Previous
Next

Kesehatan

Inilah Cara Mengatasi Gangguan Suara Serak

 

Suara serak yang normal atau natural biasanya menjadi dambaan setiap orang karena bisa dikatakan seksi. Namun apa jadinya jika suara anda menjadi serak karena gangguan tenggorokan? tentunya hal ini akan sangat mengganggu aktivitas Anda. Terutama jika Anda beraktivitas di area publik yang membutuhkan suara Anda.

Sebaiknya saat suara serak mengganggu Anda, cepat-cepatlah untuk mengobatinya. Mungkin menurut Anda hal ini sudah biasa namun siapa tahu ada gejala penyakit yang jika dibiarkan akan bertambah parah. Lazimnya gangguang suara serak disebabkan karena infeksi salurah pernapasan atas, flu atau radang tenggorokan yang akut, kesalahan pola hidup dengan merokok dan minum-minuman keras.

Nah, jika Anda ingin suara Anda terjaga, maka sebaiknya Anda mulai mengatur kebiasaan hidup sehat Anda. Jika gangguan suara serak tidak dapat dihindari, Anda dapat mengatasinya dengan cara berikut ini:
 

  • Meminimalisir penggunaan terlalu banyak suara. JIka terlalu sering digunakan maka peradangan yang terjadi pada pita suara akan semakin parah sehingga malah tidak mengeluarkan suara sama sekali. Berbicaralah seperlunya dengan suara lirih untuk memulihkan pita suara yang mengalami peradangan.
  • Beristirahat, biasanya saat suara mulai serak, maka kondisi tubuh juga melemah. Anda butuh istirahat untuk mengembalikan kesehatan fisik Anda. Jika kesehatan fisik terjaga maka pemulihan suara juga akan cepat berlangsung.
  • Sebaiknya memperbanyak minum air putih. Air putih sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Jangan mingun yang terlalu panas atau terlalu dingin, minumlah air hangat.
  • Menghindari atau berhenti mengkonsumsi minuman keras dan rokok. Dua hal ini menjadi pemicu paling cepat terjadinya peradangan pada pita suara sebab mengandung bahan-bahan berbahaya yang mengganggu sistem pernapasan Anda. Selain itu hindari pula konsumsi kafein, karena dapat memperparah peradangan.
  • Mulailah untuk mengkonsumsi bahan-bahan tradisional misalnya meminum rebusan daun sirih yang mengandung antiseptik membunuh bakteri. Bahan tradisional lain yang bermanfaat yaitu bawang putih, lemon dan madu. Buah sirsak yang diseduh dengan air hangat dan ditambahkan gula batu juga sangat bermanfaat untuk mengurangi serak.
  • Bahan tradisional yaitu buah delima dan jeruk nipis juga baik untuk dikonsumsi. Caranya air perasan jeruk nipis dicampur dengan kecap asin kemudian diminumkan langsung 3 kali sehari. Buah delima dapat dimakan langsung tanpa biji.
  • Mulailah untuk melakukan pola diet dengan mengurangi konsumsi makanan atau minuman pedas dan berminyak. Karena pada makanan pedas dan berminyak memicu peradangan semakin akut sehingga suara serak Anda tidak kunjung sembuh.
  • Makan makanan yang lunak dan mudah ditelan. Selain itu Anda dapat mencoba menghirup uap panas untuk mengurangi peradangan dan melancarkan lendir yang menyumbat tenggorokan sehinga  suara Anda menjadi ringan.

 

Video

Tips Jaga Suara Ala Zian Zigas

Sebagai seorang penyanyi Zian harus menjaga kualitas suaranya agar selalu prima, dia mempunyai tips untuk menjaga suara.

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Http://carapedia.com/inilah_mengatasi_gangguan_suara_serak_info3970.html. Cara mengatasi suara serak dengan cepat. Cara menghilangkan suara serak. Cara cepat menghilangkan suara serak. Cara menyembuhkan suara serak secara alami. Obat serak tenggorokan. Obat suara.

Cara menghilangkan serak pada tenggorokan. Cara menjaga suara agar tidak serak. Suara serak. Cara menghilangkan serak di tenggorokan. Cara mengobati suara serak dengan cepat. Obat tradisional suara serak. Obat tenggorokan serak.

Cara menyembuhkan suara serak dengan cepat. Cara cepat menghilangkan serak. Tips mengatasi suara serak. Cara mengobati suara serak. Cara mengatasi suara serak. Cara menyembuhkan suara hilang dg cepat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.