Previous
Next

Tutorial / Panduan

Cara Membersihkan CD / DVD

 

 

Membersihkan CD atau DVD bisa menggunakan peralatan pembersih khusus, biasanya diberikan cairan pembersih dan juga kain lembut untuk menyekanya. Tetapi banyak orang menggunakan cara yang salah untuk membersihkannya meskipun telah menggunakan peralatan yang tepat.

 

Menyeka CD/DVD

Seka dengan posisi melintang terhadap CD Track (dari bagian tengah ke arah luar CD) dan bukan menyeka melingkar mengikuti pola track, justru jika Anda menyeka dengan mengikuti track-nya maka CD Anda akan banyak tergores.

 

Petunjuk arah membersihkan CD yang benar

1.Jika memang ada kotoran membandel pada CD media, basahi terlebih dahulu kain dengan cairan pembersih. Jika tidak ada, menggunakan lap khusus yang lembut saja sudah cukup.

2.Seka dengan posisi melintang terhadap CD Track (dari bagian tengah ke arah luar CD) dan bukan menyeka melingkar mengikuti pola track, justru jika Anda menyeka dengan mengikuti track-nya maka CD Anda akan banyak tergores.

 

Cara membersihkan atau memperbaiki CD-DVD yang tergores dan atau baret dapat dilakukan dengan beberapa cara sederhana. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk menangani hal ini bukanlah memperbaiki baret/goresan pada kepingan CD-DVD yang terlalu parah misalnya tergores pisau hingga menyebabkan goresannya tembus ke belakang . Jadi hal ini di khususkan untuk yang baret-baret biasa saja (baret-baret rambut). Yang perlu diperhatikan lagi adalah, di harapkan kondisi CD-ROM atau DVD-ROM/RW yang anda miliki masih bagus, karena CD/DVD-ROM/RW yang sudah lama, akan mengurangi kemampuan bacanya.

 

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan :

 

Dengan pasta gigi

Ambil pasta gigi dan kapas/tisu yang lembut dan pastinya CD-DVD yang tergores. Oleskan pasta gigi itu ke CD-DVD yang tergores dan kemudian kita lap dengan kapas/tisu tadi. Lakukan hingga baret rambutnya sudah mulai menghilang atau bahkan menghilang.

 

Membersihkan dengan Vaseline

Cara ini dilakukan seperti dengan pasta gigi, namun hanya berbeda bahan olesannya yaitu dengan menggunakan vaseline.

 

Membersihkan dengan pisang

Seka CD_DVD yang tergores dengan pisang, dan kemudian gunakan kulit pisang untuk membersihkan sisa-sisa pisangnya.

Bersihkan dengan kain halus dan bersihkan dengan cara diputar satu arah.

 

Membersihkan dengan Pledge atau dengan BRASSO

Caranya sama seperti dengan menggunakan pasta gigi, hanya berbeda saja bahan pembersihnya.Terakhir, agar CD/DVD tersebut tetap terjaga dan tidak ada goresan, simpanlah CD/DVD di tempat CD tersendiri, karena sangat disayangkan jika CD/DVD koleksi Anda rusak apalagi jika CD/DVD itu sudah jarang sekali diperjualbelikan.

 

(tere/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara membuat kerajinan dari cd bekas. Membuat kerajinan dari cd bekas. Http://carapedia.com/membersihkan_dvd_info4005.html. Cara membersihkan cd. Cara membersihkan kepingamd dvd bekas. Cara membersihkan cd bekas. Kerajinan dari kaset dvd bekas.

Cara membersihkan kaset cd. Keterampilan dari cd bekas. Tips membuat kerajinan tangan dari cd bekas. Cara membersihkan cd rom. Https://carapedia.com/membersihkan_dvd_info4005.html. Pembersih cd. Cara buat kerajinan dari cd bekas.

Cairan pembersih kaset dvd. Cara menggunakan pembersih dvd. Kerajinan kaset cd. Pembersih dvd. Cairan pembersih cd. Cara membuat pembersih cd.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.