Previous
Next

Kesehatan

6 Penyakit Ringan yang Menjengkelkan

 

beberapa penyakit ringan seperti cegunak, kulit kering atau lecet-lecet mungkin tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik anda, namun tetap saja ketika gangguan ini muncul anda akan merasa tidak nyaman, terganggu atau bahkan mempermalukan penampilan anda.

Mungkin diantara anda banyak yang tidak menghiruakan dan menganggap remeh gangguan-gangguan kesehatan ini atau malah hanya menunggu penyakit ringan ini hilang dengan sendirinya. Tapi tidak sedikit pula yang akan berusaha keras untuk menyembuhkan penyakit ini dengan berbagai obat, salep atau bahkan ramuan herbal.

Apa saja sih jenis-jenis gangguan kesehatan umum yang sering membuat orang merasa terganggu ini?

 

  1. Air masuk ke telinga

Saat anda mandi atau berenang, sering tanpa sengaja ada air yang masuk ke dalam saluran telingan dan menganggu pendengaran anda. Jika gangguan ini menimpa, menurut Dokter Rachel C. Freeman, asisten Profesor Pediatric di Universitas Indiana di Indianapolis, Anda cukup memiringkan kepala dengan arah tertentu yang bertujuan agar air di telinga dengan sendirinya keluar.
Selain itu, Anda bisa memanfaatkan pengering rambut untuk mengeringkan air dari telinga. Namun, pastikan agar jarak pengering rambut tidak terlalu dekat dengan telinga. Pun, saat pengaturan tombol pengering rambut usahakan selembut mungkin. Karena bila angin dari pengering rambut ini terlalu panas dan terlalu kencang, mala dapat membakar terlinga dan merusak pendengaran. Jika telinga Anda terluka, berwarna merah, dan mengeluarkan cairan berarti telinga mengalami infeksi. Kondisi inil mewajibkan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

  1. Cegukan

Cegukan terjadi ketika diafragma pernafasan Anda tiba-tiba menjadi tidak beraturan tanpa sengaja, pita suara akan tertutup dan setiap tarikan napas menimbulkan suara “hik” yang familiar. Cara klasik untuk mengobati cegukan adalah minum segelas air atau mencoba menahan nafas sesaat. “Cara-cara ini dapat membantu alur pernafasan menjadi lebih rileks dan menghentikan cegukan,” kata Freeman, salah yang juga seorang penulid buku Don’t Cross Your Eyes—They'll Get Stuck that Way!.
Apabila trik ini tidak membantu, biarkan cegukan Anda berlangsung lebih lama karena mereka akan terhenti dengan sendirinya. Tetapi, segeralah minta bantuan dokter jika cegukan berlangsung lebih dari tiga jam bahkan membuat Anda kesulitan bernafas.

  1. Mulut kering

Gangguan mulut kering terjadi karena produksi air liur dalam mulut anda menurun, salah satunya karena faktor kurang minum. Mulut yang kering juga terjadi karena efek samping obat-obatan, seperti obat antidepresan sampai antihistamin. Apabila mulut kering sangat mengganggu aktivitas, perbanyaklah minum. Atau, anda bisa mengunyah permen karet dengan kadar gula rendah. Sebaiknya kurangi kafein dan berhentilah merokok. Anda juga dapat mengatasi masalah gangguan kesehatan ini dengan produk perawatan mulut seperti pelembab, spray, dan gel.
“Jika tak satupun usaha Anda membuahkan hasil, maka pergilah ke dokter. Karena bisa jadi ada penyakit lain seperti infeksi pernafasan, sinusitis, atau diabetes,” kara Roshini Raj, MD, editor di Health Magazine.

  1. Melepuh

Gangguan satu ini bisa terjadi, misalnya pada lapisan kulit kaki Anda. Melipuh bisa terjadi* karena gesekan sepatu dengan kaki yang menimbulkan gelembung berisi cairan di bawah lapisan kulit. Luka bakar dan luka pada kulit bisa juga menyebabkan kulit melepuh. Menurut Freeman, cara paling benar untuk mengatasi kulit melepuh adalah membiarkannya.
“Melepuh bisa terjadi pada kita dengan mudah, dan jangan pernah memencet mereka kecuali bentuknya sangatlah besar. Bila terpaksa dipencet, pastikan agar tangan Anda bersih atau gunakan jarum yang steril untuk mengeluarkan cairannya,” katanya.
Anda harus ke dokter jika daerah sekitar kulit yang melepuh berwarna merah atau mulai mengeluarkan cairan berbau, ini sudah pasti indikasi kulit mengalami infeksi.

  1. Leher kaku

Memposisikan kepala dalam posisi tidak tepat selama jangka waktu tertentu, seperti menggunakan telepon atau laptop dapat membuat otot-otot leher Anda menjadi tegang, kemudian terasa sakit dan kaku. Agar leher tidak kaku, maka pastikan postur tubuh Anda tepat di setiap kegiatan Anda. Jika sedang bekerja di kantor, pastikanlah kursi, meja, papan ketik, dan monitor membuat kerja Anda terasa nyaman. Aturan yang sama juga berlaku di rumah.
“Cara terbaik untuk menggunakan laptop adalah dengan meletakkannya di meja, bukan di atas pangkuan juga bukan dengan layar dan papan ketik lebih rendah dari jangkauan mata Anda,” kata Raj.
Apabila leher kaku tidak bisa digerakkan dalam jangka waktu maksimal seminggu, padahal Anda sudah mencoba mengurangi rasa sakit dengan penghilang rasa sakit, bantal pemanas, pijatan dan sebagainya, maka tindakan terakhir adalah berkonsultasi ke dokter.

  1. Bibir pecah-pecah

Bibir terkadang terpecah-pecah karena pengaruh udara terlalu panas atau dingin, juga bisa karena terpapar matahari terlalu lama. Kulit pada bibir cenderung lebih tipis ketimbang kulit lain di wajah. Selain itu, kulit pada bibir tidak mengandung kelenjar minyak sehingga akan kering lebih cepat. Kondisi kering pada bibir ini rentan menyebabkan bibir pecah-pecah disertai rasa nyeri.
Untuk mengatasi bibir pecah-pecah, sebaiknya jangan membasahi bibir dengan ludah karena justru membuat makin buruk. Lebih baik Anda menggunakan pelembab bibir karena akan melindungi kulit halus pada bibir Anda dan membantu menyembuhkan kekeringan.
Dermatologis merekomendasikan penggunaan pelembab bibir dengan perlindungan ekstra dari matahari. Jauhi pelembab yang mengandung bahan kayu putih dan kapur barus karena akan memperburuk bibir.
Jika pelembab tidak bekerja maksimal untuk Anda, maka pergi berkonsultasilah dengan dokter. Kemungkinan bibir pecah-pecah ini adalah pertanda tubuh kekurangan vitamin.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Macam macam penyakit ringan. Contoh penyakit ringan. Penyakit ringan. Jenis jenis penyakit ringan. Nama nama penyakit ringan. Nama penyakit ringan. Jenis penyakit ringan.

Macam penyakit ringan. Daftar penyakit ringan. Macam penyakit ringan terbaru. Jenis penyakit kulit ringan. Penyakit kulit ringan. Macam macam penyakit kulit ringan. Daftar nama 10 penyakit ringan.

Penyakit ringan yang jarang terjadi. Daftar nama penyakit ringan. Pengertian sakit ringan. Nama nama penyakit yang sering terjadi. 10 macam penyakit ringan. Nama nama penyakit di telinga.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.