Previous
Next

Kesehatan

Gejala dan Tanda Seseorang Terkena Stress

Di dalam hidup ini, anda pasti tidak pernah terlepas dari segala macam masalah baik itu masalah kecil maupun masalah yang cukup pelik, mulai dari masalah di sekolah, kampus, tempat kerja dan kelurga. Nah, saat pikiran anda terforsir untuk memikirkan masalah-masalah yang sedang anda hadapi inilah tak jarang anda merasa stress sehingga terkena berbagai macam penyakit yang akan membuat daya tahan tubuh anda lemah. Biasanya dampak yang paling dekat terlihat ketika anda mengalami stress adalah sistem pencernaan anda yang terganggu karena adanya iritasi pada organ pencernaan anda.

Sayangnya, sebagian dari anda mungkin sering tidak menyadari apa saja gejala dan tanda anda terkena stress, sehingga anda akan kehilangan nafsu makan dan terkena berbagai macam penyakit. Untuk itu bila sekarang anda sedang memiliki banyak masalah, yuk kenali gejala-gejala stress yang menyerang anda;

  • Rahang nyeri

Beberapa orang termasuk anda mungkin memiliki gigi sensitive yang akan bermasalah saat anda mulai stress memikirkan sesuatu. Biasanya rahang nyeri yang bukan berasal dari sakit gigi ini terjadi saat anda bangun tidur di pagi hari. Nah, bila hal ini terjadi anda harus tenang dan fokuskan pada relaksasi untuk membuat rahang anda kembali normal.

  • Kulit gatal

Gatak-gatal pada kulit tidak hanya terjadi karena anda terkena bakteri saja, stress dan terlalu banyak pikiran juga dapat membuat perubahan pada sel-sel kekebalan yang ditemukan di kulit dan membuatnya lebih aktif. Tidak hanya itu, stress juga dapat mengakibatkan beberapa kondisi seperti psoriaris, rosacea dan yang paling parah adalah eksim yang menyerang kulit anda.

Jadi bila anda merasa kulit anda gatal, coba perhatikan tingkat stress dalam hidup anda dan segera mengambil langkah untuk meminimalisir masalah anda. Atau bila anda sudah sangat terganggu dengan gatal yang menyerang, lebih baik anda mengunjungi dokter spesialis kulit untuk membantu anda mengatasi gatal-gatal.

  • Mata kedutan

Bagi orang Jawa, kedutan pada mata dapat diartikan dan dihubungkan dengan banyak hal, misalnya seperti akan mendapat rezeki atau malah akan dibuat menangis. Namun, mata kedutan juga dapat mengindikasikan bila anda sedang mengalami stress dan terlalu banyak pikiran yang mengganggu.

Mata kedutan biasanya juga disebabkan karena kelelahan dan kurang beristirahat serta terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Jadi untuk mengatasi mata yang kedutan, yang harus anda lakukan hanya dua hal, yang pertama mengurangi konsumsi kafein dan yang kedua beristirahat yang cukup.

  • Nyeri pada gusi

Stress ternyata juga meningkatkan kadar hormone kortisol, yang pada akhirnya menciptakan sensasi terbakar diseluruh tubuh anda termasuk gusi. Hal ini akan melemahkan sistem kekebalan tubuh yang memicu pertumbuhan bakteri di mulut dan akan memicu iritasi serta peradangan di gusi.

Bila anda mengalami hal ini, yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menggosok gigi dan berkumur dengan cairan perbersih, jangan lupa selain itu anda juga harus meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh anda dengan mengkonsumsi makanan bergizi, cukup tidur dan mengkonsumsi multivitamin.

  • Mual

Gejala terakhir dari stress adalah mual yang menyebabkan ketidaknyamanan di perut. Jadi karena tingkat stress yang tinggi akan ditunjukan dengan peningkatan gejala seperti sakit perut yang disebabkan oleh sebagian hormone yang dilepaskan akibat dari stress dan kecemasan.

Biasanya tubuh akan menghasilkan reaksi pertahanan dari stress dan memicu jantung untuk berdebar lebih kencang dan adrenalin anda akan meningkat. Nah, untuk mengatasi hal ini cobalah untuk berolahraga untuk memerangi stress termasuk mual. Jangan lupa juga kurangi konsumsi kopi dan jauhi makanan dengan bumbu yang melimpah.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Akibat banyak pikiran. Banyak pikiran. Http://carapedia.com/gejala_tanda_seseorang_terkena_stress_info3045.html. Gejala stress. Efek banyak pikiran. Sakit pikiran. Akibat terlalu banyak pikiran.

Ciri ciri orang banyak pikiran. Ciri ciri banyak pikiran. Terlalu banyak pikiran. Dampak banyak pikiran. Ciri orang banyak pikiran. Sakit karena pikiran. Pikiran terganggu.

Mengapa orang yang stres mudah terkena iritasi pada lambungnya. Akibat banyak fikiran. Mengapa orang yang sering stres mudah mengalami iritasi lambung. Kenapa stres sebabkan sensasi gatal. Apa itu terforsir. Gejala stres dan tidur terganggu.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
28 Feb 2014 14:39
miftahur roifah
kalau bagian tubuh kita sering berdenyut apakah itu merupakan gejala stress