Previous
Next

Pertanian

Tips Membuat Pupuk Tanaman yang Hemat Biaya

 

Daripada harus banyak mengeluarkan duit untuk membeli pupuk tanaman, Anda bisa lho membuat pupuk sendiri dengan bahan yang sederhana. Bahan-bahan tersebut adalah yang biasa Anda gunakan di rumah sehingga selalu tersedia dan murah.

1. Pupuk Garam Epsom

Pupuk ini digunakan untuk tanaman mawar, sayuran dan tumbuhan pangan di kebun. Anda cukup menyiapkan 1 sendok Garam Epsom, 1 air galon dan penyiram air. Campurkan garam Epsom dengan air dan cairan disiramkan pada tanaman sekali setiap bulan.

Garam Epsom memiliki kandungan magnesium dan sulfat. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk tanaman terutama tanaman rumahan seperti tomat, cabai, kentang dan mawar.

2. Pupuk Kopi

Pupuk ini berguna untuk menyuburkan tanaman mawar. Bahan yang diperlukan adalah bubuk kopi, koran bekas dan kertas roti. Susun kertas roti di atas kertas koran. Sebarkan bubuk kopi di atas kertas roti dan biarkan sampai benar-benar kering tanpa kandungan air lagi.

Bubuk kopi yang sudah kering ditaburkan di tanah di area tanaman. Bubuk kopi ini mengandung asam yang disukai tanaman seperti azalea, rhododendrons, mawar, buah berry dan masih banyak lagi. Ingat, jangan terlalu banyak memberi pupuk ini agar tanaman tidak kebanyakan asam.

Pupuk bubuk kopi ini memiliki nutrisi nitrogen, potassium, magnesium yang penting untuk tanaman. Asam pada bubuk kopi membantu menjaga kadar keasaman tanah.

3. Pupuk bubuk cangkang telur

Digunakan untuk tanaman jeruk dan lemon. Setelah memasak telur sebaiknya jangan buang cangkangnya. Anda bisa menyimpan cangkang sampai kering, kemudian blender cangkang (menghancurkan) sampai menjadi tepung. Taburkan bubuk cangkang di area taman Anda.

Cangkang telur terbuat dari zat kasium karbonat yang sangat dibutuhkan pada tanaman atau perkebunan lemon.

4. Pupuk Cuka

Berguna untuk pupuk tanaman pangan rumah dan bunga mawar. Siapkan 1 sendok makan cairan suka, 1 galon air dan alat penyiram air. Campurkan cuka dengan air dan  siramkan ke tanaman setiap tiga bulan sekali.

Asam asetat yang terkandung di dalam cuka membantu meningkatkan kadar keasaman tanam dan hanya bermanfaat untuk tanaman yang menyukai asam.

5. Pupuk bekas air akuarium

Saat menguras akuarium, jangan langsung buang air bekas di dalam akuarium. Anda bisa menyiramkannya pada tanaman di rumah. Air akuarium kaya nitrogen dan zat lain yang penting untuk tanaman dan membantu menghasilkan hasil buah dan bunga yang baik.

6. Pupuk abu kayu bakar

Pupuk ini bisa digunakan untuk pupuk taman dan tanaman lemon. Abu kayu bakar ditaburkan di atas taman agar menyerap ke dalam tanah. Abu kayu bakar bermanfaat untuk tanaman yang menyukai asam, namun tidak sebaiknya digunakan pada tanah yang ber-alkalin tinggi.

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Manfaat abu kayu bakar untuk tanaman. Abu kayu untuk pupuk. Http://carapedia.com/tips_pupuk_tanaman_hemat_biaya_info4902.html. Kandungan abu kayu bakar. Https://carapedia.com/tips_pupuk_tanaman_hemat_biaya_info4902.html. Abu dapur untuk tanaman cabe. Manfaat abu kayu bakar.

Manfaat abu bakar untuk tanaman. Manfaat abu kayu untuk tanaman. Manfaat abu dapur bagi tanaman. Abu kayu untuk tanaman. Manfaat abu dapur. Cara membuat pupuk dari abu kayu. Manfaat abu untuk pertanian.

Manfaat abu untuk tanaman. Manfaat abu dapur untuk tanaman cabai. Manfaat abu bagi tanaman. Kandungan abu bakar. Manfaat abu dapur untuk tanaman. Kandungan abu kayu.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.