Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Permainan Anak Bekelan, Khas Daerah Jawa Tengah

Daerah

Permainan Anak Bekelan, Khas Daerah Jawa Tengah

Permainan bekelan adalah permainan dengan alat yang terbuat dari bahan karet berukuran sebesar bola pingpong. Anak bola bisa berupa kulit lokan atau logam yang sudah dibentuk dengan ukuran tertentu. Anak bola biasanya berjumlah genap, yaitu 4, 6, atau 8.


Permainan bekelan biasanya digemari oleh anak perempuan. Cara memainkannya adalah, pertama anak bola digenggam menjadi satu, kemudian bola dilempar dulu setinggi 30 cm. Setelah bola turun dan memantul, anak bola dilepas dalam posisi acak. Anak bola kemudian diambil satu per satu, dua-dua, tiga-tiga, dan seterusnya sampai habis.


Setelah itu, anak bola diubah posisinya menghadap ke atas (mlumah/mah). Berikutnya, abak bole diubah dalam posisi tengkurap (mengkurep/rep). Posisi ini terus diulang-ulang sampai “mati”.

Pemain dinyatakan “mati” atau berhenti jika saat pengambilan, anak bola menyerempet atau menyenggol anak bola lain. Setiap pemain harus ingat sampai di mana permainan itu mati, karena akan dilanjutkan ketika giliran mereka tiba kembali.



Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Jawa Tengah

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Bekelan. Bermain bekelan. Permainan bekelan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
17 Aug 2013 22:00
Vathania Risya Raisatul Ula
bagus kalimatnya karena juga bisa untuk belajar
 
admin
Terima kasih semoga bermanfaat.