Previous
Next

Masakan Asia

Cara Membuat Kimchi

Demam Korea tidak hanya sebatas dunia entertainment seperti boys dan girls band serta serial Korea yang memikat anda. Sekarang serbuan dari Korea juga dari makanan-makanan khas Korea yang mulai dijual di sekitar anda. Salah satu jenisnya adalah kimchi. Nah, bagi anda yang belum mengetahui, Kimchi merupakan asinan pedas khas dari Korea yang menggunakan sawi putih sebagai bahan baku utamanya. Di Korea sendiri, membuat kimchi merupakan salah satu cara untuk mengawetkan sayuran sehingga tetap bisa mengkonsumsi sayuran sawi putih saat salju turun dengan hebat dan tidak ada tanaman yang tumbuh saat itu.

Kimchi mempunyai rasa yang sangat pedas dan bau yang sangat khas dan tajam yang membedakannya dengan asinan biasanya. Bau dan  rasa pedas yang sangat khas pada kimchi disebabkan oleh proses fermentasi yang sempurna dari penggunaan bumbu bawang putih dan cabai yang dominan. Selain terkenal karena rasa dan baunya, ternyata kimchi juga terkenal dengan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Kimchi termasuk salah satu makanan tersehat di dunia. Nah, bila anda ingin mencicipi sensasi pedas dari makanan khas Korea ini anda tidak perlu jauh-jauh mencari rumah makan Korea, karena kimchi sangat mudah dibuat apalagi semua bahan bakunya juga tersedia disekitar anda. Jika anda penasaran bagaimana cara membuat kimchi, ini dia resep membuat makanan sehat nan pedas itu:

KIMCHI
Bahan:

  • 1 buah sawi atau lobak putih
  • garam laut
  • air
  • 1 sdm bawang putih parut
  • 4 sdm cabai giling atau cabai kering
  • 1 sdt cabai bubuk
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • ½ bawang bombay
  • ½  sdt jahe, parut
  • ½  sdt kecap ikan
  • 3-4 bawang daun, diiris diagonal
  • ½ buah apel matang
  • ½ buah pear matang


Cara membuat kimchi:

  1. potong-potong sawi atau pisahkan setiap tangkai daunnya, lalu beri larutan air garam yang terbuat dari ¼ cangkir garam yang dilarutkan dalam sebuah mangkuk hangat. Bila sudah masukkan sawi yang sudah dipotong dalam larutan garam selama kurang lebih 4 jam. Jangan lupa untuk membolak-balik sawi dan membaluri air garam secara merata.
  2. Setelah didiamkan selama 4-6 jam, angkat sawi dan rendam di dalam air untuk menghilangkan sisa-sisa garam yang masih menempel.
  3. Bila sudah, sisihkan sawi dan siapkan bumbu untuk membuat bahan kimchi. Untuk bumbunya, anda dapat mencampurkan bubuk cabai dengan air lalu aduk sampai mengental seperti pasta, tambahkan bawang putih, jahe, bawang daun dan kecap ikan. Siapkan satu cangkir air dan blender bawang Bombay, apel dan pear sebagai bahan pemanis.
  4. Campur dan aduk semua bumbu dengan sawi putih menggunakan tangan anda sampai rata benar. Lalu masukkan kimchi dalam container plastic atau gelas yang kedap udara selama paling tidak satu hari agar kimchi berfermentasi dengan sempurna.
  5. Jika sudah ada gelembung udara dan berbau asam, berarti fermentasi sudah sempurna dan kimchi siap disantap setelah dimasukkan ke dalam kulkas.
     

 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Resep kimchi. Resep membuat kimchi. Cara membuat kimchi sederhana. Resep korea. Cara mengolah kimchi. Rasa kimchi. Cara membuat kimchi di rumah.

Resep kimchi sederhana. Bumbu membuat kimchi. Pengganti kecap ikan. Cara buat kimchi mudah. Resep kimchi yang mudah. Kimchi terbuat dari apa. Cara membuat kimci sawi.

Komposisi kimchi. Masakan dari sawi putih. Bahan baku kimchi. Cara membuat saus kimchi. Cara membuat kimchi yang benar. Masakan dengan bahan kimchi.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
11 Jan 2014 13:55
lasmaria tri suci hutabarat
setelah disimpan dalam kulkas beberapa haringa langsung dimaskkan ataw ditumis duluan baru dimakan yyyy...............n