Previous
Next

Kesehatan

Kandungan Air Dalam Tubuh

 

 
 
 
 
Air mempunyai peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Selain itu, air juga sangat penting bagi tubuh manusia. Kandungan air pada tubuh manusia jumlahnya jauh lebih besar bila dibanding dengan kandungan zat - zat yang lain. Kandungan air pada tubuh bayi bisa mencapai 75% - 80% yang kemudian seiring dengan pertumbuhan tubuhnya, kandungan air pada manusia dewasa berkurang hingga mencapai 60% - 65% untuk pria dan 50% - 60% untuk wanita. Otak manusia juga terdiri dari 85%. Sedangkan tulang kita terdiri dari 10% - 15% air. Struktur kimia dari air adalah H2O dan baik hidrogen maupun oksigen memiliki peran yang penting dalam sistem kehidupan manusia.
 
Sekitar 60% dari kandungan air dalam tubuh kita membentuk kompartemen intraseluler. Keseimbangan dari ekstraseluler terdiri dari dua bagian. Yaitu cairan intravascular sebanyak 20% dan 80% sisanya merupakan komponen cairan dari darah, hati, pembuluh darah vena, serta pembuluh darah kapiler. Dimana semua cairan ini termasuk cairan yang membasahi semua sel (termasuk tulang belakang), cairan yang mebasahi mata, sampai pada air liur dan getah bening.
 
Fakta umum yang sebenarnya telh kita ketahui bersama adalah air merupakan salah satu obat terbaik untuk penyakit - penyakit yang sifatnya umum. Sehingga bila kita mengkonsumsi minimal 8 gelas per hari (setara dengan 2ltr air), maka kita akan terhindar dari banyak penyakit. Mulai dari alergi. asma, depresi, tekanan darah tinggi, diabetes, sakit kepala, nyeri leher, dll. Namun bila kita merupakan penggemar kopi, teh, atau minuman bersoda, kita tidak bisa memasukkan minuman tersebut sebagai bagian dari kebutuhan 8 gelas per hari tadi. Karena sebagian dari minuman tersebut mengandung kafein yang sebenarnya memiliki efek berlawanan bagi tubuh kita. Kafein berperan sebagai diuretik bagi sistem tubuh kita dimana kita akan selalu merasa ingin buang air kecil. Sehingga bila kita penggemar kopi, kita juga harus minum lebih banyak air supaya kandungan air dalam tubuh kita tetap terjaga.
 
Walaupun tubuh kita sebagian besar terdiri dari air, namun air tidak bisa tersimpan di dalam tubuh kita. Sehingga kita harus rutin mengkonsumsi air supaya tubuh kita tidak kekurangan cairan (dehidrasi). Muntah berlebihan atau diare yang berkepanjangan karena mengeluarkan cairan serta elektrolit dari dalam tubuh. Bila jumlah cairan yang keluar tidak segera diganti, maka akan membahayakan nyawa kita. Terlebih bila muntah dan diare terjadi pada bayi. Selain muntah dan diare, luka bakar derajat tiga juga bisa mengakibatkan kematian.  
 

Video

Video kebutuhan tubuh manusia atas air

Dalam video ini akan diperlihatkan berapa jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh manusia

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Kandungan air. Kandungan air dalam tubuh manusia. Kandungan air dalam tubuh. Jumlah air dalam tubuh manusia. Jumlah cairan dalam tubuh manusia. Kadar air dalam tubuh. Bagaimana cara pengeluaran air dari dalam tubuh.

Http://carapedia.com/kandungan_air_tubuh_info2461.html. Kandungan air dalam badan manusia. Komposisi air dalam tubuh manusia. Cara mengeluarkan kadar air dalam tubuh. Kadar air dalam tubuh manusia. Tubuh manusia terdiri dari air. Komposisi air dalam tubuh.

Kandungan air di dalam tubuh. Kadar air normal dalam tubuh. Cara mengeluarkan air dalam tubuh. Kandungan dalam tubuh. Jumlah kandungan air dalam tubuh manusia. Komponen air dalam tubuh manusia.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
17 Mar 2014 21:45
Sutjipto
Cukup bagus dan informatif, namun kalau bisa dilengkapi juga dengan jenis air yang menyehatkan yang dapat dilihat secara visual, misal jernih, tidak berbau, tidak berasa dll.
17 Mar 2014 21:45
Sutjipto
Cukup bagus dan informatif, namun kalau bisa dilengkapi juga dengan jenis air yang menyehatkan yang dapat dilihat secara visual, misal jernih, tidak berbau, tidak berasa dll.