Previous
Next

Bayi & Anak

5 Cara Mencegah Anak Mabuk Saat Perjalanan Jauh

 

bepergian jauh dengan mengajak putra-putri anda memang menyenangkan, namun anda harus mempersiapkan banyak hal khusus apalagi bila buah hati anda baru menginjak usia balita. Biasanya anak berumur 2 -10 tahun akan rentan mabuk kendaraan saat melakukan perjalanan yang cukup lama.

Anda tentu tidak ingin momen travelling bersama keluarga yang seharusnya menyenangkan menjadi repot dan menyebalkan karena anak anda terus menerus menangis dan mual serta muntah di dalam mobil kan? Nah, untuk mencegah kerewelan dan mabuk darat anak anda, cobalah lima tips berikut ini:

 

  1.  Sediakan buah jeruk atau lemon

 

Ketika anak anda sudah mulai merasakan mual atau mungkin merasa kelelahan sehingga kondisi tubuhnya menurun dan membuatnya ingin muntah, anda dapat memberikan jeruk atau lemon untuk menghilangkan rasa mual tersebut. Caranya dengan memotong buah jeruk menjadi dua bagian dulu, lalu biarkan anak anda menghirup bau segarnya. Karena aroma citrus yang terdapat di kedua buah tadi dipercaya bisa mengurangi rasa mual pada anak anda.

 

  1. Alihkan perhatian

 

Salah satu faktor anak rewel ketika bepergian jauh menggunakan mobil adalah kebosanan karena tidak dapat melakukan banyak aktifitas seperti kalau dia sedang di rumah. Nah, untuk menghilangkan rasa jenuh si kecil. Buatlah banyak kegiatan untuk mengalihkan perhatian anak dari kebosanan dan rasa lelah sebelum sampai di tempat tujuan. Anda bisa membuat permainan tangan atau mengajaknya bercanda dan mengobrol mengomentari pemandangan yang tersaji di luar.

 

  1. Sediakan snack

 

Jika anda tidak ingin anak anda sakit atau rewel saat melakukan perjalanan dengan menggunakan jalur darat, sebaiknya anda selalu menyediakan makanan ringan di dalam mobil. Makanan ringan ini akan membantu menahan perut agar tidak kosong untuk menghindari rasa mual. Tetapi sebelum anda memilih camilan yang akan anda bawa, sebaiknya pilihlah camilan yang sehat sehingga akan menjaga ketahanan tubuh anda dan keluarga.

 

  1. Duduk di kursi depan

 

Jika anak anda mudah lelah ketika melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil, taruhlam dia di kursi depan. Dengan demikian, sang buah hati bisa menikmati pemandangan selama perjalan dan lupa dengan rasa capeknya. Oiya, saat anda melintasi area alam yang indah atau bersejarah, jangan ragu untuk membuka kaca jendela dan biarkan udara segar masuk ke dalam mobil.

 

  1. Tidak mengebut

 

Pastikan untuk mengendarai mobil dengan kecepatan yang relative lambat dan teratur kalau anak anda termasuk mudah mabuk saat bepergian jauh. Karena dengan menggunakan kecepatan yang cukup kencang, anak anda akan semakin mudah merasa mual dan rewel, tentu saja hal ini akan mengganggu perjalanan anda.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Mengatasi mabuk perjalanan pada anak. Mengatasi mabuk kendaraan pada anak. Http://carapedia.com/mencegah_anak_mabuk_saat_perjalanan_jauh_info3220.html. Cara mengatasi anak mabuk perjalanan. Agar anak tidak mabuk perjalanan. Kiat mengatasi anak mabuk perjalanan. Cara agar anak tidak mabuk perjalanan.

Cara mengatasi mabuk perjalanan pada anak. Mengatasi mabuk darat pada balita. Tips mengatasi anak mabuk kendaraan. Tips agar balita tidak mabuk perjalanan. Agar bayi tidak mabuk perjalanan. Cara mengatasi mabuk darat pada anak. Mengatasi mabuk perjalanan pada bayi.

Solusi mengatasi mabuk darat bagi anak. Mabuk perjalanan pada anak. Mengatasi anak mabuk kendaraan. Mencegah balita mabuk perjalanan. Cara mengatasi anak mabuk kendaraan. Agar anak tidak mabuk di perjalanan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
31 Oct 2014 13:10
Siska Sariyanti
anak sya berumr 3 th setiap bepergian jauh, dia megeluh cpe ataw lelah... pgen'y tdur terus. solusiya bagai mana?!
02 Feb 2014 18:39
deninarwati
Trim'z infonya ............