Previous
Next
  • Home
  • »
  • Umum
  • » Cara Mengurangi Dampak Negatif Perubahan Iklim

Umum

Cara Mengurangi Dampak Negatif Perubahan Iklim

 

Isu perubahan iklim menjadi pusaran perhatian dari semua negara yang ada di planet Bumi ini. Penelitian terakhir yang dilakukan oleh Jerman dan Spanyol menyebutkan bahwa suhu panas bumi naik hingga lima kali lipat akibat pemanasan global. Analisa ini dilakukan di sebagian kawasan Eropa, Afrika, dan selatan Asia.

 

Perubahan iklim mengancam nyawa ratusan juta orang yang akan menerima dampak langsung. Seperti nelayan, petani, dan semua orang yang rentan dengan kelaparan serta kehilangan pekerjaan. Sementara banyak negara merencanakan pengurangan dampak perubahan iklim secara kebijakan, kita bisa melakukan banyak hal secara individu untuk berperan sama. Hal individu ini bisa berdampak komunal jika semua orang sepakat melakukannya. Apa saja hal tersebut? Berikut daftar A – Z yang dikeluarkan oleh WHO.

 

·      Act now!

Bertindak dari sekarang. Sekecil apa pun hal preventif yang dilakukan bisa berguna bagi diri sendiri dan dunia.

 

·      Buy energy efficient appliances

Beli perlengkapan rumah tangga yang ramah lingkungan dalam artian pemakaian energinya efisien. Pilihlah peralatan seperti mesin cuci, AC, televisi, dan lainnya yang konsumsi energinya paling efisien.

 

·      Calculate your personal carbon footprint and cut your greenhouse gas emissions

Hitung jejak karbon pribadi Anda dan kurangi efek emisi gas rumah kaca akibat aktivitas dan kebiasaan dalam keseharian Anda. Misalnya : kebiasaan menggunakan tas plastik dengan menghitung lamanya proses daur ulang plastik itu sendiri.

 

·      Debate, discuss, and distribute leaflets, brochures, and posters on climate change and environmental health issues

Ambil aksi dalam debat, diskusi, dan menyebarkan media apa saja agar bisa membagi kesadaran dengan orang lain tentang masalah perubahan iklim dan isu kesehatan lingkungan.

 

·      Enjoy the sun!

Nikmati sinar matahari selagi Anda bisa. Anda bisa memasang panel surya pada atap rumah sebagai stasiun energi alam yang bersih.

 

·      Fridge

Jangan biarkan lemari es terbuka dalam waktu yang lama. Ion yang dihasilkan lemari es akan meningkatkan emisi rumah kaca.

 

·      Go green!

Terapkan prinsip hijau dalam hidup Anda. Pertimbangkan unsur ramah lingkungan dalam membeli barang, hal ini juga dapat menghemat pengeluaran Anda.

 

·      Half your emissions

Naikkan suhu AC sebanyak 5 derajat Celcius untuk mengurangi emisi Anda.

 

·      Involve your family, friends, children, and neighbours

Libatkan semua orang dalam aksi pengurangan dampak perubahan iklim. Ajak semua orang yang berada di sekeliling Anda.

 

·      Join an environmental group

Bergabunglah dengan organisasi pecinta lingkungan. Anda bisa tahu informasi terbaru mengenai perubahan iklim dan aksi apa yang akan dilakukan. Jika memungkinkan, Anda bisa membentuk kelompok baru.

 

·      Lamps

Ganti bola lampu rumah Anda dengan neon yang hemat energy. Meski harganya lebih mahal namun bisa menghemat seperempat energy listrik lampu biasa.

 

·      Minimize the use of toxic chemichals

Minimalkan penggunaan bahan kimia yang beracun. Gunakan bahan yang mudah dihancurkan dan berbasis air atau tanaman.

 

·      Network

Bentuk jaringan dengan komunitas, organisasi, lembaga, hingga masyarakat.

 

·      Off!

Matikan listrik ketika tidak dipakai. Anda perlu mendisiplinkan diri dengan kebiasaan ini. Sebuah barang elektronik masih mengonsumsi 10 – 60% energy listrik ketika dalam posisi stand by.

 

·      Plant trees

Tanam pohon sebanyak mungkin baik individu, kelompok, organisasi, masyarakat, perusahaan, dan pemerintah. Target WHO adalah menanam satu milyar pohon di seluruh dunia.

 

·      Quit plastic bags

Gunakan tas sendiri dan hentikan penggunaan tas plastik.

 

·      Recycle, repair, and reuse materials

Daur ulang, perbaiki, dan gunakan kembali barang yang Anda punya. Minimalkan pembelian barang yang baru.

 

·      Save paper

Hematlah penggunaan kertas. Jika Anda akan mencetak dokumen maka cetaklah bolak balik. Menghemat kertas sama dengan menyelamatkan pohon.

 

·      Travel smart and reduce air travel

Kurangi perjalanan udara karena pesawat memberikan banyak kontribusi pada emisi karbondioksida. Rencanakan perjalanan Anda dengan bijak.

 

·      Use less energy and conserve more of it

Gunakan sumber energi sesedikit mungkin dan berhematlah. Jangan hamburkan air. Pastikan keran air di rumah Anda tertutup rapat setelah dipakai.

 

·      Value waste

Terapkan manajemen sampah yang benar. Minimal dengan menghargai sampah dan tidak membuangnya sembarangan.

 

·      Write letters about the health impact of climate change to local mass media

Tulis pendapat Anda dan kirim ke media massa lokal. Hal ini penting dan strategis untuk memberi tahu informasi kepada orang yang yang lebih luas.

 

·      X-press your concern on environmental health issues and solutions and stay informed

Tetaplah mengakses informasi yang Anda butuhkan untuk menjaga alam tetap sehat. Selalu ekspresikan perhatian anda dan beri solusi kepada masalah di isu kesehatan lingkungan.

 

·      Your president, prime minister, parliamentarian or local leader needs to know about the impacts of climate change on health

Bagi informasi kepada pengambil kebijakan (presiden, perdana menteri, parlemen, atau tokoh masyarakat) di lokasi Anda.

 

·      Zoom in reducing emissions

Sorot pada hal mengurangi emisi. Hal ini merupakan langkah maju yang terbaik. Misalnya : himbau pemerintah untuk memberikan potongan pajak bagi rumah yang menggunakan panel surya.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Dampak negatif perubahan iklim. Cara mengurangi dampak perubahan iklim. Upaya mengurangi dampak perubahan iklim. Cara mengatasi perubahan iklim global. Cara mencegah dan mengurangi dampak perubahan iklim. Cara mencegah atau mengurangi dampak perubahan ikli. Mengurangi dampak perubahan iklim.

Cara mengurangi efek perubahan iklim. Cara mengatasi perubahan iklim. Http://carapedia.com/mengurangi_dampak_negatif_perubahan_iklim_info3778.html. Dampak mengurangiperubahan iklim. Bagaimana mengurangi dampak perubahan iklim. Cara mengurangi dampak negatif dari iklim buruk dalam perekonomian negara. Usaha untuk mencegah dampak perubahan lingkungan.

Upaya apa yang dilakukan untuk menghindari dampak dari perubahan iklim. Cara mengurangi dampak negatif penggunaan bahan kimia. Upaya pengurangan dampak negative akibat pemakaian bahan kimia. Upaya upaya untuk mengatasi dampak negatif. Bagaimana cara mengurangi dampak negatif dari perubahan. Bagaimana cara mengurangi dampak negatif dari perubahan lingkungan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.