Previous
Next

Kesehatan

Tentang Penyakit Dalam

 

 
 
 
 
Penyakit dalam atau yang lebih sering disebut sebagai penyakit internis merupakan penyakit yang berhubungan dengan gangguan orhan - organ dalam tubuh manusia.Banyak penyakit dalam yang merupakan penyakit kronik dan membutuhkan perawatan khusus.Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk proses kesembuhan dan keselamatan pasien.
 
Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit dalam:
 
# GAGAL JANTUNG AKUT
Gagal jantung merupakan masalah kesehatan masyarakat yang sangat penting karena prevalensinya makin hari makin meningkat. Keadaan ini merupakan sindrom yang kompleks yang sering ditemui oleh para dokter dalam praktik medik sehari - hari. 
 
Gejala penyakit gagal jantung:
  • Sesak nafas. Peningkatan bilik kiri  menyebabkan transudasi cairan ke jaringan paru. Penurunan regangan paru menambah kerja nafas. Sensasi sesak nafas juga disebabkan penurunan aliran darah ke otot-otot pernafasan. Awalnya sesak nafas timbul saat beraktivitas, dan jika gagal jantung makin berat, sesak nafas timbul bahkan saat penderita sedang tidur
  • Ortopnea. Merupakan kesulitan bernafas yang terjadi beberapa menit setelah berbaring. Pada saat posisi berbaring, maka terdapat penurunan aliran darah perifer dan peningkatan volume darah di sentral (rongga dada)
  • Paroxyxmal Nocturnal Dyspnea. Sering dijumpai pada penderita gagal jantung. akibat terjadinya sembab paru yang terjadi saat setelah berbaring.
  • Batuk - batuk. terjadi akibat sembab pada bronkus dan penekanan bronkus oleh atrium kiri yang dilatasi
 
# PENYAKIT PARU
Penyakit paru merupakan salah satu jenis penyakit dalam yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit yang menyerang sistem pernafasan ini tidak hanya menimbulkan dampak buruk pada organ paru saja tetapi juga memiliki dampak buruk terhadap beberapa organ tubuh penting yang lain. Mengobati penyakit paru membutuhkan waktu yang cukup lama.
 
Gejala penyakit paru:
  • Batuk. Refleks batuk adalah suatu mekanisme pertahanan normal paru - paru dari benda asing dan sekresi berlebihan. Infeksi saluran pernafasan atas berkaitan dengan batuk yang biasanya membaik dalam 2 - 3 minggu. Batuk yang terjadi terus menerus perlu diselidiki lebih lanjut.
  • Produksi sputum. Sputum atau dahak adalah bahan yang dikeluarkan dengan batuk. melalui gerak silia, ia dibawa ke atas ke tenggorok dan kemudian ditekan secara tidak disadari bersama - sama saliva. Peningkatan jumlah produksi sputum merupakan manifestasi bronkitis yang paling dini. Sputum dapat mengandung debris sel, mukus, darah, pus, atau bisa juga mikroorganisme
  • Hemoptisis (batuk darah). Batuk yang mengeluarkan darah merupakan gejala yang sangat penting karena sering sebagai gejala penyakit yang berat. 
  • Dispnea (sesak nafas). Adalah penting untuk mengetahui penyebab atau pencetus dari sesak nafas tersebut. Karena indikasi sesak nafas bisa merupakan gejala dari beberapa jenis penyakit dalam yang lainnya
  • Wheezing. Merupakan suatu bunyi bernada tinggi abnormal yang disebabkan oleh obstruksi parsial pada saluran nafas. Bunyi ini biasanya ada selama ekspirasi ketika bronkokonstriksi ringan terjadi secara fisiologis. keadaan ini biasanya disebabkan oleh bronkospasme, edema mukosa, hilangnya penyokong elastik dan berliku-likunya saluran pernafasan 
  • Sianosis (kulit berubah warna menjadi kebiru - biruan). Ini terjadi karena tidak memadainya pertukaran gas di dalam paru-paru yang menyebabkan penurunan oksigenasi arterial secara bermakna.
  • Nyeri dada. 
 

Video

Video proses terjadinya serangan jantung

Dalam video ini akan diperlihatkan bagaimana proses terjadnya serangan jantung

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Internist adalah. Penyakit internis. Pengertian penyakit dalam. Definisi penyakit dalam. Penyakit internis adalah. Arti internist. Pengertian internist.

Arti internis. Penyakit dalam adalah. Tentang penyakit dalam. Apa itu internis. Pengertian dari penyakit dalam. Penyakit dalam internist. Penyakit dalam atau internis.

Http://carapedia.com/tentang_penyakit_info2311.html. Internis adalah. Internist artinya. Arti ortopnea. Apa itu internist. Spesialis penyakit dalam maksud nya.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.