Previous
Next
  • Home
  • »
  • Umum
  • » Masalah Ketenagakerjaan, Pengangguran, dan Kemiskinan Indonesia

Umum

Masalah Ketenagakerjaan, Pengangguran, dan Kemiskinan Indonesia

 

 
 
 
 
 
Sebuah negara tidak akan pernah bisa lepas dari berbagai permasalahan yang berhubungan dengan warga negaranya. Terlebih pada negara - negara yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi seperti Indonesia. Masalah ketenagakerjaan, pengangguran, dan kemiskinan Indonesia sudah menjadi masalah pokok bangsa ini dan membutuhkan penanganan segera supaya tidak semakin membelit dan menghalangi langkah Indonesia untuk menjadi mengara yang lebih maju. Indonesia sebenarnya sempat menjadi tempat favorit bagi para pengusaha dari luar negeri untuk membangun usaha mereka disini. Ya, dengan alasan murahnya biaya tenaga kerja merupakan salah satu faktor mengapa Indonesia diincar oleh para pengusaha asing. Namun, ternyata hal tersebut tidak diimbangi dengan dukungan positif dari pemerintah tentang pengaturan Undang - Undang investasi dan ketenagakerjaan sehingga malah memunculkan banyak masalah baru sehingga mengakibatkan dampak terparah berupa relokasi tempat usaha ke negara lain. Banyak yang harus dibenahi untuk menyelesaikan masalah ketenagakerjaan. Diantaranya adalah dengan membekali berbagai macam ketrampilan bagi para tenaga kerja usia produktif supaya lebih mampu bersaing di dunia kerja tidak hanya dalam bursa tenaga kerja lokal namun juga bursa tenaga kerja dunia.
 
Dampak terbesar dari terjadinya relokasi tempat usaha adalah meningkatnya angka pengangguran di Indonesia. Jumlah pengangguran di Indonesia telah mencapai titik dimana memerlukan penanganan dari pemerintah dengan sangat serius. Ternyata langkah pemerintah untuk membuka banyak lapangan kerja baru tidak banyak membantu mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Langkah yang dianggap paling tepat adalah dengan membekali ketrampilan kepada para tenaga kerja produktif yang masih belum medapatkan pekerjaan dengan harapan mereka bisa membuka lapangan kerja baru, tidak hanya untuk diri mereka sendiri namun juga untuk masyarakat di sekitar mereka. Oleh karena itu, dukungan penuh dari pemerintah terhadap para wiraswasta sangat diharapkan supaya angka pengangguran bisa jauh berkurang.
 
Masalah yang tidak kalah pentingnya adalah masalah kemiskinan. Kemiskinan dianggap sebagai akar dari segala permasalahan sosial kependudukan yang memiliki efek luar biasa bagi Indonesia. Harus diakui bahwa hingga saat ini jumlah penduduk miskin di Indonesia masih sangat tinggi. Upaya pemerintah untuk menurunkan jumlah penduduk miskin adalah dengan memberikan fasilitas rusunawa yang pada kenyataannya banyak salah sasaran, memberikan BLT (bantuan langsung tunai) yang ternyata tidak banyak membantu masyarakat, hingga pemberian aneka subsidi untuk masyarakat miskin. Berbagai langkah tersebut pada kenyataannya tidak bisa membuat jumlah penduduk miskin di Indonesia menjadi berkurang. Karena solusi idealnya adalah dengan memberikan mereka pekerjaan tetap dengan gaji yang memadai sehingga mereka bisa hidup lebih layak. Ini bukan perkara yang mudah bagi pemerintah. 
 
 

Video

Video tentang kemiskinan di Indonesia

Dalam video ini akan diperlihatkan tentang gambaran kemiskinan di Indonesia

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Artikel ketenagakerjaan. Masalah ketenagakerjaan. Masalah ketenagakerjaan di indonesia. Artikel tentang ketenagakerjaan. Masalah ketenagakerjaan dan solusinya. Masalah ketenaga kerjaan. Contoh masalah ketenagakerjaan di indonesia.

Masalah ketenagakerjaan dan pengangguran di indonesia. Faktor masalah ketenaga kerjaan di indonesia. Artikel tentang tenaga kerja. Contoh masalah ketenagakerjaan. Artikel ketenagakerjaan di indonesia. Http://carapedia.com/masalah_ketenagakerjaan_pengangguran_kemiskinan_indonesia_info3017.html. Masalah pokok ketenagakerjaan di indonesia.

Artikel tentang masalah ketenagakerjaan di indonesia. Masalah ketenagakerjaan di indonesia dan solusinya. Masalah ketenagakerjaan dan pengangguran. Artikel permasalah di negara indonesia. Permasalahan ketenagakerjaan di indonesia. Faktor yang harus dibenahi dalam masalah ketenagakerjaan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
30 May 2014 14:33
Sudjoko Kuncoro
Kuncinya, Pemerintah tidak serius menangani masalah ini. Padahal kalau mau, tidak harus membiarkan TKW/TKI, yang ujung2nya menjatuhkan martabat Bangsa Indonesia sendiri ! Bila berkenan, kami ingin menyumbangkan pemikiran pemecahan masah besar ini...!