Previous
Next

Resep Masakan

Cara Membuat Tahu

Tahu tergolong makanan kuno. Berdasarkan pustaka kuno dari Cina dan jepang, pembuatan tahu dan susu kedelai pertama kali diperkenalkan oleh LIU AN pada tahun 164 SM. Di Jepang, nama tahu lazim disebut TOHU. Sedangkan di negara-negara yang berbahsa Inggris, tahu juga disebut sebagai SOYBEAN CURD dan TOFU

Seperti tempe, tahu juga dikenal sebagai makanan rakyat karena harganya yang murah dan dapat dijangkau oleh masyarakat bawah sekalipun.

Walaupun kita bisa dengan mudah menemukan tahu di pasaran namun tidak ada salahnya bila kita mencoba membuat tahu sendiri di rumah. Berikut ini akan dijelaskan cara membuat tahu :

 



CARA MEMBUAT TAHU


Bahan:
1 ltr Susu kedelai murni buatan sendiri


Cara Membuat:

 

  1. Rebus susu kedelai dalam panci sampai mendidih dan biarkan selama 3-5 menit
  2. Tambahkan zat tambahan untuk pengawet dan pengenyal, aduk sampai rata (langkah ini bisa di skip kalau kita membuat tahu untuk konsumsi pribadi)
  3. saring rebusan susu kedelai tadi dengan menggunakan kain saringan yang tipis sampai airnya habis dan yang tertinggal hanya ampasnya saja.
  4. Taruh di dalam cetakan, kemudian taruh pemberat yang berfungsi untuk menekan ampas supaya kandungan airnya benar-benar habis.
  5. keluarkan tahu dari cetakan, potong sesuai selera, dan siap dikonsumsi

Video

Video Cara Membuat Tahu

Video ini menunjukkan cara membuat tahu secara manual untuk skala konsumsi rumah tangga

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara membuat tahu. Pembuatan tahu. Cara pembuatan tahu. Resep membuat tahu. Membuat tahu. Cara buat tahu. Cara membuat tahu susu.

Cara bikin tahu. Makalah pembuatan tahu. Pengertian tahu. Resep tahu susu. Cara pembuatan tahu susu. Gambar tahu. Cara membuat tahu jepang.

Bikin tahu. Pembuatan tahu susu. Bahan dan cara membuat tahu. Bahan membuat tahu. Makalah proses pembuatan tahu. Buat tahu.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.