Previous
Next
  • Home
  • »
  • Umum
  • » Bunga Bunga ini Berperan Mengusir Nyamuk

Umum

Bunga Bunga ini Berperan Mengusir Nyamuk

Satu gigitan kecil seekor nyamuk bisa membawa petaka bagi si korban gigitan. Untuk mengusir nyamuk di rumah, sering kali orang menggunakan obat nyamuk jenis semprot dan bakar. Baunya yang khas bisa membuat pernapasan sesak, dan beresiko kebakaran.

Mengusir nyamuk bisa dilakukan secara alami seperti yang dilakukan nenek moyang dulu. Mereka menggunakan bunga-bungaan berbau khas yang membuat nyamuk tidak berani mendekat. Jika sekarang banyak dijual lotion dengan aroma bunga, namun tidak juga termasuk obat yang aman jika tertelan.

Nah, saatnya Anda kembali pada yang alami. Anda bisa menanam bunga tersebut dirumah sebagai tanaman hias, atau digantung disekitar ruangan. Apa saja bunga-bunga pengusir nyamuk tersebut? Mari simak berikut ini.

Bunga Lavender

Lavender sangat terkenal aromanya mampu mengusir nyamuk. Letakkan beberapa tangkai bunga lavender di setiap ruangan Anda. Namun Anda perlu hati-hati sebab lavender sangat disukai binatang semut. Jadi tatalah bunga lavender jauh dari jangkauan semut.

Kemangi

Kemangi tidak hanya sebagai sayuran lalapan atau aromatherapy untuk jerawat dan rasa mual. Aroma kemangi juga dimanfaatkan untuk menjauhkan nyamuk dari area rumah kita. Jadi, sangat tepat jika Anda menanam tanaman kemangi di pekarangan Anda.

Cengkeh

Aroma cengkeh memiliki perpaduan manis dan pahit. Jika dikumpulkan dalam jumlah banyak kemudian dihirup akan tercium bau tajam dan sepat. Aromanya juga melekat tahan lama dan cocok sebagai pengusir nyamuk di rumah Anda. Untuk cara praktisnya, ambil beberapa buah cengkeh kering bungkus dengan kais kasa atau katun lalu gantung di setiap ruangan Anda.

Bunga Lantana

Di beberapa daerah bunga ini dikenal dengan bunga tahi ayam. Aroma wanginya tidak begitu kuat namun cukup ampuh mengusir nyamuk. Anda cukup menjemur tanaman bunga lantana di bawah sinar matahari agar khasiatnya terasa. Perawatan tanaman bunga ini juga mudah dan tahan terhadap cuaca panas.

Sereh

Aroma tanaman ini mirip buah lemon yang menyegarkan. Biasanya sereh ini dijadihan bumbu rempah dan minuman herbal. Tanaman ini tumbuh berumpun dan rimbun namun bisa mengusir nyamuk. Jika dicabut akarnya dari tanah kemudian dikupas warnanya menjadi semakin menarik. Biasanya di Bali, ada masakan sate pentul yang menggunakan sereh agar aroma sate menggiurkan.

Daun mint

Aromanya segar dan pedas sebagai bahan parfum, makanan dan aromatherapy fresh. Anda bisa menanamnya di sebuah pot dan diletakkan di dalam ruangan ketika malam untuk mengusir serbuan nyamuk. Pindahkan pot saat siang untuk memberi kesempatan tanaman ini berfotosintesis.

Rosemarry

Tanaman ini biasanya sebagai tanaman hias, bahan teh herbal, bumbu dapur dan bahan kosmemtik. Mengandung anti bacterial dan bisa ditanam dalam pot di dalam rumah akan menghalau nyamuk masuk ke dalam rumah.

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara mengusir nyamuk dengan cengkeh. Bunga lavender. Menghilangkan semut dlm pasu bunga. Cara merangkai bunga palsu dalam pot. Cara membuat bertahan mengusir nyamuk dengan cengkeh dengan cengkeh. Bunga gantung pengusir nyamuk. Cara melipat kertas origami supaya bisa jadi bunga dlm pot.

Cara menghalau semut dalam pasu. Pot bunga utk vertikal. Hiasan bunga gantung dr kertas. Lantana tanah nyamuk.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.