Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Manusia Purba Indonesia

 

 
 
 
 
Berdasarkan bahan yang dipergunakan dalam membuat alat-alat serta cara pembuatannya, zaman pra sejarah di Indonesia dibagi menjadi zaman batu dan zaman logam (perunggu). Zaman batu sendiri terdiri dari zaman batu tua, zaman batu madya, dan zaman batu baru. Sedangkan pencarian manusia purba di Indonesia sudah dimulai sejak abad ke 19. Fosil manusia purba pertama ditemukan pada tahun 1889 oleh Van Rietschoten di daerah Tulungagung yang disebut dengan fosil manusia Wadjak I. Setahun kemudian ditemukan kembali fosil manusia Wadjak II oleh Dubois.
 
Berikut ini adalah beberapa jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia:
 
# AUSTRALOPITHECUS PALEOJAVANICUS (MEGANTROPUS PALEOJAVANICUS)
 
Diperkirakan jenis manusia purba ini merupakan manusia tertua yang pernah hidup di Indonesia. Alat-alat yang mereka gunakan terbuat dari batu kasar. Makanan mereka diperkirakan berupa tumbuh-tumbuhan dan hewan. Manudia purba jenis ini ditemukan oleh Von Koenigswald antara tahun 1936 - 1941 yang saat itu engadakan penelitian di Sangiran - Surakarta. Saat itu para ahli menyebut manusia purba dengan istilah Megantropus Paleojavanicus. Namun saat ini istilah manusia purba telah berganti menjadi Australopithecus Paleojavanicus
 
 
# HOMO ERECTUS
 
Dulu dikenal dengan nama Pithecantropus. Jenis manusi purba ini mempunyai tinggi badan antara 165 - 180 cm dan mempunyai volume otak 750 - 1300 cc.
Berikut ini adalah jenis-jenis Homo Erectus yang ditemukan di Indonesia:
 
* Homo Erectus Modjokertensis
Jenis manusia purba ini dite,ukan di daerah Mojokerto (Jawa Timur)
 
* Homo Erectus Erectus (Pithecantropus Erectus)
Ditemukan pada tahun 1891 di Trinil, Ngawi, Jawa Timur oleh E. Dubois. Ini merupakan jenis manusia purba yang pandai karena bisa memberikan petunjuk kepada kita tentang kehidupan manusia pada jaman purba dahulu
 
* Homo Erectus Soloensis
Ditemuka pada tahun 1931 di Ngandong, lembah sungai Bengawan Solo oleh Ter Haar dan Van Optennorth
 
 
# HOMO SAPIENS SAPIENS
 
Ditemukan oleh Van Rietschoten di Wajak tahun 1889 dan Dubois pada tahun 1890. Manusia purba jenis ini merupakan manusia purba yang sudah tergolong manusia seperti kita saat ini. Jenis Homo Sapiens Sapiens yang ditemukan di Indonesia adalah Homo Sapiens Sapiesn Sadjakensis dan Homo Sapiens Sapiens Wadjakensis

Video

Video manusia purba

Dalam video ini akan menampilkan profile dari museum Sangiran yang merupakan musim manusia purba

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Peta persebaran manusia purba di indonesia. Jenis jenis manusia purba dan ciri cirinya. Manusia purba di indonesia dan ciri cirinya. Jenis jenis manusia purba dan penemunya. Jenis manusia purba di indonesia dan penemunya. Zaman batu. Persebaran manusia purba di indonesia.

Jenis manusia purba di indonesia dan ciri cirinya. Jenis jenis manusia purba di indonesia dan penemunya. Keterangan manusia purba. Peta penyebaran manusia purba di indonesia. Manusia purba di indonesia dan gambarnya. Kehidupan zaman neolitikum. Jenis jenis manusia purba dan gambarnya.

Zaman logam. Peta persebaran manusia purba. Jenis manusia purba pada zaman batu madya. Manusia purba di indonesia dan keterangannya. Peta persebaran manusia purba di indonesia dan penjelasannya. Macam macam manusia purba dan penemunya.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.