Previous
Next

Entertainment

Cara Menjadi Model Profesional

 

 

Badan Anda langsing, berkulit bersih, rambut panjang, dengan kaki jenjang? Mungkin Anda sudah cocok menjadi model. Ya, peragawati atau model fotografi memang biasanya membutuhkan persyaratan seperti diatas, namun ternyata tak cukup itu saja. Untuk menjadi seorang model, Anda memerlukan berbagai syarat yang tidak hanya cantik di fisik tapi juga dari kepribadian dan juga kemampuan otak yang cemerlang. Istilahnya, Brain, Beauty and Behavior haruslah seimbang. Nah, kira-kira apa saja ya yang harus dimiliki untuk menjadi seorang model profesional?

 

Brain

 

Yang dimaksudkan Brain disini, selain cerdas dalam berfikir, juga harus memiliki beberapa point dibawah ini;

 

·         Memiliki dan dapat menentukan tujuan

 

Cita-cita. Ya, Anda harus menanamkan dalam hati Anda, apa cita-cita Anda. Boleh jadi profesi model, bukanlah profesi formil yang diminati banyak orang sebagai tujuan masa depannya, namun jika Anda ingin menjadi model professional, maka setidaknya Anda niatkan dalam hati Anda bahwa saya ingin menjadi model dan, saya bercita-cita menjadi salah satu model professional terbaik. Dengan begitu, Anda pun akan bersungguh-sungguh menjalani profesi ini.

 

·         Mau belajar

Banyak hal yang dapat dan memang harus dipelajari dalam dunia model. Jadi, jangan berhenti untuk belajar, jangan sampai Anda berfikiran setelah menjadi model, maka sudah cukup mengerti segala sesuatu di bidang modeling. Menjadi model, ternyata  tidak hanya belajar bagaimana menjadi model professional, tetapi juga harus memahami apa dan siapa saja yang berperan dalam karier kita. Kita setidaknya tau profesi agent model, fotografer, perancang busana, editor majalah, dsb. Jika Anda ingin memperdalam bidang tertentu, maka kita harus mempelajari dan mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan bidang yang kita geluti.

 

·         Terbuka dengan hal baru (kemajuan)

 

Modeling adalah satu bidang yang luwes dan banyak melibatkan interaksi luar yang luas. Untuk itu, jika kita ingin menjadi seorang model professional, jangan ragu untuk mengenal banyak hal baru, misalnya saja teknologi, buka link pertemanan yang luas, guna menunjang karier kita.
 


Beauty

 

Seperti yang kita ketahui, untuk menjadi model, memang membutuhkan kondisi fisik yang secara umum memiliki kelebihan, paling tidak entah rambut yang indah, ukuran tubuh yang ideal, berat badan ideal, kulit yang lembut, bersih, wajah bebas jerawat, atau dan kelebihan ciri fisik lainnya. Untuk itu, perlu memperhatikan kondisi fisik Anda, dengan rajin menjalani hal-hal, minimal seperti dibawah ini;

 

·         Menjaga asupan makanan dan gizi bagi tubuh

·         Rajin berolahraga minimal 3x seminggu

·         Merawat kesehatan kulit, wajah dan rambut

·         Memelihara tampilan dengan mengikuti tren mode yang sedang berkembang

·         Tidak ada salahnya member asupan tambahan bagi tubuh dengan makanan, obat atau suplemen herbal

 

 

Behavior

 

Selain kecantikan fisik, Anda juga perlu memperhatikan kecantikan dalam Anda (kepribadian) yang baik. Atau biasa dikenal dengan menjaga Behavior.  Sebagai model professional, standarnya harus memenuhi kriteria Behavior sebagai berikut;

 

·         Disiplin


Pekerjaan sebagai model, bukanlah pekerjaan yang memiliki waktu kerja yang pasti seperti bekerja di kantor. Kapan jasa kita dibutuhkan, saat itu kita menjalani kontrak kerja. Untuk itu, perlu kedisiplinan tinggi yang harus diterapkan. Pandai-pandai mengorganisasi atau mengatur waktu adalah syarat mutlak.  Pastikan Anda memiliki jadwal yang rinci dan disiplin menjalani jadwal kerja Anda. Ingat, kita bekerja bukan hanya pada satu atasan yang mengikat, untuk itu kedisiplinan diri wajib dimilki.

