Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Pola Hidup & Golongan Masyarakat Aceh

Daerah

Pola Hidup & Golongan Masyarakat Aceh

Bentuk kesatuan hidup setempat yang terkecil disebut gampong (kampung atau desa) yang dikepalai oleh seorang geucik atau kecik. Dalam setiap gampong ada sebuah meunasah (madrasah) yang dipimpin seorang imeum meunasah. Kumpulan dari beberapa gampong disebut mukim yang dipimpin oleh seorang uleebalang, yaitu para panglima yang berjasa kepada sultan.
Kehidupan sosial dan keagamaan di setiap gampong dipimpin oleh pemuka-pemuka adat dan agama, seperti imeum meunasah, teungku khatib, tengku bile, dan tuha peut (penasehat adat).

Golongan Masyarakat Aceh
Pada masa lalu masyarakat Aceh mengenal beberapa lapisan sosial. Di antaranya ada empat golongan masyarakat, yaitu golongan keluarga sultan, golongan uleebalang, golongan ulama, dan golongan rakyat biasa. Golongan keluarga sultan merupakan keturunan bekas sultan-sultan yang pernah berkuasa. Panggilan yang lazim untuk keturunan sultan ini adalah ampon untuk laki-laki, dan cut untuk perempuan. Golongan uleebalang adalah orang-orang keturunan bawahan para sultan yang menguasai daerah-daerah kecil di bawah kerajaan. Biasanya mereka bergelar Teuku. Sedangkan para ulama atau pemuka agama lazim disebut Teungku atau Tengku.

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

4 golongan ulama di aceh. Golongan ulama aceh disebut. Kehidupan orang aceh. Bentuk desa masyarakat aceh. Contoh masyarakat aceh. Pola kehidupan sosial masyarakat aceh. Kehidupan di aceh.

Kehidupan masayrakat di aceh. Cara hidup di aceh. Maksud golongan teungku di kerajbn aceh. Pengertian golongan teuku. Golingqn teujy. Artikel kehidupan sosial masyarakat aceh. Golongan ulama di aceh.

Masyarakat aceh.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.