Previous
Next
  • Home
  • »
  • Ekonomi
  • » Pengaruh Saham terhadap Ekonomi Riil

Ekonomi

Pengaruh Saham terhadap Ekonomi Riil

 
 
 
 
 
Secara sederhana, ekonomi riil bisa diartikan sebagai bagian dari aktivitas ekonomi yang berhubungan dengan barang, jasa, dan serta sumber daya yang lainnya. Ekonomi riil akan menggunakan dan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk menghasilkan / memproduksi barang dan jasa sehingga bisa memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal yang paling berkaitan erat dengan ekonomi riil ini diantaranya adalah bidang industri. Sebagai pelaku utama ekonomi riil, bidang industri memegang peranan yang penting atas suplai barang dan jasa di masyarakat. Beberapa pelaku industri skala besar biasanya telah terdaftar (listing) di pasar modal yang berarti perusahaan tersebut telah menerbitkan saham sebagai bukti kepemilikan atas perusahaan tersebut. Kalau begitu, bagaimana pengaruh saham terhadap ekonomi riil?
 
Banyak pakar yang mengatakan bahwa kondisi harga serta penjualan saham di pasar modal sama sekali tidak sepenuhnya mencerminkan kondisi dari perusahaan itu sendiri. Karena harga saham akan sangat sensitif terhadap isu - isu krusial yang berhubungan dengan perusahaan. Sebagai contoh, berita pemilik perusahaan meninggal dunia saja bisa langsung memperngaruhi harga saham, padahal kondisi perusahaan baik - baik saja. Dari contoh tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa saham memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap ekonomi riil.
 
Bila kita berbicara tentang ekonomi riil, maka secara tidak langsung kita berbicara tentang pasar nyata. Karena barang dan jasa yang dihasilkan sebagai bagian dari kegiatan ekonom riil diperjualbelikan di pasar nyata. Sedangkan saham sebagai bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan diperjualbelikan di pasar abstrak atau pasar tidak nyata. Pada negara maju yang masyarakatnya telah "pasar modal minded" dimana kebanyakan dari mereka memilih untuk menginvestasikan uangnya pada saham serta surat berharga lainnya, maka pengaruh saham terhadap ekonomi rill bisa dirasakan dengan jelas. 
 
Di Indonesia sendiri, jumlah masyarakat yang menginvestasikan uangnya pada saham dan surat berharga masih sangat sedikit. Oleh karena itu, pengaruh saham terhadap ekonomi riil tidak begitu dirasakan. Namun sebaliknya, kondisi ekonomi riil lah yang mempengaruhi kondisi pasar saham. Masyarakat yang lebih banyak berhubungan dengan pasar nyata akan lebih memperhatikan pengaruh nilai tukar dolar, harga minyak dunia, dan hal - hal lain yang berdampak langsung terhadap kondisi pasar nyata dibanding dengan memperhatikan fluktuasi harga saham yang memang tidak memiliki banyak pengaruh terhadap ekonomi riil  

Video

Video perbedaan antara ekonomi riil dan teori ekonomi

Dalam video ini akan diperlihatkan perbedaan antara ekonomi riil dan teori ekonomi

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Ekonomi riil. Pengaruh saham terhadap perekonomian. Pengaruh saham terhadap perekonomian indonesia. Ekonomi riil adalah. Dampak pasar saham atas perekonomian. Contoh riil. Makalah ekonomi.

Pengaruh saham terhadap ekonomi riil. Dampak saham. Pengaruh ekonomi terhadap kesehatan. Pengertian ekonomi riil. Kondisi ekonomi dan pasar modal. Pengertian riil. Fungsi saham bagi negara.

Pengaruh saham. Pengaruh harga saham terhadap perekonomian indonesia. Pasar saham dan perekonomian. Pengaruh pasar modal terhadap perekonomian indonesia. Pengaruh pasar modal terhadap perekonomian riil. Ekonomi rill.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.