Previous
Next

Wisata

Wisata Kuliner Masakan Betawi

 

Beragam kuliner, mudah dijumpai di Jakarta. Masakan dari sabang sampai merauke, bahkan tidak sulit  kita temukan di ibukota ini. Pecinta kuliner Jakarta pun, sangat dimanjakan dengan beragamnya masakan dari berbagai daerah tersebut. Namun, bagaimana dengan masakan khas Betawi? Ehm.. rasanya agak susah mencari rumah makan atau warung yang khas menyajikan masakan Betawi ya?

 

Bagaimana kalau kita jalan-jalan, berwisata kuliner dan mencoba beragam masakan tradisional Betawi, diwarung ini..

 

  • Warung Betawi H. Muhayar

 

Jl. Taman Margasatwa No.8 , Pasar Minggu - Jakarta Selatan

Telp. 021 7813945

 

Warung Betawi yang buka pukul  08.00 – 21.00 ini memiliki sajian khas yaitu pecak gurame, yang rasanya juara banget. Diambil dari ikan Gurame segar yang digoreng kering, rasanya gurih, crispy diluar lembut banget didalamnya. Bumbu sausnya, berasa asam pedas, diguyur ke ikan jadi berasa menggigit lidah. Selain saus guyuran itu, seporsi Gurame ditemani juga dengan sambal dadak yang pedesnya bikin nagih, pas banget buat meredakan lapar disiang hari.

 

Selain gurame, santap siang Anda bisa disegarkan dengan memesan semangkok  sayur asem khas Betawi. Sayur asem khas H Muhayar sebenarnya gak begitu berbeda dengan warung atau rumah makan lain, isinya kacang kulit, jagung, pepaya muda, labu siem. Tapi, jangan heran, karena sensasi rasa yang ditampilkan, bakalan beda dengan adanya potongan oncom berukuran segi empat yang bikin tambah gurih. Bedanya lagi, kuah sayur asem disini, bening tanpa gerusan cabe/kacang. Untuk rasanya, lebih ke asam segar sedikit gurih.

 

  • Warung Betawi Ora

 

Jl. Raden Saleh Tangerang, Ciledug-Karang Tengah

 

Warung Betawi Ora menyajikan masakan khas betawi pinggiran. Masakan dan bumbunya agak berbeda dengan masakan betawi pada umumnya, karena ada pengaruh masakan dan bumbu cirebonan didalamnya.  Salah satu menu andalan di warung ini adalah Gabus Pucung. Seperti namanya, maka bahan utama masakan ini adalah  ikan gabus yang dibumbui dengan kuah pucung (Jawa:kluwak), jahe, cengkeh, lengkuas dan bawang merah, serta bawang putih. Selain itu ada juga nasi ulam, nasi yang dimasak dengan daun, jahe, dan cengkeh.  Diatasnya, ditaburi dengan srundeng kelapa, daging empal bumbu lengkuas , teri, suwiran telur dadar, juga kering tempe sebagai lauk pelengkapnya, rasanya gurih dan komplit.

 

Mencoba sayur asem khas Betawi Ora, juga gak akan rugi, sayur yang unik dnegan potongan utuh-utuh sepeti melinjo, kacang panjang, kacang tanah, labu siam dan lainnya, disajikan dengan kuah banjir yang asam segar. Beberapa menu unggulan yang juga perlu dicoba, diantaranya pecak bandeng dan lele, sambel kemiri, selendang mayang, kue dongkal, juga oblang duren. Untuk selendang mayang, ini bisa dikatakan jajanan tapi bisa juga disebut minuman, percampuran bubur ketan dan kuah legit gula Jawa ini memang segar dan pas menemani santap siang Anda. Masakan betawi Ora banyak terpengaruh juga dengan masakan etnis Cina yang dominan bawang putih dengan rasa manis gurih.

