Previous
Next
  • Home
  • »
  • Rumah
  • » Menciptakan Suasana Rumah Adem Tanpa AC

Rumah

Menciptakan Suasana Rumah Adem Tanpa AC

 

Menjelang musim kemarau, suasana di dalam rumah tentunya akan merasakan dampaknya. Ketika matahari sudah mulai naik dan suhu di sekitar juga ikut naik otomatis ada semacam konveksi yang menyebabkan panas berpindah ke dalam rumah. Tentunya Anda tidak ingin rumah Anda terkesan panas tanpa ada hawa sejuk sedikitpun.

Penggunaan AC sebenarnya juga bukan solusi yang tepat untuk menciptakan hawa dingin di dalam rumah. Secara ekonomi, penggunaan AC yang berlebihan menyebabkan membengkaknya tagihan listrik. Selain itu, menggunakan AC dalam jangka panjang juga tidak baik bagi kesehatan Anda.

Kunci utama agar rumah selalu terlihat sejuk adalah bagaimana Anda menata elemen-elemen rumah yang bekerja menahan terpaan sinar matahari dengan sebaik-baiknya. Ada beberapa hal yang mungkin perlu Anda perhatikan agar rumah terhindari dari radiasi panas sehingga Anda tidak perlu sering-sering menyalakan AC.

1. Penanaman pohon pelindung

Sebuah rumah akan dikatakan sejuk apabila ia mempunyai elemen tanaman yang berfungsi menahan terpaan matahari terlalu banyak. Fungsi pohon ini dapat mengurangi perolehan panas  pada  rumah. Perhatikan pula arah menanam pohon agar  disesuaikan dengan arah datang dan tenggelamnya matahari, namun jangan terlalu rimbun agar rumah masih tetap terang.

 

2. Pemilihan material genteng

Saat membangun rumah atau mendekorasi ulang rumah Anda kemudian pada saat memasang atap genting pilihlah bahan genteng yang berbahan tanah liat. Sifat genteng tanah liat adalah dapat menghalau panas matahari 2 kali lebih dari dari bahan seng, asbes, alumunium dan sebagainya.

 

3. Pengaturan Ventilasi

Ventilasi merupakan bagian vital di dalam rumah, ibarat hidung yaitu tempat keluar masuknya udara dalam rongga tubuh. Jika ventilasi dalam rumah Anda baik, yaitu memenuhi syarat fungsi ventilasi untuk memperlancar siklus keluar masuknya udara yang terus menerus. Sistem ventilasi yang baik digunakan untuk menghalau panas adalah sistem ventilasi silang.

 

4. Pencahayaan

Cahaya di dalam rumah sebenarnya juga mempengaruhi suhu rumah. Hadirkan  warna-warna cerah baik itu cat tembok, furniture agar suasana rumah terlihat adem. Warna-warna tersebut misalnya biru laut, putih, hijau lime, kuning cerah atau warna lembut lainnya. Minimalisir penggunaan bantuan pencahayaan seperti lampu pada ruangan yang sekiranya terpapar langsung matahari.

 

5. Penempatan Ruangan

Penempatan ruangan usahakan jangan menghadap ke barat karena akan terkena langsung radiasi matahari  sehingga menyebabkan panas. Arahkan ruangan-ruangan Anda membelakangi barat atau jika terpaksa lindungi ruangan dengan pohon perindang. Karena sisi barat merupakan bagian dimana menerima lebih banyak sinar matahari di waktu siang dan sore disbanding di pagi hari.

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Warna cat rumah yang bikin adem. Rumah tanpa atap. Rumah tanpa genteng. Warna cat tembok yang bikin adem. Rumah adem. Http://carapedia.com/menciptakan_suasana_rumah_adem_tanpa_info4050.html. Rumah minimalis tanpa genteng.

Cara menahan panas matahari. Warna cat rumah yang adem. Warna cat adem. Warna cat tembok yang adem. Rumah minimalis tanpa atap. Agar rumah adem. Warna cat rumah yg adem.

Warna adem. Rumah adem tanpa ac. Desain rumah tanpa genteng. Warna cat yang adem. Desain rumah tanpa atap. Warna cat yang bikin adem.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.