Previous
Next

Daerah

Busana Pengantin Batak Karo

Pakaian pengantin perempuan Batak Karo terdiri dari baju tutup dengan lengan panjang, sedangkan bagian bawah memakai sarung sungkit yang dililit dengan kain ulos. Pada busana pengantin pria Batak Toba hampir semua pakaian yang dipakai terdiri dari kain ulos yang salah satunya diselempangkan pada kedua bahu sampai ke badan (biasanya jenis ulos sadum), dan dililit dengan ulos ragi hotang.

Pada suku bangsa Batak Simalungun, kedua pengantin memakai tudung kepala yang terbuat dari ulos suri-suri. Pada pesta perkawinan wanita suku bangsa Mandailing/Angkola menurut adat menggunakan tata busana yang terdiri dari : bulang yang diikatkan pada kening. Bulang terbuat dari emas, tetapi kini sudah banyak yang terbuat dari logam yang diberi sepuhan emas. Bulang terdiri dari tiga macam, masing-masing bertingkat bertingkat tiga disebut bulang harbo.


Seiring dengan perkembangan zaman, tampilan pengantin adat Batak sedikit banyak mengalami perubahan. Saat ini pengantin pria lebih banyak menyukai jas modern yang dipadupadankan dengan ulos.

Sedangkan kebaya yang dikenakan pengantin wanita lebih bervariasi. Perhiasan serta bunga yang dipakai pun dimodifikasi dengan maksud menambah pesona yang terpancar. Walaupun demikian, kebaya tersebut tak meninggalkan ciri khas kedaerahan.




Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Sumatera Utara

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Model kebaya adat karo. Kebaya adat karo. Pakaian pengantin adat karo. Gambar penganten karo. Kebaya pengantin batak karo. Busana pengantin wanita batak karo modern.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.