Previous
Next

Kesehatan

Olahraga Efektif untuk Melangsingkan Perut

 

Saat ingin mencoba busana terbaru dengan potongan pas badan, tiba-tiba pandangan terganggu dengan perut yang buncit, belum lagi saat mengenakan baju model kemeja, kancingnya selalu terbuka di bagian perut, oh malu dan tersiksanya. Ingin rasanya mempunyai perut ramping bahkan yang ber six pack. Anda sudah mencoba berbagai cara, sampai berfikir untuk sedot lemak? Jangan dulu, Anda dapat menyembunyikan perut buncit yang kurang menawan itu, hanya dengan rajin berolahraga kok. Olahraganya pun, tak perlu susah apalagi mahal, sederhana dan mudah saja dilakukan dirumah, berikut diantaranya;

1.       Sit Up

 

Sit up secara bebas diartikan, gerakan duduk berdiri. Artinya, gerakan yang dilakukan dengan posisi badan terlentang dan kemudian bangkit (berdiri) sampai pada posisi duduk, lalu mengulangi kembali gerakan awal, berbaring-duduk-berbaring. Namun, gerakan duduk berbaring ini, tidak asal saja dilakukan, ada beberapa patokan dan prinsip dasar gerakan sit up, sebagai berikut;

·         Pertama Berbaringlah di tanah (matras)

·         Tekuk lutut dengan mata kaki dan tumit ditempatkan datar di tanah

·         Pastikan punggung bawah menempel di tanah/matras dengan posisi lurus

·          Lalu, letakkan kedua  tangan  di belakang kepala  (kunci jari-jari dengan saling menautkan)

·         Kencangkan otot perut dengan menekan daerah pusar ke tulang belakang 

·         Kemudian perlahan angkat kepala terlebih dahulu, diikuti bahu  sampai posisi duduk dengan sempurna (atur nafas Anda, tarik dan hembuskan mengikuti gerakan)

·         Ulangi gerakan sampai beberapa set hitungan (8 x …)
 

2.       Side Plank

 

Tujuan : Membentuk seluruh otot pusat dengan tekanan pada oblique

Posisi awal, Berbaringlah miring ke kanan dengan kaki terjulur lurus selaras dengan posisi tubuh. Tangan kanan menekuk menahan tubuh Anda, sedangkan lengan kiri lurus mengikuti tubuh. Tumpuk kaki kiri di atas kaki kanan. (bila Anda berbaring ke kiri, gerakan menyesuaikan)

Tahapan gerakan :

  • Rebahkan tubuh bagian samping dengan tangan kanan sebagai penyanggah tubuh
  • Gunakan siku Anda untuk penyangga tubuh, atur posisi tubuh seperti posisi awal
  • Angkat tubuh Anda ke atas, hingga tubuh benar-benar lurus
  • Tahan selama kurang lebih 30 detik sebelum kembali ke posisi awal
  • Lakukan untuk bagian tubuh lainnya, ulangi untuk beberapa set hitungan/semakin tingkatkan waktunya.

 

  1. Jogging (lari santai)

Selain memberikan manfaat bagi  fisik dan kesehatan Anda, ternyata melakukan jogging secara teratur dapat memberi terapi secara fisik dan mental, Anda akan merasakan senang dan semangat setelah berjogging. Dan apabila Anda melakukannya dengan tepat maka Anda tidak akan merasakan lelah. Dan justru akan merasakan nyaman pada otot-otot Anda selama dan setelah jogging. Namun, perlu diingat untuk selalu melakukan pemanasan sebelum jogging, untuk menghindari kaku otot, kram atau keseleo. Selain dapat membakar lemak dan mengatasi kegemukan (perut buncit), jogging menyimpan banyak manfaat;

·         Menambah kinerja jantung lebih kuat

·         Melancarkan sistem pencernaan

·         Mencegah depresi

·         Meningkatkan stamina

·         Mengencangkan otot kaki, paha dan punggung

·         Membuat tidur menjadi lebih nyenyak

 

  1. Bersepeda

 

Bersepeda adalah olahraga yang mudah sekaligus meyenangkan. Tidak perlu track khusus untuk dapat melakukan olahraga ini, saat Anda berbelanja ke pasar, mengantar anak sekolah, atau sekedar bersantai keliling kompleks dengan sepeda, sudah dapat dikatakan olahraga bersepeda. Olahraga ringan ini, efektif untuk  program untuk membakar lemak dan pengencangan otot perut Anda. Dengan bersepeda kita dapat membakar kalori lebih banyak, dari kalori yang dihasilkan makanan yang kita konsumsi. Selain membakar lemak,  manfaat lain dari bersepeda diantaranya, mengencangkan otot betis, paha dan bokong,  mengurangi rasa depresi, stress juga meningkatkan mood serta motivasi diri.

 

  1. Lompat Tali (skipping atau rope jumping)

Lompat tali adalah salah satu jenis latihan kardio (latihan penguatan jantung) sederhana yang berdampak besar bagi tubuh. Coba bayangkan, dengan lompat tali selama 10 menit Anda dapat membakar kalori setara dengan jogging 8 menit per mil. Selain itu, olahraga ini, mudah dan dapat dilakukan siapa saja, harga peralatannya terjangkau, awet, mudah dibawa. Efek lain dari lompat tali adalah meningkatkan kekuatan (membangun kepadatan tulang),meningkatkan koordinasi. (mengontrol kecepatan dan irama gerakan dengan posisi yang tepat)

Tahapan lompat tali :

  1. Berdiri tegak, kedua tangan memegang ujung tali.
  2. Pertama, posisikan tali di belakang tubuh
  3. Ayunkan tali ke depan, lalu melompat (dengan dua kaki berbarengan) sebanyak 20-30 hitungan.
  4. Beri jeda kurang lebih 30 detik. (untuk mengembalikan konsentrasi)
  5. Kemudian ulangi langkah 3 namun tali diayunkan ke belakang.
  6. Ulangi sampai beberapa set hitungan atau sesuaikan dengan kemampuan.

 

Video

Video Cara Melakukan Side Plank

Video berikut memuat cara-cara melakukan side plank yang mudah untuk dipraktekkan

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Manfaat skipping. Skipping yang benar. Manfaat olahraga lompat tali. Manfaat lompat tali. Manfaat olahraga skipping. Http://carapedia.com/olahraga_efektif_melangsingkan_perut_info1945.html. Manfaat skiping.

Manfaat lompat tali bagi wanita. Olahraga lompat tali. Olahraga skipping. Manfaat olahraga skiping. Olahraga melangsingkan tubuh. Manfaat olahraga skipping bagi wanita. Cara skipping yang benar.

Manfaat skipping untuk wanita. Olahraga skiping. Manfaat bermain skipping. Manfaat olah raga skiping. Manfaat olah raga lompat tali. Manfaat skipping untuk diet.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (4)
07 Oct 2013 20:53
Nurul
minta tipsnya dong bagaimana cara membuat tubuh menjadi langsing !!!
07 Oct 2013 20:41
Nurul
bagai mana ya caranya mambuat tubuh menjadi langsing dan tinggi?
13 Sep 2013 15:28
adyt
apa si pengertian dari skiping tu sendiri
13 Aug 2013 12:09
nera noviza
thanks ats infonya
 
admin
Terima kasih, semoga bermanfaat.