Previous
Next

Umum

Asal Usul Kota Blitar

Menurut beberapa buku sejarah terutama buku yang bernama  bale latar, asal usul Kota blitar  didirikan kurang lebih pada abad ke 15, 
Dimulai dari Nilasuwarna salah satu putra dari Adipati Wilatika Tuban. Dia salah satu dari orang kepercayaan kerajaan majapahit yang di tugaskan untuk membabat alas.
Seperti yang tertulis di dalam sejarahnya kota BLITAR dulunya adalah Hutan belantara yang belum pernah di datangi manusia.
NIlasuwarna di beri tugas oleh kerajaan majapahit untuk menumpas prajurit tartar yang bersembunyi  di dalam hutan (saat ini kota blitar), di karenakan prajurit tartar sudah melakukan kudeta (pemberontakan) yang membahayakan kejayaan kerajaan majapahit.
 
Setelah berhasil mengalahkan prajurit tartar, nilasuwarna di berikan hadiah hutan yang menjadi tempat medan perang dengan prajurit tartar.
Kemudian beliau diberikan gelar Adipati Ariyo Blitar I oleh kerajaan majapahit, seiring berjalannya waktu hutan tersebutpun di beri nama Balitar ( Bali dan tartar ) untuk mengingatkan bahwa pernah  terjadi peperangan melawan prajurit tartar di tempat itu. 
Mulai saat ini Adipati Ariyo Blitar I mulai menjalankan kekuasaan di bawah kerajaan majapahit. 
Adipati Ariyo Blitar I menikah dengan Dewi Rayung wulan dan memiliki seorang putra bernama Djoko kadung. Tapi tak di nyana ditengah pemerintahannya terjadi pemberontakan yang di lakukan oleh patihnya sendiri yang bernama Ki Sengguruh Kinareja,
Setelah berhasil melakukan kudeta Ki Sengguruh Kinareja mendapatkan gelar Adipati Ariyo Biltar II. Mengetahui bahwa ayah kandungnya di bunuh Djoko kadung pun akhirnya menuntut balas. Setelah berhasil menuntut balas Djoko kadung pun di angkat menjadi Adipati Ariyo Blitar III.
Tetapi di dalam sejarah yang kami baca bahwa Djoko kadung tidak mau menerima gelar tersebut, tapi dia masih tetap memerintah secara de facto.
 
 
Setelah di pimpin Djoko kadung  Balitar di hibahkan kepada Belanda oleh Kerajaan Kartasura Hadiningrat yang di pimpinan Raja Amangkurat. Blitar pun menjadi salah satu kekuasaan belanda.
Setelah Indonesia merdeka pada sekitar tahun 1950an keluarlah undang-undang no 17 tahun 1950 bahwa BALITAR berubah menjadi BLITAR dan di bentuk sebagai kabupaten Blitar.
 
Begitulah sekelumit tentang asal usul kota blitar, mari kita lestarikan budaya daerah!

(sekar/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Asal usul kota blitar. Sejarah kota blitar. Asal usul blitar. Sejarah blitar. Asal mula kota blitar. Http://carapedia.com/asal_usul_kota_blitar_info29.html. Asal mula blitar.

Cerita rakyat blitar. Legenda kota blitar. Asal usul kota blitar dalam bahasa jawa. Kisah kota blitar. Cerita asal usul kota blitar. Https://carapedia.com/asal_usul_kota_blitar_info29.html. Kisah blitar.

Asal usul kota blitar jawa timur. Cerita kota blitar. Asal muasal kota blitar. Asal usul nama kota blitar. Sejarah berdirinya kota blitar. Asal kota blitar.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (3)
27 Jun 2015 00:44
abu(garum)
Hidup blitar...kutho cilik kang kawentar,semoga tambah maju &makmur
25 May 2014 21:14
deni anton wibowo
Semoga tambah jaya dan maju teknologinya,,,,nnby : deni koseng ( sumberjati )
18 Apr 2014 12:52
gelandangan elit
Moga tambah jaya blitarq tercinta,,,,,,amin˚°º΅ά♏iin..ά♏iin..ά♏iin΅º°˚