Previous
Next
  • Home
  • »
  • Umum
  • » Kiat Menghadapi Masa Pensiun

Umum

Kiat Menghadapi Masa Pensiun

 

Bagi Anda yang gila kerja, selalu beraktivitas setiap kemudian tiba-tiba menghadapi pensiun adalah hal yang sangat membuat stress pikiran. Bayangkan jika tiba-tiba saja kita tidak punya pekerjaan, penghasilan menurun, hanya di rumah mengerjakan pekerjaan rumah. Ada baiknya kita melakukan persiapan pensiun sejak dini agar kita terhindar dari stress. Karena ketika kita mengalami stress, penyakit akan mudah menyerang kita.

Kiat apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk menghadapi masa pensiun? Lihat beberapa hal berikut ini:

Rencanakan pensiun dengan matang

Sebelum memasuki masa pension, persiapkan rencana apa yang akan Anda lakukan saat memasuki masa pensiun. Rencanakan dengan matang agar pension Anda terasa nyaman. Misalnya, merencanakan perjalanan wisata untuk menyegarkan  badan, aktif dalam kegiatan sosial atau amal, merencanakan membuka usaha sendiri. Rencanakan pula bahwa pensiun Anda akan dijalani dengan pola hidup sehat dan menjaga hubungan yang harmonis bersama keluarga. Anda juga harus mempersiapkan diri secara psikologis dan spiritual agar tidak mengalami stress saat pension.

Periksa aset

Memasuki masa pension, secara otomatis penghasilan yang akan Anda dapatkan sangat berbeda disbanding saat Anda bekerja. Anda juga harus pandai-pandai mengelola simpanan aset di bank agar bisa mendanai masa pensiun. Mulailah untuk mengelola aset tersebut secara bijak. Misalnya membuka usaha, melakukan investasi, mengatur gaya hidup yang hemat. Jika Anda memang ingin bekerja maka pilihlah kegiatan sesuai minat dan hobi.

Memperhatikan Kesehatan

Masa pensiun akan menjadi lebih nyaman jika Anda juga memperhatikan kesehatan Anda. Biasakanlah pola hidup yang sehat dan terjaga dengan rajin olahraga, mengkonsumsi makanan sehat. Lakukan pemeriksaan fisik secara berkala ke dokter. Untuk menjaga mental agar tidak stress maka sesekali Anda mencoba permainan yang mengasah otak, rajin membaca buku. Buat pula asuransi kesehatan sejak dini sehingga kesehatan Anda dan keluarga bisa terjamin.

Pertahankan dan pelihara komunitas

Gunakan kesempatan dalam membangun dan memelihara komunitas untuk menampilkan bakat. Memelihara jaringan saat ini Anda bisa menggunakan situs jejaring sosial membicarakan suatu minat. Buatlah komunitas agar Anda tidak kesepian dalam rencana pensiun. Anda bisa  mengasah bakat Anda an menambah pengalaman pada suatu komunitas.

 

 

Video

Pensiun GAUL

Pensiun Gaul adalah buku karangan Tesse Setiabudi ahli psikolog. buku ini menjelaskan kiat-kiat mengelola masa pensiun Anda dengan baik.

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.