Previous
Next

Hukum & Politik

Ini dia! Lembaga-Lembaga Hukum di Indonesia

 

Dalam setiap kehidupan, hukum menjadi pegangan setiap orang agar hidup mereka aman dan nyaman tanpa gangguan dari orang lain. Baik itu penipuan, kejahatan, pelecehan dan kasus-kasus lain yang kadang Anda sendiri awam untuk menyelesaikannya sendiri. Bahkan ketika Anda dalam posisi sebagai korban kejahatan orang lain, Anda bingung harus berlindung kemana selain di kantor polisi.

Berlindung di kantor polisi dengan melaporkan kasus kejahatan yang Anda alami tidaklah cukup. Anda harus mencari perlindungan lain yang bisa menguatkan gugatan Anda. Walaupu  Anda tidak memakai jasa pengacara namun Anda bisa memanfaatkan jasa – jasa lembaga hukum yang banyak terdapat di Indosesia. Lembaga-lembaga apa sajakah yang membantu Anda dalam menangani kasus hukum yang Anda alami? Berikut ini ulasannya.

1. Komnas HAM

Lembaga ini berdiri di Indonesia dan memiliki posisi yang setaraf dengan lembaga negara lainnya. Lembaga ini membantu warga Negara Indonesia mendapatkan hak asasi mereka sesuai dengan asas Pancasila, UUD 1945 dan hak secara dunia melalui Piagam PBB dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia. Komisi juga menjadi jembatan antara hukum Indonesia dengan warga Negara Indonesia yang memperjuangkan hak nya sebagai manusia. Misalnya hak pekerjaan, hak pendidikan, hak penghidupan yang layak dan hak-hak lain yang diatur lengkap dalam UUD 1945.

2. Komnas Perlindungan Anak

Komnas Ham (Komisi Nasional Perlindungan Anak) didirikan di Jakarta pada tanggal 26 Oktober 1988). Komnas Perlindungan Anak sama kedudukannya dengan Komnas HAm namun lebih memfokuskan pada masalah-masalah hukum yang menyangkut anak-anak. Fungsi Komisi untuk juga untuk memantau, mengawasi kebijakan negara yang dapat memberatkan anak dalam haknya sebagai warga Negara Indonensia. Komisi ini juga berfungsi sebagai mediator dalam kasus-kasus hukum yang menimpa anak-anak baik sebagai korban atau pelanggar hukum.

3. Komnas Perlindungan Perempuan

Perempuan di Indonesia sangat dilindungi. Itulah  fungsi Komnas perlindungan perempuan yang melindungi perempuan dari segala bentuk tindak kekerasan misalnya pelecehan seksual, kasus kekerasan perempuan dalam rumah tangga (KDRT) , kasus hak hidup sebagai perempuan misalnya fasilitas-fasilitas umum untuk perempuan dan sebagainya. Komisi ini sebagai mediator atau negosiator antara pemerintah dengan warga Negara perempuan dalam memperjuangkan hak warga negara mereka.

4. YLBHI

YLBHI (Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia) merupakan lembaga di Indonesia yang menyediakan payung bantuan hukum bagi mereka yang terkena kasus hukum. Lembaga ini mengedepankan asas penegakan hak asasi manusia, demokrasi dan keadilan. Lembaga tersebut juga memperjuangkan upaya penegakan negara hukum yang dapat menjamin keadilan sosial bagi masyarakat Indonesia. Dalam membantu kasus-kasus hukum, klien juga ikut terlibat sehingga  dapat menyelesaikan masalah hukum mereka secara mandiri tanpa bantuan pengacara. Kantor YLBHI tersebut di seluruh ibu kota setiap provinsi di Indonesia. Sehingga Anda bisa dengan mudah meminta bantuan YLBHI untuk menangani masalah hukum Anda.

5. LBH

Lembaga Bantuan Hukum ini merupakan lembaga yang tersebar di seluruh kota di Indonesia, posisinya hampir sama dengan YLBHI dan merupakan payung bantuan hukum untuk warga Negara Indonesia. LBH lebih memfokuskan bantuan mereka ke warga yang tidak mampu secara ekonomi, yang mengalami penggusuran lahan, kasus pekerja yang di PHK, serta pelanggaran Hak asasi manusia lainnya secara umum. LBH memiliki tujuan untuk mewujudkan tatanan hukum yang adil bagi setiap Negara berdasarkan asas hukum yaitu Pancasila dan UUD 1945.

Selain lembaga-lembaga hukum di atas, juga masih banyak lembaga-lembaga lain yang memiliki misi menegakkan hukum di Indonesia. Biasanya berdiri dari bentuk LSM atau perkumpulan pakar hukum yang khusus menangani bantuan hukum di Indonesia.

Video

Profil Komnas HAM Indonesia

Video berikut adalah profil Komnas HAM yang ada di Indonensia untuk melindungi warga negara Indonesia berdasarkan hukum yang berlaku.

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Contoh lembaga lembaga penegak hukum. Contoh lembaga penegak hukum. Lembaga penegak hukum. Pengertian lembaga hukum. Http://carapedia.com/ini_dia_lembaga_lembaga_hukum_indonesia_info4129.html. Contoh lembaga hukum. Lembaga lembaga penegak hukum.

Lembaga lembaga penegak hukum di indonesia. Lembaga penegak hukum di indonesia. Lembaga yang menangani ham. Lembaga hukum. Lembaga penegakan hukum. Undefined. Lembaga hukum di indonesia.

Lembaga yang mengawasi ham. Lembaga lembaga yang menangani ham. Lembaga lembaga hukum di indonesia. Lembaga yang mengawasi pelaksanaan ham di indonesia. Lembaga penjamin ham. Pengertian lembaga hukum indonesia.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
06 Apr 2014 23:19
ria
tolong dibantu dong kenapa orang gk bersalah di hukum harus minta bantuan siapa
06 Apr 2014 23:18
ria
kenapa hukum di indonesia gk adil menghukum orang yang tidak bersalah