Previous
Next

Binatang

Cara Beternak Ikan Koi

 

 
 
 
 
 
Ikan koi tidak pernah sepi dari peminat. Ini terbukti dari jumlah penggemar ikan koi yang semakin bertambah dari hari ke hari. Hal inilah yang mendasari mengapa bisnis budidaya ikan koi masih merupakan bisnis yang memiliki prospek yang sangat bagus dewasa ini. Oleh karena itu, bila kita ingin turut meraup untung di bisnis ini, kita harus bisa menguasai cara beternak ikan koi yang benar karena selain  besarnya keuntungan yang menggiurkan, beternak ikan koi juga memiliki resiko yang bisa dibilang tidak kecil.
 
Berikut ini adalah cara cara beternak ikan koi:
 
1. MEMILIH IKAN KOI YANG BERKUALITAS
 
Hal - hal yang harus diperhatikan dalam memilih ikan koi adalah: bentuk badan (memiliki perbandingan tinggi dan panjang 1:2,5 atau 1:3, bentuk punggung yang lurus, bentuk badan yang bulat tetapi tidak terlalu gemuk), gaya berenang (tenang dan kadang berlenggak lenggok dengan seimbang. Sirip dada dan sirip perut harus seimbang), warna dan pola warna (harus cemerlang, kontras, dan memiliki batas yang jelas antarpola warnanya), dan kesehatan (jangan memilih ikan koi yang lesu, diam saja di dasar kolam/permukaan air, tidak begairah untuk berenang, dan tutup insangnya bergerak cepat)
 
2. SIAPKAN KOLAM YANG MEMADAI
 
Kolam untuk beternak ikan koi haruslah sebuah kolam yang bersih. Untuk bentuknya bisa berupa persegi panjang ataupun bulat. Yang terpenting adalah jangan lupa untuk memperhatikan kualitas air dimana suhu air harus berkisar antara 24 - 26 derajat celcius, pH yang agak basa antara 7,2 hingga 7,4 , kandungan karbon dioksida maksimal 10 pp, dan kandungan nitrit maksimal 0,2
 
3. PEMBERIAN PAKAN
 
Jenis dan kualitas pakan yang kita berikan pada ikan koi akan berpengaruh pada tampilan warna ikan koi kita. Pakan yang baik untuk ikan koi adalah pakan yang mengandung protein hewani dan nabati serta memiliki kandungan multivitamin. Kebutuhan makanan ikan koi adalah sekitar 3-5% dari jumlah bobot ikan. 
 
4. MENGENALI ANEKA PENYAKIT DAN CARA PENANGGULANGANNYA
 
Ikan koi bukan termasuk ikan yang tahan banting. Sehingga akan sangat rentan terkena berbagai macam jenis penyakit. Oleh karena itu, supaya kita bisa langsung mengambil tindakan bila terjadi sesuatu dengan ikan koi kita maka kita akan bisa langsung menanganinya sendiri
 
5. PANEN
 
Panjang ikan koi yang sudah bisa dipanen adalah sekitar 20cm. Jangan lupa untuk memisah - misahkan ukuran panjang tubuh ikan koi pada saat panen sehingga memudahkan kita untuk menghitung hasil beternak ikan koin kita
 

Video

Video cara budidaya ikan koi

Dalam video ini akan diperlihatkan cara - cara budidaya ikan koi

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Ikan koi. Cara ternak ikan koi. Cara budidaya ikan koi. Cara beternak ikan koi. Budidaya koi. Budidaya ikan koi. Ternak ikan koi.

Cara berternak ikan koi. Beternak ikan koi. Bisnis ikan koi. Cara ternak koi. Cara pembiakan ikan koi. Cara membudidayakan ikan koi. Cara budi daya ikan koi.

Ternak koi. Cara budidaya koi. Cara pemijahan ikan koi. Ikan koki. Cara budidaya ikan koki. Cara beternak koi.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.