Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Kebudayaan & Kehidupan Masyarakat Jawa Barat

Daerah

Kebudayaan & Kehidupan Masyarakat Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat adalah provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Bandung sebagai ibu kota provinsi, merupakan kota dengan jumlah penduduk terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya.


Sebagian penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda. Selain itu, ada campuran Sunda dengan Jawa di pantai utara Cirebon serta sebagian kecil pesisir Indramayu. Mata pencaharian penduduk Jawa Barat yang utama adalah bertani. Bertaninya pun bermacam-macam. Ada yang bertani padi, sayur-sayuran, buah-buahan, dan bunga-bungaan. Selain itu, di daerah Jawa Barat juga banyak terdapat perkebunan teh, cengkih, tebu, dan kina.


Kebudayaan masyarakat Jawa Barat terpengaruh dari 4 sumber, yaitu Hindu/Budha, Islam, Jawa, dan kebudayaan barat. Ini dapat dilihat dari upacara yang disertai membakar kemenyan (pengaruh Hindu), doa-doa menurut agama Islam, pakaian pernikahan tanpa baju dan berbentuk wayang orang (pengaruh Jawa Tengah), dan pemberian kado serta hidangan prasmanan model Belanda.




Sumber:
- Buku Salam Sahabat Nusantara: Jawa Barat yang Memesona, Penerbit: Doenia Aksara
- Muflihah, Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap Sekolah Dasar, Penerbit: Puspa Swara, Jakarta, 2007.

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Sosial masyarakat di jawa barat. Kebiasaan orang jawa barat. Kebiasaan masyarakat jawa barat. Kebiasaan daerah jawa barat. Kumpulan artikel kebudayaan daerah jawa. Kehidupan sosial masyarakat bandung. Kehidupan sosial budaya masyarakat jawa barat.

Pola hidup jawa barat. Budaya orang bandung. Aktivitas penduduk indramayu. Kebiasaan orang bandung. Rangkuman tentang jawa barat. Kehidupan orang bandung. Aktivitas penduduk di pulau jawa barat bandung.

Kebiasaan jawa barat. Masyarakat kota bandung. Aktivitas penduduk di jawa barat. Kehidupan masyarakat kota bandung. Kebiasaan atau kebudayaan orang jawa barat. Artikel kebudayaan dan pola hidup masyarakat daerah jawa tengah.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.