Previous
Next

Musik

Cara Menyetem Senar Gitar

 

 

Menyetem gitar dengan menyamakan bunyi senar ke – n dengan senar ke n + 1. Jadi caranya adalah dengan menyamakan suara senar dengan senar setelahnya. Hal ini sangat sering digunakan bagi pemain gitar untuk menyetem gitar dikarenakan paling gampang dan sederhana.

 

Cara penyeteman gitar adalah sebagai berikut :

 

1.     Senar ke – 2 ditekan pada fret yang ke – 5, lalu dibunyikan. Setelah itu samakan dengan senar ke – 1, tetapi senar ke – 1 tidak ditekan pada fret apapun. Samakan bunyi senar ke – 2 dan senar ke – 1.

 

2.     Senar ke – 3 ditekan pada fret yang ke – 4, lalu dibunyikan. Setelah itu samakan dengan senar ke – 2, tetapi senar ke – 2 tidak ditekan pada fret apapun. Samakan bunyi senar ke – 3 dan senar ke – 2.

 

3.     Senar ke – 4 ditekan pada fret yang ke – 5, lalu dibunyikan. Setelah itu samakan dengan senar ke – 3, tetapi senar ke – 3 tidak ditekan pada fret apapun. Samakan bunyi senar ke – 4 dan senar ke – 3.

 

4.     Senar ke – 5 ditekan pada fret yang ke – 5, lalu dibunyikan. Setelah itu samakan dengan senar ke – 4, tetapi senar ke – 4 tidak ditekan pada fret apapun. Samakan bunyi senar ke – 5 dan senar ke – 4.

 

5.     Senar ke – 6 ditekan pada fret yang ke – 5, lalu dibunyikan. Setelah itu samakan dengan senar ke – 6, tetapi senar ke – 5 tidak ditekan pada fret apapun. Samakan bunyi senar ke – 6 dan senar ke – 5.

 

Menyetem gitar bisa dengan menyamakan nada dengan piano atau organ. Cara menyetem dengan cara ini adalah cara menyetem yang paling akurat karena ada patokan nada yang jelas dan tepat sehingga setiap senar dapat memiliki nada yang akurat.

 

Cara penyetaman gitar dengan piano atau organ :

 

1.     Senar ke – 6 dibunyikan tanpa ditekan pada fret apapun, lalu bunyikan tuts piano dengan nada E rendah atau Mi rendah. Samakan bunyi senar gitar ke – 6 dengan suara piano.

 

2.     Senar ke – 5 dibunyikan tanpa ditekan pada fret apapun, lalu bunyikan tuts piano dengan nada A rendah atau La rendah. Samakan bunyi senar gitar ke – 5 dengan suara piano.

 

3.     Senar ke – 4 dibunyikan tanpa ditekan pada fret apapun, lalu bunyikan tuts piano dengan nada D atau Re. Samakan bunyi senar gitar ke – 4 dengan suara piano.

 

4.     Senar ke – 3 dibunyikan tanpa ditekan pada fret apapun, lalu bunyikan tuts piano dengan nada G atau Sol. Samakan bunyi senar gitar ke – 3 dengan suara piano.

 

5.     Senar ke – 2 dibunyikan tanpa ditekan pada fret apapun, lalu bunyikan tuts piano dengan nada B atau Si. Samakan bunyi senar gitar ke – 2 dengan suara piano.

 

6.     Senar ke – 1 dibunyikan tanpa ditekan pada fret apapun, lalu bunyikan tuts piano dengan nada E tinggi atau Mi tinggi. Samakan bunyi senar gitar ke – 1 dengan suara piano.

 

Video

Tutorial Stem Senar Gitar

(tere/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Http://carapedia.com/menyetem_senar_gitar_info4004.html. Stem kentrung senar 3. Stem ukulele senar 3. Cara stem kentrung senar 3. Cara stem ukulele. Cara stem gitar kecil 6 senar. Cara stem gitar kecil senar 6.

Cara menyetel ukulele senar 3. Cara stem ukulele senar 3. Stem gitar ukulele senar 3. Cara menyetem gitar kentrung senar 3. Gitar kecil 6 senar. Cara menyetem kentrung senar 3. Cara menyetel kentrung senar 3.

Cara menyetem ukulele senar 3. Cara menyetem ketrung senar 3. Cara menyetem gitar kecil. Cara nyetem kentrung senar 3. Cara stem ukulele 4 senar. Cara stem gitar ukulele.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
05 Aug 2014 20:14
Adhi Raharjo
Susah gk sih?