Previous
Next

Kesehatan

Tanaman Obat untuk Mengatasi Batuk

Cuaca ekstrim sudah bukan menjadi hal yang aneh lagi bagi anda bukan? Namun anda harus tetap berhati-hati dengan dampak dari cuaca ekstrim yang mengintai. Ya, berbagai penyakit seperti flu, demam dan batuk memang akan mudah menyerang ditengah cuaca yang  sedang tidak sehat ini. Nah, untuk menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit di atas, ada baiknya kalau anda mulai rajin mengkonsumsi vitamin yang akan menambah daya tahan tubuh anda.

namun, tahukah anda kalau batuk bukan penyakit tetapi merupakan gejala datangnya penyakit. Batuk sebenarnya adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan kotoran dari saluran pernafasan.

Nah, kalau anda sudah terlanjur terkena batuk jnagan buru-buru untuk meminum berbagai macam obat batuk yang mengandung bahan kimiawi, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mengobatin batuk dengan obat herbal dari tanaman yang tumbuh disekitar anda. Berikut ini adalah beberapa tanaman obat yang dapat menyembuhkan atau mengatasi batuk anda:

 

  • Akar Manis (Glychyrrizhae Radix)

Akar manis adalah salah satu tanaman obat yang juga digunakan sebagai bahan dasar utama untuk OBH (Obat Batuk Hitam). Akar manis sendiri mengandung Glisirisin yang berguna untuk membantu melancarkan gangguan tenggorokan, sehingga akan membantu anda mengatasi batuk yang membandel.

  • Biji Pala (Myristicae Semen)

Biji pala adalah salah satu tanaman obat yang mengandung obat tidur yang akan meningkatkan durasi tidur anda. Menurut penelitian ilmiah yang sudah dilakukan, biji pala memiliki kandungan Atsiri yang merupakan zat penenang dan karminatif yang baik untuk memulihkan daya tahan tubuh.

  • Herba Timi (Thymi Herb)

Thymi dipercaya sebagai salah satu tanaman obat yang terbukti berkhasiat untuk mengatasi batuk yang susah berhenti. Tanaman ini mengandung kandungan minyak Atsiri dan flavonoid yang berguna sebagai ekspektoran dan anti pasmodik, sehingga pada pemberian minyak Thymi secara regular akan menstimulasi dan memperlancar saluran pernafasan

  • Jeruk Nipis (Citrus Aurantii Fructus)

Dari dulu jeruk nipis dipercaya dapat mengatasi penyakit batuk karena kandungan minyak Atsiri dan Vitamin C yang baik untuk memperbaiki daya tahan tubuh. Untuk penggunaannya sendiri sangat mudah, cukup peras air jeruk nipis kemudian diminumkan bersama madu untuk mengatasi batuk.

  • Rimpang Kencur (Kaemferaie Rhizoma)

Tanaman obat yang satu ini terbukti berguna untuk melancarkan permasalahan pada saluran pernafasan. Apalagi dengan kandungan asorelaksasinya yang baik untuk mengatasi batuk. Cara pengobatannya pun cukup mudah, hanya dengan membakar rimpang kencur ini saja lalu memarutnya dan melarutkan sari-sarinya bersama air hangat secukupnya untuk melegakan tenggorokan anda

  • Daun Mint (Menthae Folia)

Tumbuhan yang satu ini memang sudah terkenal dengan berbagai khasiatnya, antara lain ekspektoran yang ampuh mengatasi batuk. Tidak hanya itu saja, daun mint juga mengandung minyak atsiri yang akan menstimulasi mukosa saluran sehingga meningkatkan atau mengencerkan sekresi lendir. Hasilnya, daun mint akan memberikan efek rasa dingin dan menurunkan tegangan paru-paru sehingga memperbaiki aliran udara yang masuk ke dalam paru-paru.

  • Rimpang Jahe (Zingerbris Rhizoma)

Jahe memang sudah dikenal karena khasiatnya menyembuhkan penyakit flu, termasuk gejalanya dalam batuk. Seperti yang pernah teruji klinis kalau jahe mengandung senyawa yang berguna untuk meningkatkan suhu tubuh. Selain itu jahe juga berguna untuk mengatasi mual dan muntah.

 Nah, semoga beberapa jenis tumbuhan obat tadi dapat membantu anda mengatasi batuk yang menganggu aktifitas anda.

 

Doc. berbagai sumber

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Tanaman penyembuh batuk. Jenis tumbuhan sebagai obat batuk adalah. Tanaman obat untuk obat batuk. Glisirisin. Daun thymi. Obat batuk dari tumbuhan. Akar thymi adalah.

Tanaman herbal untuk mengobatin batuk. Tanaman yg berkhasiat menyembuhkan batuk. Tanaman untuk melegakan pernafasan. Tanaman obat yang mengurangi batuk. Tumbuhan penyembuh batuk. Tanaman apa yang berfungsi untuk obat batuk dan melancarkan tenggorokan. Kandungan jeruk nipis untuk saluran napas.

Resep obat batuk hitam dari akar manis. Gambar akar manis. Tanaman yh berkhasiat untuk melegakan pernafasan. Tumbuhan yg dpt menyembuhkan batuk pileg. Macam obat batuk. Tumbuhan sebagai obat batuk.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
11 Dec 2013 09:48
ksuman34
Dimana saya bisa mendapatkan daun mint syukur bisa bibitnya
02 May 2013 21:04
lisa
bagus akan saya praktekan
 
admin
Semoga bermanfaat.