Previous
Next
  • Home
  • »
  • Kecantikan
  • » Bedanya Riasan Tahan Air, Anti Air, dan Tahan Keringatódan Kapan Menggunakannya

Kecantikan

Bedanya Riasan Tahan Air, Anti Air, dan Tahan Keringatódan Kapan Menggunakannya

 

Baik itu hujan deras, isak tangis setelah lamaran pertunangan pasangan Anda, menyelam jauh di laut, atau apa pun yang melibatkan banyak air, Anda ingin tahu riasan Anda akan tetap setia—dan dengan setia, maksud kami di wajah Anda. Jika Anda pernah menyusuri lorong rias di toko obat setempat, Anda mungkin pernah melihat beberapa istilah berbeda untuk riasan anti luntur, seperti tahan air, tahan air, tahan keringat, dan banyak lagi.

Untuk mengetahui mana yang benar-benar akan melindungi Anda dari unsur-unsur, kami meminta para ahli untuk klarifikasi tentang apa artinya dan bagaimana mereka berbeda satu sama lain.

Perbedaan antara riasan tahan air dan tahan air

Tidak seperti riasan tahan air, yang dimaksudkan untuk menahan air dan tidak pecah atau bergerak, riasan tahan air dapat menahan penetrasi air hingga titik tertentu, tetapi pada akhirnya akan rusak. "Saat memakai riasan tahan air, wajah Anda bisa dihantam ombak laut tanpa khawatir riasan Anda bergerak," jelas Natalia Thomas, seorang penata rias selebriti yang tinggal di New York City. "Jika Anda duduk di tepi kolam renang dan mungkin terkena percikan atau dua, tetapi tidak berencana untuk berenang, riasan tahan air akan baik-baik saja."

Meskipun tahan air dan tahan air adalah istilah yang digunakan secara bergantian dengan riasan, istilah tahan air mulai lebih sering digunakan sekitar 10 tahun yang lalu, ketika FDA mengatakan tahan air dan tahan keringat tidak lagi dapat digunakan untuk tabir surya.

"Mereka mengira istilah itu menyiratkan suatu hal yang mutlak, bahwa suatu produk tidak akan pernah bisa hilang, dan mungkin membuat konsumen cenderung tidak akan mengajukan permohonan kembali sesering yang seharusnya, jadi mereka datang dengan produk yang tahan air," jelas Kelly Dobos, ahli kimia kosmetik berbasis. di Cincinnati, Ohio.

Ketika sampai pada ilmu sebenarnya tentang riasan tahan air vs. riasan tahan air, Dobos menjelaskan bahwa ada dua pendekatan utama. "Pertama, penggunaan polimer untuk membuat film yang sangat tahan air dan jenis polimer dapat sangat bervariasi tergantung pada aplikasinya, karena kita mungkin jauh lebih memaafkan polimer dengan film yang kurang fleksibel dalam maskara dibandingkan dengan sesuatu yang mungkin kita gunakan di sebuah yayasan,” katanya.

Pendekatan lain adalah penggunaan pigmen yang diolah permukaan khusus. "Partikel pigmen dilapisi dengan bahan-bahan yang membuatnya hidrofobik (menolak air) dan juga membantu mereka melekat lebih baik pada kulit, membuatnya lebih tahan terhadap gesekan mekanis sehingga tidak mudah terkelupas pada pakaian," kata Dobos. "Trimethylsiloxysilicate adalah salah satu perawatan permukaan yang paling efektif untuk ketahanan air dan minyak."

Jadi apa sebenarnya riasan tahan keringat itu?

Tahan keringat dan tahan air dapat didekati dengan teknik formulasi serupa karena keringat mengandung sekitar 99 persen air, menurut Dobos. "Metode pengujian dapat bervariasi, seperti merendam kulit dalam pusaran air untuk ketahanan air atau menggunakan sauna untuk klaim tahan keringat," katanya.

“Resistensi sebum adalah aspek lain dari formulasi, terutama untuk alas bedak atau riasan wajah lainnya, karena 'terobosan' minyak dapat terjadi di siang hari dan sebenarnya dapat menyebabkan penggelapan pigmen dan bedak yang menyebabkan warna berubah. Di sini kita harus memanfaatkan bahan-bahan yang tidak hanya hidrofobik, tetapi oleofobik (tahan minyak)." Jadi ketika Anda melihat produk yang tahan keringat, Anda dapat berasumsi bahwa itu juga tahan air.

 

Kiat terbaik untuk menghapus riasan tahan air dan anti air

Meskipun riasan tahan air dan tahan air terkenal sulit untuk dilepas, kuncinya adalah berinvestasi pada pembersih dan penghapus riasan yang diformulasikan secara khusus untuk membantu dengan cepat melonggarkan dan melarutkan riasan yang sudah lama dipakai. Penghilang riasan yang berbahan dasar minyak adalah pilihan terbaik Anda untuk menghancurkan formula tahan air.

"Formulasi fase ganda dan balsem berbasis emolien sangat berguna di area mata yang sensitif, di mana Anda ingin menghindari menggosok atau menarik kulit," kata Dobos.

 

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.