Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Upacara Adat Pernikahan Sunda, Jawa Barat

Daerah

Upacara Adat Pernikahan Sunda, Jawa Barat

Ada beberapa rangkaian upacara pernikahan dalam adat Sunda. Pertama kali adalah Nanyaan, yaitu pihak laki-laki menanyakan keadaan status gadis yang akan dinikahi. Selanjutnya adat Neudeum Among atau menaruh perkataan dan menyimpan kata pembukaan. Setelah itu dilakukan Malapah Gedang, yaitu penyelidikan dengan hati-hati.


Adat selanjutnya adalah Nyeureuha atau Ngalamar, yaitu tindak lanjut setelah ada kecocokan, maka resmi jadi masa berpasangan atau tunangan. Kemudian dilakukan Seserahan, yaitu penyerahan calon pengantin laki-laki kepada pihak perempuan untuk pernikahan.

Rangkaian upacara berikutnya adalah Ngeuyeuh Seureuh, yaitu acara pemberian nasihat kepada kedua calon pengantin oleh para tetua dipimpin oleh pengeuyeuk dan didahului upacara siraman sehari sebelumnya. Setelah itu dilakukan Ijab kabul, yaitu syarat mutlak pernikahan dalam Islam.


Setelah akad nikah selesai, acara adat selanjutnya adalah Panggih, yaitu bertemu muka, yang merupakan acara puncak. Setelah itu dilanjutkan dengan acara Sungkeman, yaitu berbakti kepada kedua orangtua untuk mohon restu. Acara adat berikutnya adalah Sawer atau saweran dipimpin juru masak. Kedua pengantin di-sawer dengan uang logam dan beras kuning oleh kedua orangtuanya, kemudian nincak-endoge atau menginjak telur. Setelah itu, upacara dilanjutkan dengan membakat 7 batang lidi. Setelah dibakar, lidi dimasukkan ke air yang ada dalam kendi. Setelah padam, lidi dibagi dua, kemudian dibuang jauh-jauh. Sedangkan kendinya dipecahkam oleh kedua pengantin bersama-sama.


Upacara terakhir dalam adat Sunda adalah Huap Lingklung dan Huap Deudeuh. Kedua pengantin disuapi oleh kedua orangtua masing-masing. Kemudian, masing-masing pengantin saling menyuapi. Upacara Huap Lingklung ini diakhiri dengan Tarik Bakakah ayam sampai terbagi dua agar mendapat rejeki.

 





Sumber:
- Buku Salam Sahabat Nusantara: Jawa Barat yang Memesona, Penerbit: Doenia Aksara
- Muflihah, Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap Sekolah Dasar, Penerbit: Puspa Swara, Jakarta, 2007.

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Makalah hukum adat jawa. Upacara adat pernikahan jawa barat. Makalah hukum adat sunda. Pernikahan adat sunda jawa barat. Artikel upacara adat sunda. Upacara pernikahan adat jawa barat. Makalah upacara pernikahan adat sunda.

Hukum adat sunda. Makalah hukum perkawinan adat sunda. Adat pernikahan jawa barat. Makalah tentang upacara adat sunda. Adat pernikahan sunda jawa barat. Tarian pernikahan adat sunda. Makalah upacara perkawinan adat sunda.

Pengantin sunda jawa barat. Makalah adat sunda. Tarian upacara adat dalam pernikahan jawa barat. Artikel hukum adat sunda. Adat istiadat pernikahanjawa barat sunda. Makalah rangkaian perkawinan adat sunda.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.