalaminya, yakni jatuh cinta pada tokoh fiksi. Istilah khusus untuk menggambarkan perasaan ini adalah fictophilia. Fictophilia, seperti dikutip dalam urban dictionary, merupakan suatu keinginan, obsesi, perasaan cinta, daya tarik sensual terhadap karakter fiksi dalam sebuah film, komik ataupun buku novel.

Perasaan ini dirasakan sama besarnya dengan perasaan yang ditujukan kepada orang-orang nyata. Seperti kisah pada 2010 silam yang terjadi oleh seorang netizen bernama akun JustJasper.

Orang-orang dengan fictophilia ini menaruh perasaan cinta yang besar kepada tokoh khayalan yang menyebabkan mereka antisosial dengan lawan jenis dan orang-orang disekitarnya. Di dalam kasus ini, orang yang mengidap fictophilia ini masih menyukai tokoh fiksi meskipun sudah memiliki pasangan.

Dalam beberapa jurnal psikologi juga dibahas tentang fenomena fictophilia ini. Profesor Mark Griffiths, dosen psikologi di Nottingham Trent University Inggris, ada pula istilah selain fictophilia yang lebih spesifik, misalnya toonophilia atau schediaphilia yakni daya tarik emosional dan sensual terhadap tokoh animasi, dan gameophilia yaitu kecintaan yang besar pada kraakter fiksi pada video game.

Ada sebuah situs pula yang mengklaim kondisi ini dinamakan gaya hidup seseorang. Mereka yang mengalaminya tidak terjadi kontak fisik secara langsung dengan tokoh-tokoh imajinatif tersebut. Mereka juga kerap melakukan masturbasi dengan tokoh fikso sebagai pasangan dalam bentuk aktivitas seksualnya.

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Jatuh cinta pada tokoh fiksi. Obsesi terhadap tokoh piksi. Jatuh cinta pada karakter fiksi di game. Adalah sebutan untuk orang yang menykai karakter fiksi. Schediliaphillia adalah.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.