Previous
Next

Kesehatan

Alat Reproduksi

 

 
 
 
 
Alat reproduksi wanita terdiri dari beberapa bagian yang masing - masing mempunyai fungsi khusus. Fungsi khusus tersebut meliputi: menghasilkan dan mematangkan sel telur untuk reproduksi, memproduksi hormon - hormon yang berpengaruh pada menstruasi dan menopause, mempersiapkan dan membantu tubuh seandainya terjadi kehamilan , sampai pada menyediakan makanan untuk janin selama masa kehamilan. Alat reproduksi wanita terletak di dalam panggulnya. 
 
Berikut ini adalah beberapa alat reproduksi wanita:
 
# OVARIUM
Ovarium terletak di antara rahim dan dinding panggul, dan digantung ke rahim oleh ligamentum ovarii proprium da ke dinding panggul oleh ligamentum infundibulo-pelvikum. Ovarium merupakan sumber hormonal wanita yang paling utama, sehingga mempunyai dampak kewanitaan dalam mengatur proses menstruasi. Indung telur mengeluarkan ovum setiap bulan silih berganti kanan dan kiri. Pada saat ovum dikeluarkan, maka wanita berada dalam masa subur. Pada saat menopause, semua ovum telur menghilang.
 
# SALURAN FALLOPI
Saluran fallopi berasal dari ujung ligamentum latum, berjalan ke arah lateral dengan panjang sekitar 12cm. Saluran fallopi bukan merupakan saluran lurus tetapi mempunyai bagian yang lebar sehingga membedakannya menjadi menjadi 4 bagian. Pada ujung saluran fallopi ini berbentuk rumbai - rumbai sehingga bisa menangkap ovum saat terjadi pelepasan telur atau ovulasi. Saluran telur ini merupakan saluran hasil konsepsi (hasil pembuahan) yang menuju rahim. saluran fallopi merupakan bagian yang paling sensitif terhadap infeksi dan menjadi penyebab utama terjadinya kemandulan. Sedangkan fungsi dari saluran fallopi ini adalah menjadi saluran spermatozoa dan ovum, menangkap ovum, tempat terjadinya pembuahan, serta menjadi saluran dan tempat pertumbuhan sebelum mampu menanamkan diri pada lapisan dalam rahim. 
 
# RAHIM
Bentuk rahim seperti buah pir dengan berat sekitar 30 gr. Rahim terletak pada panggul kecil diantara rektum (bagian usus sebelum dubur), dan di depannya terletak kandung kemih. Bagian bawahnya disangga oleh ligamen yang kuat sehingga bebas berkembang saat terjadi kehamilan. Ruangan rahim berbentuk segitiga, dengan bagian besarnya terletak diatas. Dari bagian atas rahim (fundus) terdapat ligamen menuju lipatan paha sehingga membuat kedudukan rahim menjadi mengarah ke depan. Rahim juga merupakan jalan lahir yang penting dan mempunyai kemampuan untuk mendorong janin lahir. Segera setelah proses persalinan, oto rahim dapat menutup pembuluh darah untuk menghindari perdarahan. Setelah 42 hari dari proses persalinan, rahim dapat mengecil seperti semula.
 
# SERVIKS
Serviks adalah organ yang menghubungkan rahim dengan vagina. Seviks biasa disebut dengan leher rahim. Panjang serviks diperkirakan sekitar 2 inci. Seviks terletak di bagian bawah rahim yang menonjol ke dalam bagian vagina. Serviks berfungsi untuk memungkinkan aliran darah emnstruasi dari rahim ke dalam vagina, tempat jalan keluarnya bayi saat dilahirkan, dan mengarahkan sperma ke dalam rahim saat berhubungan seksual. Pada saat wanita belum melahirkan, pembukaan leher rahim biasanya sangat sempit. namun, saat tiba waktunya melahirkan dibawah pengaruh hormon tubuh dan tekanan dari kepala janin, pembukaan ini melebae sekitar 10cm sehingga emmungkinkan bayi lahir secara normal.
 
# VAGINA
Vagina merupakan saluran muskulo membranase yang menhubungkan rahim dengan dunia luar. Bagian otot vagina berasal dari otot levator ani dan otot sfingter ani (otot dubur) sehingga dapat dikendalikan dan dilatih. Sebagian dari rahim yang menonjol pada vagina disebut "porsio" atau leher rahim. Vagina sebagai saluran senggama berfungsi sebagai jalan lahir bagian lunak, sebagai sarana hubungan seksual, saluran untuk mengalirkan lendir dan darah emnstruasi. lendir vagina banyak mengandung glikogen yang dapat dipecah oleh bakteria sehingga keasaman cairan vagina sekitar 4,5 yang berarti cairan vagina bersifat asam. 
 
# VULVA
Vulva adalag organ seks eksternal yang tersusun atas labia majora dan labio minora serta klitoris. Vulva mengelilingi bukaan ke vagina dan bukaan yang terpisah menuju uretra
 

Video

Video sistem reproduksi wanita

dalam video ini akan diperlihatkan sistem reproduksi pada wanita

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Pengertian porsio. Portio adalah. Pengertian portio. Porsio. Fungsi vulva. Letak porsio. Fungsi porsio.

Gambar porsio. Apa itu porsio. Tempat terjadinya konsepsi. Porsio adalah. Perbedaan porsio dan serviks. Apa porsio ity. Vagina portio adalah.

Gambar vagina sampai ke rahim. Arti portio ipis. Definisi porsio. Gambar portio. Www.gambar bentuk rahim.com. Bentuk porsio.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.