Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Tips Belajar Efektif Saat Menjelang Ujian

 

Ketika ujian sekolah maupun semesteran di kampus semakin dekat, anda pasti sering merasa gugup dan gelisah sehingga semua yang sudah anda pelajari terasa susah masuk di dalam otak. Syndrome ini biasanya akan semakin meningkat ketika hari ujian semakin dekat dan materi yang harus anda pelajari masih banyak yang terlewatkan. Hal ini terjadi, mungkin karena anda kurang mempersiapkan diri saat menghadapi ujian. Untuk menghindari terulangnya masalah seperti ini, ada baiknya anda mengetahui tips belajar yang efektif untuk menghadapi ujian.

 

  • Pilih waktu belajar yang tepat

Yang pertama harus anda lakukan sebelum menghadapi ujian adalah menyiapkan diri jauh-jauh hari untuk belajar. Nah, waktu yang tepat untuk belajar bagi setiap orangpun berbeda-beda. Beberapa orang akan berkonsentrasi penuh untuk belajar di pagi hari. Namun tidak sedikit orang yang lebih berkonsentrasi memahami materi saat malam hari. Baik malam ataupun pagi, sebaiknya gunakan saat itu untuk mengolah materi-materi baru dan mengulang pelajaran yang sudah diberikan.

  • Bangun suasana belajar yang nyaman

Saat akan mulai belajar, banyak hal yang bisa membantu anda untuk membuat suasana belajar anda lebih nyaman. Misalnya, anda dapat memilih playlist lagu-lagu yang sesuai dengan mood anda. Atau anda juga dapat menyesuaikan tempat belajar anda, bila bosan di kamar anda dapat berpindah ke teras atau perpustakaan. Kuncinya, jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu orang lain.

  • Kembangkan materi yang sudah dipelajari

Jika anda sudah mengulang materi yang diberikan dan menjawab semua soal latihan, sebaiknya anda jangan langsung menutup buku pelajaran anda. Cobalah berfikir lebih kritis dengan membuat beberapa pertanyaan yang belum anda temukan di dalam buku. Bila anda belum menemukan jawaban atas pertanyaan yang anda buat, anda bisa bertanya kepada guru atau , mencari referensi pada buku dan internet. Cara ini akan mengajak anda selalu berfikir lebih kritis.

  • Mencatat pokok-pokok pelajaran

Siapkan sebuah kertas kosong saat anda mulai belajar. Tulis kesimpulan dan intisari dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti akan berguna saat kita mengerjakan ujian.

  • Membaca adalah kunci

Jauh-jauh hari sebelum ujian, biasakanlah membaca materi yang akan diujikan dua kali dalam sehari, yaitu sebelum dan sesudah diterangkan oleh pengajar.

  • Memahami bukan hanya menghapal

Jangan hanya menghapalkan materi yang akan di ujikan, tetapi ada baiknya bila anda belajar memahami maksud dari materi yang diberikan itu. Jadi usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran sebelum menghapalkan.

  • Sediakan waktu untuk berisitirahat

Jangan lupa untuk beristirahat, walaupun kita harus belajar berbab-bab. Kalau anda merasa sudah lelah, ada baiknya anda berhenti untuk tidur, makan atau menonton TV, setelah 30 menit anda dapat melanjutkan belajar kembali.

Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur, tak perlu detail, berarti kita sudah paham.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Animasi belajar. Animasi gif orang belajar. Gambar kartun belajar. Gambar animasi belajar. Gambar soal .gif. Animasi belajar png. Cara belajar efektif menjelang uts.

Gambar animasi anak belajar. Animasi kartun pembelajaran. Gambar yang sedang belajar gif. Gambar kartun sedang membaca. Animasi anak belajar malam hari. Apakah sesudah belajar lalu menonton televisi dapat menyebabkan lupa terhadap yang sudah dipelajari. Animasi belajar membaca.

Gambar animasi aktivitas. Kartun sedang olahraga. Tips.belajar efektif menjelang uas. Gambar gambar tentang velajar. Animasi masuk sekolah. Gambar animasi sedang belajar.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.