 

·         Percaya Diri

Tidak akan ada show peragaan busana dengan model yang menundukkan kepala selama pertunjukan. Atau seorang model foto yang tatapan matanya tidak fokus karena menyembunyikan perasaan minder. Model adalah pekerja yang sudah pasti membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi. Berlenggak lenggok membawakan busana di panggung, berpose didepan kamera dengan sorotan lampu yang sangat terang. Percaya diri dapat dibangun dari perasaan yang tenang dan sikap rendah hati, tatapan mata yang tajam dan meyakinkan berbeda dengan tatapan mata angkuh. Yang perlu diingat, percaya diri berbeda aplikasi dengan sikap tinggi hati.

 

·         Faham situasi

 

Selain itu, model memiliki tempat kerja yang sangat luas, kita pun harus menyesuaikan sikap kita dengan tempat dimana kita berada. Pastikan, jurusan mana yang kita ambil, apakah model catwalk, model foto, model iklan, video klip, dll. Pelajari plus minus dari bidang yang kita ambil. Sebagai model, yang bergerak di bidang infotainment atau dunia hiburan, haruslah mengingat satu hal. Bahwa ‘bos’ kita adalah masyarakat, untuk itu kita harus faham situasi, harus bisa menjaga sikap agar nama dan citra kita tetap baik di mata masyarakat.
 

 

Untuk memulai karier di dunia modeling, Anda dapat mencoba untuk menggali informasi dan berlatih melalui beberapa jalur seperti dibawah ini;

 

·         Sekolah modeling

·         Sekolah Kepribadian

·         Mengikuti ajang pencarian bakat

·         Aktif di sanggar-sanggar seni

·         Mencari link di bidang broadcast dan advertising (TV, Radio, Majalah, Internet media, dll)

·         Aktif di berbagai portal informasi dan jejaring sosial via internet


 

 

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara menjadi model. Cara jadi model. Menjadi model. Cara menjadi model majalah. Model profesional. Syarat jadi model. Tips jadi model.

Tips menjadi model. Cara menjadi foto model. Belajar jadi model. Ingin jadi model. Cara jadi model majalah. Belajar menjadi model. Cara menjadi model muslimah.

Pendaftaran model majalah. Cara jadi foto model. Cara menjadi model profesional. Lowongan model. Syarat menjadi model. Jadi model.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (16)
15 Apr 2014 15:45
ratih
nama saya ratih, umur saya 14 tahun. saya kepengen sekalih jadi model yang profesianal, walaupun umur saya masih amat kecil..
14 Apr 2014 09:19
Yesi herawati
Sya yesi umur saya mau ke 17thn , sya pengen bnget jdi model :) apalagi model catwalknsoalnya model itu cita-cita saya dri kecil
07 Apr 2014 20:01
dewi susanti oktaviana
saya dewi umur saya 18 tahun saya ingin menjadi model gima ya cara daptar nya
17 Mar 2014 10:02
nurul hidayanti
ass..nsaya ingin menjadi foto model professional tapi bagaimana cara mendaftarkan diri saya????nsekarang saya sudah berumur 13 thn..n
17 Mar 2014 10:02
nurul hidayanti
ass..nsaya ingin menjadi foto model professional tapi bagaimana cara mendaftarkan diri saya????nsekarang saya sudah berumur 13 thn..n
28 Jan 2014 19:28
ocha sugiarto
aku pingin jadi model terkenal tpi gmna caranya supya bsa menjdi model seperti impian saya
12 Jan 2014 15:34
QUEENTA SUCI EDWARIS
saya kepengen banget jadi model . tapi bagaimana caranya ?
21 Dec 2013 13:10
sitty nur halimah
saya ingin sekali jadi foto model majalah,tpi saya bingung dimana saya harus mendaftar kan diri saya,
20 Dec 2013 15:29
Mervin Panandosan
Mobile : +62 878 84050368nPin Blackberry : 24F40511
20 Dec 2013 00:17
layla
Menjadi model adalah impian sy sjak skian lama shinga sy umur 22thun... Sy tidak berpngalaman tp sy ingin mencuba... Mungkin sy x selayak model2 yg terknal, sy cuma mhu mencuba nsib.. ; )
13 Dec 2013 02:12
wahyu teguh prayitno
saya usia nya uda 34 apakah bisa jadi model or masuk kedalam dunia hiburan
12 Dec 2013 11:25
mirawati
saya ingin sekali jadi model,bagai mana cara mendapatkannya ?
15 Nov 2013 10:53
dwi yanti
saya pengen jadi model bagaimana caranya
11 Nov 2013 15:29
eriani
Saya mau jadi model
04 Oct 2013 14:39
cherry
Ingin banget deh JªÏí model...nÃâ Î° adalah impian saya....nBy: cherry
28 Sep 2013 11:47
eka alfionita
modeling ituh cita22 sayah :)