Previous
Next

Kesehatan

Penyebab Sakit Gigi dan Cara Pencegahannya

 

 
 
 
Banyak orang yang tidak peduli akan kesehatan gigi dan mulut. Padahal kesehatan gigi dan mulut seseorang sangat berpengaruh terhadap kesehatan organ tubuh yang lain. Himbauan untuk mengunjungi dokter gigi 6 bulan sekali juga dianggap sebagai angin lalu bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal kalau disadari atau tidak, jumlah masyarakat yang pernah mengalami sakit gigi juga tidak sedikit jumlahnya dan sebagian besar dari mereka hanya mengandalkan obat umum yang bisa dibeli bebas di apotek terdekat.
 
Berikut ini adalah 5 penyebab sakit gigi dan cara pencegahannya:
 
# GUSI BENGKAK
Gusi bengkak yang biasanya disebabkan oleh infeksi sebagai akibat dari berkumpulnya bakteri di sela-sela antara gigi dan gusi. Gusi bengkak ini selain bisa mengakibatkan gigi tanggal juga bisa mengakibatkan penyakit kronis lainnya seperti: Jantung, Diabetes Militus. dll
 
Cara mencegah supaya tidak terjadi gusi bengkak adalah dengan cara menggosok gigi dengan lembut dan perlahan supaya gusi tidak terluka sehingga makanan tidak masuk dan membuat gusi menjadi meradang dan bengkak
 
 
# PLAK GIGI
Plak gigi yang terbentuk dari air liur dan protein biasanya berupa lapisan tipis berwarna kuning yang melapisi permukaan gigi. Pada jangka panjang dan tanpa perawatan yang baik, plak bisa menyebabkan gigi berlubang dan peradangan gusi.
 
Cara mencegah supaya tidak terdapat plak gigi adalah dengan cara selalu menyikat gigi setelah selesai makan untuk menghindari sisa makan yang tertinggal di sela-sela gigi sehingga tidak memberi kesempatan pada bakteri untuk berkembang biak
 
 
# BAU MULUT TIDAK SEDAP
Bau mulut atau biasa disebut halitosis pasti sangat mengganggu aktivitas kita karena bisa meruntuhkan rasa percaya diri kita. Bau mulut tidak sedap sebagian besar disebabkan oleh sisa makanan yang membusuk di sela-sela gigi yang merupakan tempat favorit jutaan bakteri untuk berkembang biak. Hanya sedikit kasus bau mulut tidak sedap yang disebabkan oleh adanya penyakit pada rongga mulut.
 
Cara mencegah bau mulut tak sedap adalah dengan cara selalu menjaga kebersihan dan kesegaran mulut dengan cara menggosok gigi minimal 2x sehari serta jangan lupa untuk membersihkan lidah secara rutin.
 
 
# NODA YANG TERDAPAT PADA GIGI
Noda pada gigi disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang berwarna seperti kopi, teh, dll. Bila dibiarkan makan akan mengganggu penampilan serta tidak jarang membuat gigi menjadi rapuh.
 
Cara mengatasi noda pada gigi adalah dengan cara selalu berkumur setelah mengkonsumsi minuman yang berwarna
 
 
# EMAIL GIGI RAPUH
Email gigi yang rapuh disebabkan oleh kurangnya konsumsi mineral dan kalsium. Selain itu, email gigi rapuh juga bisa disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi minuman dan makanan yang sangat manis serta berasam tinggi.
 
Cara mengatasi email gigi yang rapuh bisa dengan cara menghindari makanan dan minuman yang mengandung asam tinggi atau terlalu manis. Selain itu biasakan untuk selalu menggosok gigi (minimal berkumur) setelah minum/makan sesuatu yang manis dan mengandung asam  

Video

Video cara membuat gigi menjadi putih

Dalam video ini akan diperlihatkan cara memutuhkan gigi secara alami

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Penyebab sakit gigi. Sakit gigi. Http://carapedia.com/penyebab_sakit_gigi_pencegahannya_info911.html. Penyebab sakit gigi dan cara mengatasinya. Sebabsakit gigi. Pencegahan sakit gigi. Penyebab dan mencegah sakit gigi.

Penyebab sakit gigi pada anak. Definisi penyakit gigi. Penyebab dan pencegahan sakit gigi. Akibat sakit gigi. Bengkak di sela sela gigi. Penyebab dan pencegah sakit gigi. Contoh kuesioner tentang kesehatan gingiva.

Gigi anak rapuh dan bengkak. Cara mencegah penyakit gigi dan mulut. Penyebab gigi sakit. Kesehatan gigi (penyebab gigi yg tergoyang. Apakah kopi bikin sakit gigi. Artikel pengertian sakit gigi.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
28 Nov 2013 13:41
bunga dwy Lestary
Maaf saya mau tanyak Sebelum tidur saya selalu membersih kan gigi dn saya juga terkadang cuci gigi ke dokter tetapi kenapa saya terkenak sakit gigi dan gigi saya juga berlubang apa ada akibat lain nya ya..