 

  • Warung Ketupat Laksa Betawi Ny Atikah

 

Jalan Kebon Kacang V, Tanah Abang, Jakarta Pusat

 

Laksa yang seringkali kita dengar, adalah laksa Bogor, lalu ini, laksa Betawi. Wah, terus apa bedanya laksa Bogor dan Betawi? Bedanya ada pada isi,  laksa Betawi tidak memakai ayam suwir, oncom, dan taoge. Isi laksa betawi adalah irisan ketupat, bihun, kemangi, kucai, telur, perkedel, yang disiram dengan kuah kental dengan taburan udang kering (ebi) dan bawang goreng sebagai penambah rasa gurih. Bumbu yang laksa di warung Ny Atikah ini terasa begitu pas, segar, pedas, manis, garing, dan gurih langsung terasa bercampur di mulut.

Selain laksa, warung yang buka di hari Senin-Sabtu pukul 10.00-17.00 ini juga menyajikan sajian yang khas sate lembut, sate manis, dan sate kambing. Daging sapi segar, dipilih sebagai bahan dasar sate lembut dan sate manis, rasanya? Ehm,, legit dan lembutnya, pantas dicoba.

 

  • Warung si Doel

 

Flavour Bliss Alam Sutra 2 Alam Sutra, Tangerang
Telp. 021-29005092

 

Yak, warung ini memang dimiliki dan dikelola oleh Rano Karno, pemeran Doel di film dan serial Si Doel anak Sekolahan yang sempat popular di akhir 90’an. Warung ini didesain dengan gaya khas rumah Betawi, masakan yang disajikanpun sangat khas masakan rumahan Betawi.

 

Masakan unggulan di warung ini adalah Soto Betawi yang bener-bener berasa banget Betawinya, bumbu dan bahan yang blend banget, pas dilidah. Anda bisa memilih isi sotonya, daging, paru, atau babat, semua dari sapi. Kental dan gurih menjadi rasa utama soto Betawi si Doel. Selain soto, jangan lupa memesan menu lainnya, seperti Siomay kampung, Asinan Betawi atau Kerak Telor. Dan melengkapi makan Anda, menu minuman dengan nama-nama unikpun bisa Anda pesan. Nama menu di warung si Doel ini memang disesuaikan dengan nama karakter di serial si Doel, seperti Es Nyun Nyun, Es Zaenab, atau Es Markisa Mandra. Pasti penasaran kan ingin mencicipi?

 

  • Warung Besan

Jalan Raya Kalimalang No 37, Pondok Kelapa, Jakarta Timur

 

Warung Besan betul-betul tidak ingin masakan warisan leluhur Betawi hilang dimakan zaman. Buktinya, dari beragam menu yang tersedia, didominasi dengan menu-menu masakan Betawi kuno, yang justru sulit dijumpai di warung atau rumah makan lain. Ada Gabus Pucung, sayur babanci sampai sayur Besan yang menginspirasi nama warung ini.

 

Kenapa sayur besan? Ya, sayur ini memang menu yang istimewa. Sebagai menu wajib yang disajikan sewaktu orang Betawi melakukan pernikahan alias besanan, makanya dinamakan sayur besan. Sayur besan berisi terubuk (telur tebu), kentang, sohun, pete dan ebi, yang dimasak dengan kuah santan yang kental. Tekstur sayur Besan sangat lembut, harum dan renyah. Gurih dan kentalnya sayur Besan, cocok untuk menghangatkan suasana makan malam special Anda. 

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Kuliner tradisional di jakarta. Kuliner betawi. Resep pucung bandeng. Gabus pucung jakarta. Tempat makan laksa di jakarta timur. Masakan betawi. Masakkan betawi.

Kuliner betawi di jakarta selatan. Kuliner masakan betawi. Yang jual oblang duren tangerang. Laksa betawi hj atikah. Jual laksa di jakarta. Gabus pucung di jakarta. Wisatakulinerbetawi.

Laksa betawi kebon kacang. Rumah makan betawi di jakarta timur menu bumbu pecak. Malam ada yang jual ketupat laksa. Gabus pucung di jakarta timur. Jual gabus pucung di jakarta. Rumah makan betawi di jakarta timur.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
19 Feb 2014 21:13
anton
gurih.... gurih....gurih....mantap....!!!