Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Rumah Adat Sumatera Utara Bolon Batak Toba

Daerah

Rumah Adat Sumatera Utara Bolon Batak Toba

Rumah adat di Suamatera Utara cukup banyak, tergantung dari suku mana. Perbedaan rumah adat Batak Toba, Karo, Simalungun dan Nias yang terdapat di Sumatra Utara terletak pada bentuk arsitektur dan ragam hiasnya. Sepasang Gajah Dompak yang terletak di depan rumah Bolon Batak Toba berfungsi sebagai penolak bala. Adapun setumpuk batu setinggi pagar di depan rumah adat Nias sesekali digunakan sebagai sarana olahraga tradisional "Lombat Batu".


Rumah adat Karo memunyai ciri-ciri serta bentuk yang khusus. Rumah ini sangat besar dan didalammya terdapat ruangan yang luas , tidak mempunyai kamar-kamar. Namun mempunyai bagian-bagian yang ditempati oleh keluarga batih atau jabu tertentu. Rumah adat berdiri di atas tiang-tiang besar serupa rumah panggung yang tingginya kira-kira dua merter lebih dari tanah. Lantai dan dinding dari papan yang tebal dan letak dinding rumah agak miring keluar, mempunyai dua buah pintu menghadap ke sebelah barat satu lagi ke sebelah Timur.


Tangga masuk ke rumah juga ada dua sesuai dengan letak pintu dan terbuat dari bambu bulat. Menurut kepercayaan mereka, jumlah anak tangga harus ganjil. Di depan masing-masing pintu terdapat serambi, dibuat dari bambu-bambu bulat, besar dan kuat disebut Ture. Ture ini digunakan untuk anak gadis bertenun. Sedang pada malam hari Ture atau seambi ini berfungsi sebagai tempat naki-naki atau tempat perkenalan para pemuda dan pemudi untuk memadu kasih.


Sesuai dengan atapnya, rumah adat karo terdiri dari dua macam, yaitu rumah adat biasa dan rumah anjung-anjung. Pada rumah adat biasa mempunyai dua ayo-ayo dan dua tanduk kepala kerbau. Sedangkan pada rumah anjung-anjung terdapat paling sedikit ayo-ayo dan tanduk kepala kerbau.


Teknologi tradisional lainnya yang masih ada adalah Sapo Page yang artinya lumbung padi. Bentuk Sapo Page adalah seperti rumah adat. Letaknya di halaman depan rumah adat. Tiap-ttiap Sapo Page milik dari beberapa jambu atas rumah adat. Sama dengan Geriten, Sapo Page terdiri dari dua tingkat dan berdiri di atas tiang . Lantai bawah tidak berdinding. Ruang ini digunakan untuk tempat duduk-duduk, beristerahat dan sebagai ruang tamu. Lantai bagian atas mempunyai dinding untuk menyimpan padi.

 





Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Sumatera Utara

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Ciri khas rumah adat balai batak toba. Rumah adat sumatera utara dan keterangannya. Ciri ciri rumah adat balai batak toba. Ciri khas rumah adat sumatera utara. Ciri khas rumah adat sumatra utara. Ciri khas rumah adat balai batak toba di sumatera utara. Rumah adat sumatera utara dan penjelasannya.

Ciri khas rumah adat balai batak toba di sumatra utara. Rumah adat batak toba dan keterangannya. Rumah adat sumatera utara. Ciri rumah sumatra utara. Ciri rumah adat sumatra utara. Ciri khas balai batak toba d sumatra utara. Rumah balai batak toba.

Penjelasan rumah adat sumatera utara. Asal usul rumah bolon. Ciri rumah adat balai batak toba. Keterangan rumah adat sumatera utara. Rumah adat sumatra utara. Rumah adat sumatra utara disebut.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.