Previous
Next
  • Home
  • »
  • Keuangan
  • » Mensiasati Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok

Keuangan

Mensiasati Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok

 

Akan menjadi sebuah masalah besar di dalam keluarga Anda saat harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan dari hari ke hari. Kenaikan harga kebutuhan pokok memang bukan hal biasa seiring dengan naiknya harga BBM dan masalah-masalah ekonomi yang sedang melanda negara kita. Anda harus berpikir ulang untuk mengatur keuangan agar dapat mencukupi semua kebutuhan rumah tangga.

Perlu siasat khusus untuk mengelola keuangan Anda menghadapi kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut. Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan sebagai langkah strategis :


1. Menyiapkan Daftar Belanja

Sebelumnya Anda tidak pernah merencanakan  daftar kebutuhan belanja sekarang Anda harus mempersiapkannya.  Hal ini untuk mengontrol pengeluaran agar tidak terjadi pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga. Dengan begini dana yang Anda siapkan akan selalu berada dalam kontrol rencana Anad.


2. Jadwalkan kegiatan belanja

Anda perlu membuat jadwal belanja setiap periode tertentu, misalnya dua minggu sekali, satu bulan sekali. Cara ini merupakan langkah disiplin diri agar Anda tetap dapat mengontrol dana minim sehingga cukup untuk keperluan satu bulan. Anda jadi tidak mudah tergoda dengan barang-barang lain yang sekiranya belum penting Anda beli saat itu.


3. Belanja dalam jumlah lebih banyak

Sebenarnya ketika Anda membeli barang dengan sistem ecer jatuh harganya akan lebih mahal. Biasakanlah untuk emmbeli barang dalam kuantitas banyak untuk keperluan satu bulan. Lebih efektif dan menghemat dana bulanan Anda.


4. Membandingkan Harga

Mulai saat ini Anda perlu untuk mempertimbangkan harga dari toko lain. Jangan sampai Anda membeli barang dari toko dengan harga lebih mahal dari toko lain. Carilah referensi pada rekan-rekan Anda dimana membeli barang tersebut dengan harga lebih murah. Selisih harga sedikit saja akan sangat membantu Anda menghemat pengeluaran dana bulanan.

5. Pilihlah Toko dengan Harga Promo

Saat ini banyak sekali supermarket yang menawarkan harga-harga promo. Harga-harga promo biasanya lebih murah dari harga normal. Anda bisa memanfaatkan supermarket dengan harga-harga tersebut untuk berbelanja keutuhan bulanan. Tentu saja ini akan meringankan dan memudahkan Anda memenuhi kebutuhan pokok yang semakin mahal.


6. Menggunakan produk Generik

Produk generik adalah produk yang dikeluarkan oleh swalayan itu sendiri, biasanya mereka menggunakan merk pribadi dan harganya akan lebih murah dari harga produk merk lain yang sejenis. Anda bisa memanfaatkan produk tersebut untuk menghemat dana kebutuhan bulanan.

 

Video

Kenaikan Harga Barang

Kenaikan harga sejumlah barang kebutuhan pokok di pasaran saat ini harus dikendalikan untuj menghindari inflasi negara

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

5contoh kebutuhan primer keluarga. Http://carapedia.com/mensiasati_kenaikan_harga_kebutuhan_pokok_info3960.html. Siasat mengatur keuangan di saat kebutuhan semakin besar. Mengatur keuangan hemat saat inflasi. Menyiasati pengeluaran rumah tangga yang semakin besar. Kebutuhan pokok yang mahal. Daftar harga kebutuhan keluarga.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.